Sains

Benarkah Hamburger Ditemukan Bangsa Romawi pada Abad ke-4?

Sejak abad ke04, bangsa Romawi sudah memiliki makanan serupa hamburger.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi hamburger. (Pixabay)
Ilustrasi hamburger. (Pixabay)

Hitekno.com - Kamu pasti tahu makanan cepat saji bernama hamburger yang terkenal itu? Namun tahukah kamu, kalau bangsa Romawi disebut-sebut sebagai penemu hamburger ini?

Bangsa Romawi memiliki menu yang disebut isicia omentata dan penampakannya tampak serupa dengan makanan cepat saji hamburger saat ini.

Dari kemiripan menu makanan tersebut, munculah dugaan kalau bangsa Romawi adalah penemu hamburger.

Resep itu muncul dalam buku berjudul Apicius yang berisi sepuluh volume terpisah dan berkaitan dengan berbagai kategori makanan, seperti daging, makanan laut, burung, dan sayuran.

Diprediksi ditulis pada abad ke-4 atau ke-5, Apicius berisi resep yang berasal dari abad ke-1, sebagian besar menggunakan bahan-bahan yang tersedia untuk masyarakat kelas atas yang tinggal di dalam dan sekitar Roma.

Sama seperti hamburger yang mewah, isicia omentata pada dasarnya adalah daging patty cincang yang dibumbui dengan kacang pinus, merica, dan saus berbasis ikan yang disebut garum.

isicia omentata juga disertai dengan roti gulung yang telah direndam sebelumnya dalam anggur putih.

Ilustrasi hamburger. (Pixabay)
Ilustrasi hamburger. (Pixabay)

 

Menu ini bukan hanya tersedia bagi masyarakat kelas bawah, meskipun buruh Romawi terbiasa makan di tempat makan cepat saji yang disebut thermopolia, yang merupakan kios penyedia hidangan siap-makan untuk para pekerja di saat istirahat makan siang.

Dilansir dari IFL Science, asal-usul Apicius sendiri masih menjadi perdebatan. Beberapa sejarawan menyebut buku itu ditulis oleh Apicius Caelius karena huruf API dan CAE muncul di sampul depan beberapa edisi.

Sementara yang lain menyebut itu adalah buku yang ditulis oleh Marcus Gavius Apicius, seseorang yang terkenal di dunia kuliner.

"Kita semua tahu bahwa orang-orang Romawi meninggalkan jejak besar di Inggris, secara fundamental mengubah pola makan Inggris selamanya. Makanan jalanan menjadi tersedia secara massal dan banyak makanan favorit yang diperkenalkan, termasuk isicia omentata, sebagai nenek moyang burger hari ini," ucap Dr Annie Gray, seorang ahli sejarah makanan, seperti dikutip dari Museum Crush.

Ilustrasi hamburger. (Pixabay)
Ilustrasi hamburger. (Pixabay)

 

Meski begitu, menurut Dr Gray, "hamburger" Romawi jauh lebih mewah daripada yang tersedia di pasaran saat ini karena memiliki resep yang lebih kaya dan lebih kompleks daripada versi daging sapi biasa.

Itulah beberapa terori yang menyebutkan kalau penemu hamburger adalah bangsa Romawi sejak berabad-abad silam. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait