Selasa, 10 Januari 2023 | 19:25 WIB

Ini 6 Tips untuk Mencegah Ponsel Androidmu Kena Virus

Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi Android 11. (Android)
Ilustrasi Android 11. (Android)

Tech.hitekno.com - Walau kasusnya tak sesering pada OS Windows, namun tidak berarti bahwa ponsel kesayanganmu tak bisa jadi korban oleh virus-virus yang bertebaran di dunia maya.

Oleh karena itu, untuk memastikan agar gadget Android kesayanganmu aman dari program jahat ini, diperlukan tips khusus.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat perangkat Android aman dari virus:

Baca Juga: Inilah 6 Jenis Virus Berbahaya yang Bisa Menjangkit Android

  1. Menghindari mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya: Unduh aplikasi hanya dari Google Play Store atau sumber yang terpercaya lainnya. Jangan mengunduh aplikasi dari situs web yang tidak dikenal atau dari link yang dikirimkan melalui pesan teks atau email.
  2. Menjaga software perangkat Anda tetap up-to-date: Pastikan perangkat Anda selalu menjalankan versi software terbaru, karena ini sering menyertakan patch keamanan untuk memperbaiki celah keamanan.
  3. Menjaga pengaturan privasi yang baik: Beberapa aplikasi mungkin meminta izin yang tidak perlu untuk mengakses data pribadi Anda. Pastikan untuk selalu membaca izin yang diberikan dan membatasi akses hanya untuk aplikasi yang benar-benar diperlukan.
  4. Menjalankan antivirus: Unduh dan jalankan aplikasi antivirus di perangkat Anda untuk memindai aplikasi yang diunduh dan melindungi dari serangan virus.
  5. Membuat cadangan data: Pastikan untuk selalu membuat cadangan data pribadi Anda secara teratur, sehingga jika terjadi kerusakan akibat virus, Anda dapat mengembalikan data Anda dengan mudah.
  6. Menghindari klik pada link yang tidak dikenal: Jangan pernah mengeklik link yang diterima melalui pesan teks atau email yang tidak dikenal, karena ini dapat mengarahkan Anda ke situs web yang tidak aman atau men-download malware pada perangkat Anda.

Itulah tips yang bisa dilakukan untuk pencegahan agar gadget kesayanganmu tidak terserang virus. Semoga berguna!

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami