Gadget

Review MSI Crosshair 15 R6E, Laptop Gaming Performa Super

Dibekali Intel Core i9 gen-12 dan GeForce RTX 3060, MSI Crosshair 15 R6E lancar melibas game-game AAA.

Agung Pratnyawan

Review MSI Crosshair 15 R6E. (HiTekno.com)
Review MSI Crosshair 15 R6E. (HiTekno.com)

Hitekno.com - MSI menjadi brand dengan sederet laptop gaming berperforma tinggi, seperti yang terbaru ada Crosshair 15. Berikut ini review MSI Crosshair 15 R6E yang dari HiTekno.com, laptop gaming dengan prosesor Intel Core i9 gen-12 dan GPU GeForce RTX 3060.

Dalam review laptop MSI ini, tim HiTekno.com mendapatkan kesempatan menguji MSI Crosshair 15 R6E B12UEZ-281ID. Laptop gaming kolaborasi MSI dengan game Tom Clancy's Rainbow Six Extraction. Bentuk kolaborsi ini nampak dalam desain corak warna kuning yang jadi ciri khas game tersebut.

Dalam paket penjualannya, laptop MSI Crosshair 15 Rainbow Six Extraction Edition hadir dengan aksesori mouse dan mousepad gaming bercorak senada. Kamu sudah bisa mendapatkan laptop gaming ini diberbagai ecommerce dan saluran distribusi MSI.

Spesifikasi MSI Crosshair 15 R6E B12UEZ-281ID

Processor: 12th Generation Intel Core i9-12900H Processor (14 core, up to 5.0GHz 24M Cache)
Memori Standar : 16 GB DDR4 3200MHZ (8x2)
Kartu Grafis : NVIDIA GeForce RTX3060 Laptop GPU, 6GB GDDR6
Layar : 15.6" QHD (2560x1440), 165Hz DCI-P3 100% typical
Storage : 1TB NVMe PCIe Gen4x4 SSD
Keyboard : Spectrum Backlight Keyboard
Wireless Network : Intel Wi-Fi 6 AX201(2*2 ax) + BT5.2
Interfaces : 1x Type-C USB3.2 Gen1, 2x Type-A USB3.2 Gen1, 1x Type-A USB2.0, 1x RJ45, 1x HDMI (4K@60Hz)
Sistem Operasi : Windows 11 Home
Batteray : 3Cell
Dimension : 359 x 256 x 26.9 mm
Berat : 2.25kg

Desain dan Material

Review MSI Crosshair 15 R6E. (HiTekno.com)
Review MSI Crosshair 15 R6E. (HiTekno.com)

Secara desain body, laptop gaming ini menggunakan material kombinasi metal dan plastic. Banyak di sisi-sisi luar yang menggunakan berbahan metal. Dengan warna dominan hitam dikombinasikan kuning pada beberapa sisi.

Sayangnya material metal yang di clamshell laptop MSI Crosshair 15 ini tergolong fingerprint magnet, alias membekas sidik jadi ketika dipegang. Terlebih bagi tangan basah, nampak bekas cap tangan pada bagian hitam tersebut.

Review MSI Crosshair 15 R6E. (HiTekno.com)
Review MSI Crosshair 15 R6E. (HiTekno.com)

Layar 15 inci yang luas dan bobot mencapai 2,25 kg memang terkesan berat dan besar. Namun besarnya bentuk dikarenakan kapasitas sistem pendingin yang digunakan. Hal ini dubutuhkan demi menyokong performa tinggi MSI Crosshair 15.

Laptop gaming ini menggunakan ventilasi udara di sisi bawah yang dilengkapi rubber foot pad yang cukup tinggi untuk sirkulasi udara masuk. Sedangkan saluran buangnya ada di sisi samping kiri dan sisi belakang laptop MSI ini.

Review MSI Crosshair 15 R6E. (HiTekno.com)
Review MSI Crosshair 15 R6E. (HiTekno.com)

MSI Crosshair 15 menggunakan keyboard dengan numpad di sisi kanan, juga memakai format lengkap tombol fungsi f1-f12. Disayangkan tombol power di sisi kanan atas terlihat sama dengan tombol keyboard lainnya.

Keyboard laptop gaming ini juga dilengkapi backlight dengan warna kuning, biru, dan hijau. Sayangnya pengaturan lampu backlight keyboard ini hanya pengaturan keredupan saja, bukan untuk mengubah warna laptop tersebut.

Review MSI Crosshair 15 R6E. (HiTekno.com)
Review MSI Crosshair 15 R6E. (HiTekno.com)

Sedangkan touchpad laptop ini center to space, alias sejajar dengan tombol spasi. Format yang nyaman untuk yang sering mengetik. Ukurannya pun cukup luas untuk digunakan, sedangkan posisi kliknya di sisi bawah.

Performa dan Pengalaman Gaming

Soal performa, MSI Crosshair 15 Rainbow Six Extraction Edition bukan masalah lagi. Terutama karena mengusung spesifikasi yang cukup tinggi. Yakni dengan prosesor tertinggi dan terbaru dari Intel untuk platform laptop.

Intel Core i9-12900H dengan 14 core yang terbagi menjadi pembagian 6 Performance-core dan 8 Efficient-core. Dengan 14 core, prosesor Intel ini memiliki 20 thread dan mampu mencapai core speed sampai 5 GHz untuk Performance-core. Sedangkan 3,8 GHz untuk Efficient-core.

Hasil pengujian tim HiTekno.com, prosesor Intel Core i9 ini memiliki performa tinggi. Terbukti dari pengujian Cinebench R20 mendapatkan CPU 5365, Single Core 654. Sedangkan Cinebench R23, mendapatkan CPU 13732 dan Single Core 1708.

Review MSI Crosshair 15 R6E - Cinebench R23. (HiTekno.com)
Review MSI Crosshair 15 R6E - Cinebench R23. (HiTekno.com)

Sebagai laptop gaming, pastinya didukung kartu grafis yang handal. Yakni NVIDIA GeForce RTX3060 dengan VRAM 6 GB. Meski bukan kelas tertinggi kartu grafis laptop, perangkat ini terbukti mampu menjalankan berbagai game AAA dengan grafis tinggi.

Sebagai seri RTX, tentunya membuat MSI Crosshair 15 bisa menjalankan gaming-gaming dengan mode grafis Ray Tracing. Seperti Control dan Shadow of the Tomb Raider, dua game AAA dengan grafis kelas atas yang digunakan tim HiTekno.com untuk pengujian review MSI Crosshair 15 R6E ini.

Lebih menyenangkannya lagi, dukungan DLSS yang menjadi fitur kartu grafis tersebut. Fitur yang membuat laptop gaming ini lebih lancar memainkan game yang berat, bahkan dengan mengaktifkan Ray Tracing di game-game yang mendukung.

Benchmark Game

Laptop MSI ini menggunakan layar beresolusi 1440p, yang tentunya akan menjadi beban lebih berat diandingkan laptop gaming yang menggunakan resolusi 1080p saja.

Sebagai laptop gaming, MSI Crosshair 15 ini aman untuk menjalankan judul-judul ternama. Baik dengan fitur Ray Tracing atau tidak, beberapa judul baru yang populer bisa lancar rata kanan.

Hasil pengujian tim HiTekno.com, MSI Crosshair 15 bisa menjalankan Horizon Zero Dawn dengan resolusi 1440p grafis high mencapai rata-rata 63 fps tanpa DLSS. Sedangkan ketika diaktifkan DLSS balance mendapatkan rata-rata 81 fps.

Review MSI Crosshair 15 R6E - benchmark Horizon Zero Dawn. (HiTekno.com)
Review MSI Crosshair 15 R6E - benchmark Horizon Zero Dawn. (HiTekno.com)

Sedangkan untuk game Control 1440p grafis Ultimate Ray Tracing High tanpa DLSS hanya menghasilkan rata-rata 20 fps saja. Sedangkan mengaktifkan DLSS upscale 960p menghasilkan rata-rata 53 fps. Sedangkan jika dimatikan Ray Tracing bisa tembus rata-rata 73 fps.

Paling nyaman untuk main Control dengan Ray Tracing High adalah dengan resolusi 1080p dan DLSS 720p, kamu bisa menghasilkan rata-rata 72 fps dengan minimum fps yang lebih tinggi.

Review MSI Crosshair 15 R6E - benchmark Control. (HiTekno.com)
Review MSI Crosshair 15 R6E - benchmark Control. (HiTekno.com)

Shadow of the Tomb Raider menghasilkan rata-rata 32 fps untuk 1440p Ultra DLSS of dengan Ray Tracing Shadow Ultra. Sedangkan ketika menyalakan DLSS balance mendapatkan rata-rata 51 fps. Sedangkan untuk DLSS performance mendapatkan rata-rata 56 fps.

Jika Shadow of the Tomb Raider menjalankan resolusi 1440p DLSS off dan Ray Tracing off mendapatkan rata-rata 73 fps. Namun untuk paling nyaman memainkan game ini dengan settingan 1440p DLSS performance dengan Ray Tracing Shadow medium.

Review MSI Crosshair 15 R6E - benchmark Shadow of the Tomb Raider. (HiTekno.com)
Review MSI Crosshair 15 R6E - benchmark Shadow of the Tomb Raider. (HiTekno.com)

Selain tiga game AAA di atas, tim HiTekno.com dalam review MSI Crosshair 15 R6E juga menggunakan game Genshin Impact, War Thunder, Escape from Naraka, dan Valorant. Semua game tersebut lancar dijalankan laptop gaming ini.

Genshin Impact lancar lock 60 fps di pengaturan tertinggi, sedangkan Valoran tembus ratusan fps. Tidak ada kendala berarti dalam melibas War Thunder, begitu juga Escape from Naraka bisa mengaktifkan Ray Tracing dan pengaturan tertinggi.

Performa tinggi ini juga harus ditebus soal konsumsi daya listrik dan panas yang ditimbulkan. Untuk mendapatkan performa terbaiknya tentu harus mencolokkan charger agar memastikan asupan listrik.

Soal baterai, laptop MSI ini hanya bertahan dalam waktu 50 menit saja untuk main game berat sekelas Horizon Zero Dawn. Itu pun terjadi penurunan performa, hingga memangkas fps cukup signifikan. Makin habis baterai, makin banyak performa yang dipangkas.

Review MSI Crosshair 15 R6E. (HiTekno.com)
Review MSI Crosshair 15 R6E. (HiTekno.com)

Namun untuk pemakaian biasa tanpa performa tinggi, laptop MSI Crosshair 15 Rainbow Six Extraction Edition ini cukup aman bisa bertahan cukup lama. Bahkan bisa untuk browsing internet melalui WiFi sampai lebih dari dua jam tanpa charger.

Soal panas, prosesor yang digunakan tergolong tinggi. Dalam pengujian, beberapa kali software CPUID HWMonitor yang digunakan menunjukkan suhu prosesor mencapai 100 derajat Celcius. Angka ini tercapai pada performa puncaknya saat main game atau menjalankan benchmark Cinebench.

Dampak panasnya cukup terasa oleh pengguna, terutama di sisi keyboard yang terasa hangat. Terlebih di bagian tengah keyboard terasa panas ketika mencapai performa tinggi. Untungnya sisi kanan-kiri touchpad tempat meletakkan tangan tidaklah terasa panas sekali. Juga bagian QWERASD tidak sepanas bagian tengah.

Review MSI Crosshair 15 R6E. (HiTekno.com)
Review MSI Crosshair 15 R6E. (HiTekno.com)

Untuk mendinginkan laptop ini, MSI menempatkan dua kipas yang bisa berputar dengan kecepatan tinggi. Dampaknya memang membuat suara bising ketika diaktifkan pada mode maksimalnya. Kebisingan yang lumrah terjadi pada laptop gaming.

Pengalaman gaming di laptop MSI ini juga ditunjang dengan layarnya. Tidak hanya berukuran besar, 15 inci saja yang bisa menampilkan game lebih luas. Resolusi layar ini cukup tinggi, yakni 2560x1440 piksel alias 1440p. Ditambah lagi mendukung refresh rate sampai 165 hz, cocok untuk game kompetitif.

Layar MSI Crosshair 15 ini anti glare yang meminimalisir pantulan bayangan dan cahaya. Sehingga makin nyaman untuk digunakan di luar ruangan, atau di tempat cukup terang. Selain itu memakai panel LCD yang diklaim selevel IPS.

Pengalaman gaming juga ditungjang dengan speaker yang berkualitas. Bukan hanya mampu menghasilkan suara jernih, namun mendukung surround cukup akurat.

Storage dan Memory

Review MSI Crosshair 15 R6E - CrystalDiskMark. (HiTekno.com)
Review MSI Crosshair 15 R6E - CrystalDiskMark. (HiTekno.com)

Laptop gaming ini memiliki dua slot SODIMM yang sudah terisi masing-masing 8 GB, alias dual-channel 16 GB. MSI Crosshair 15 mendukung RAM DDR4 3200mhz maksimal sampai 64 GB. Namun pengalaman tim HiTekno.com dengan RAM 16 GB sudah cukup aman main game AAA saat ini.

Untuk media penyimpanan, MSI Crosshair 15 tersedia dua slot M.2 yang mendukung SSD NVMe PCIe Gen 4. Dalam versi yang diuji, telah berisi satu slot dengan SSD NVMe PCIe Gen 4 sebesar 1 TB. Tentunya memiliki kecepatan yang cukup tinggi.

Dari hasil pengujian Crystaldiskmark 8.0.4 mendapati kecepatan Read 3.600 MBps dan Write 3.455 MBps untuk sequentian. Tergolong sangat cepat, berdampak pada loading startup yang bisa sekejap. Juga pada loading game yang sedikit lebih cepat.

Harga:

Review MSI Crosshair 15 R6E. (HiTekno.com)
Review MSI Crosshair 15 R6E. (HiTekno.com)

MSI memasarkan laptop gaming Crosshair 15 dalam dua versi. Perbedaannya ada pada sisi prosesor, yang berdampak pada harga laptop yang berbeda. Selain itu beda pada sisi bonus aksesori bernuansa Tom Clancy's Rainbow Six Extraction yang didapatkan.

Lebih lengkap, berikut ini pilihan dari MSI Crosshair 15 yang ada di pasaran:

  • MSI Crosshair 15 R6E B12UEZ-281ID - Alder Lake i9-12900H Rp 27.999.000
  • MSI Crosshair 15 B12UEZ-266ID - Alder Lake i7-12700H Rp 26.299.000

Kelebihan

  • Performa handal untuk game AAA
  • DLSS menjaga framerate tetap nyaman
  • Speaker jernih dan surround
  • Layar lega beresolusi tinggi

Kekurangan

  • Panas terasa di keyboard
  • Material body fingerprint magnet

Kesimpulan

Review MSI Crosshair 15 R6E. (HiTekno.com)
Review MSI Crosshair 15 R6E. (HiTekno.com)

MSI Crosshair 15 R6E B12UEZ-281ID adalah laptop gaming dengan performa tinggi yang bisa menjalankan game-game AAA lancar tembus 60 fps. Sayangnya harus ditebus dengan suhu tinggi terutama dari sisi prosesor.

Berat dan besarnya laptop MSI ini ditebus dengan kenyamanan dan pengalaman gaming yang tinggi. Bukan cuma soal performa frame rate tinggi, namun layar lega dan terang memungkinkan jelas ketika main game.

Laptop MSI ini cocok untuk kamu yang mencari perangkat gaming dengan performa tinggi, namun tetap memiliki kemudahan mobilitas. Itulah Review MSI Crosshair 15 R6E dari tim HiTekno.com, laptop gaming tangguh.

Berita Terkait