Microsoft Excel: Cara Mengubah Angka Numerik Menjadi Romawi

Mudah dan sangat membantu, gunakan cara mengubah angka numerik menjadi romawi dalam Microsoft Excel berikut ini.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 18 November 2022 | 14:49 WIB
Microsoft Excel. (Microsoft)

Microsoft Excel. (Microsoft)

Hitekno.com - Cara mengubah angka numerik menjadi romawi yang bisa kamu lakukan di Microsoft Excel. Tim HiTekno.com telah merangkum tutorial Microsoft Excel berikut ini untuk melakukannya.

Sebagai diketahui, ada beberapa jenis angka yang sering digunakan. Tidak hanya numberik, namun juga ada angka romawi juga masih ada beberapa lainnya. Keduanya didukung dengan baik ole Microsoft Excel.

Baca Juga: - Tutorial Excel: Cara Membuat Ranking, Simak Rumus dan Langkahnya Berikut Ini - Tutorial Microsoft Excel: Ini 7 Rumus Penting yang Wajib Kamu Kuasai Lengkap dengan Contoh - Deretan Rumus Excel yang Sering Digunakan Lengkap dengan Contoh, Pro dan Pemula Wajib Tahu - Cara Mengubah Desimal Ke Persen di Microsoft Excel, Simak di Sini

Angka numerik merupakan sistem penomoran yang merepresentasikan sebuah angka atau bilangan, sedangkan angka romawi merupakan sistem penomoran yang menggunakan huruf latin untuk melambangkan angka numerik.

Rumus Roman

Dalam program Microsoft Excel kamu bisa dengan mudah mengubah angka numerik menjadi angka romawi, karena telah tersedia cara mengubah angka numerik menjadi romawi dengan menggunakan rumus roman.

Rumus roman adalah salah satu fungsi atau rumus dalam program Microsoft Excel yang digunakan untuk merubah angka biasa menjadi angka romawi. Cara penulisan rumus roman juga terbilang cukup mudah yaitu : =roman(number, [form])

Penjelasan:

  • Pada kolom number diisi dengan cell letak angka biasa yang ingin di ubah menjadi angka romawi berada, kolom ini wajib diisi
  • Pada kolom form kolom ini hanya opsional saja atau tidak wajib diisi karena kolom ini digunakan untuk menentukan pilihan tipe angka romawi yang kamu inginkan. Ada 4 jenis tipe form yang bisa kamu pilih yaitu kode form 0 untuk tipe angka romawi klasik, kode form 1 2 dan 3 untuk tipe angka romawi yang lebih ringkas seiring nilai dari formulir meningkat, dan kode form 4 untuk tipe angka romawi sederhana
Microsoft Excel. (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

Nah setelah kamu mengetahui sedikit penjelasan mengenai apa itu rumus roman, maka kamu juga harus mengetahui cara mengubah angka numerik menjadi romawi dalam Microsoft Excel dengan menggunakan rumus roman tersebut.

Tutorial langkah-langkah untuk mengubah angka numerik menjadi romawi dengan menggunakan rumus roman yaitu :

  • Buka program Microsoft Excel pada perangkat kamu
  • Kemudian klik pada cell tempat kamu ingin meletakkan hasil perubahan angka romawi nantinya dan masukkan rumus yang telah disebutkan di atas sebelumnya yaitu  ketik tanda sama dengan "=" terlebih dahulu dan ketik roman selanjutnya diikuti dengan tanda kurung buka "( " lalu klik pada cell yang berisi angka numerik yang ingin kamu ubah menjadi angka romawi dan ketik kode form untuk tipe angka romawi yang ingin kamu gunakan kemudian masukkan tanda kurung tutup ")"
  • Setelah itu tekan tombol enter maka hasil angka romawi akan secara otomatis muncul pada cell tersebut. Untuk mengubah angka numerik menjadi angka romawi pada cell berikutnya maka kamu bisa langsung copy paste saja rumus tersebut

Itulah cara mengubah angka numerik menjadi romawi dalam Microsoft Excel yang bisa kamu lakukan dengan mudah, dengan adanya cara diatas maka kamu tidak perlu lagi merubah angka numerik menjadi angka romawi secara manual dengan mengetiknya satu per satu.

Manfaatkan cara mengubah angka numerik menjadi romawi dalam Microsoft Excel tersebut dengan baik. Semoga tutorial Microsoft Excel di atas bermanfaat.

Berita Terkait

TERKINI

Pei berpikir ini adalah pilihan desain yang cerdas oleh Apple, dia juga percaya fitur tersebut sedikit berlebihan
gadget | 20:49 WIB
Berikut ini adalah pengertian dan ciri-ciri iPhone HDC serta perbedaan dan persamaannya dengan iPhone Original. Patut kamu ketahui agar tidak tertipu.
gadget | 19:25 WIB
Biar nggak ketinggalan, berikut adalah link live streaming Grup G Piala Dunia 2022 yang mempertemukan Serbia vs Swiss dan Kamerun vs Brasil.
gadget | 19:18 WIB
"Ingat kalau pita kasetnya suka ngruwel," kenang netizen.
gadget | 19:08 WIB
Redmi Note 12 Pro 4G diprediksi dapat debut pada awal tahun depan.
gadget | 18:40 WIB
Rupanya tak sedikit orang yang butuh alternatif diluar Android dan Google. Inovasi yang sudah mentok bisa jadi sebab kenapa adanya platform ketiga bakal menarik untuk dinanti.
gadget | 17:41 WIB
Oppo Find N2 Flip siap meluncur dalam waktu dekat.
gadget | 17:17 WIB
Update MIUI 14 disertai dengan adanya banyak pembaruan yang bikin pengguna ponsel Xiaomi, Redmi dan POCO dijamin ngiler, termasuk para gamer, apa saja?
gadget | 17:09 WIB
Produsen ponsel ini secara diluar dugaan bisa menasbihkan diri sebagai produsen smartphone paling dominan di China, mengalahkan pemain kandang seperti Oppo, Vivo atau bahkan Xiaomi.
gadget | 16:45 WIB
Ini secuplik bocoran spesifikasi calon HP baru Infinix yang bikin penasaran.
gadget | 15:29 WIB
Pengguna HP flagship ini mampu merekam wajah Messi dari jarak jauh.
gadget | 14:49 WIB
Kemunculan POCO X5 secara Global agaknya sudah dekat, intip bocoran spesifikasinya di sini.
gadget | 14:48 WIB
Cek HP Oppo kamu masuk dalam daftar ini nggak? Apakah mendapatkan update ColorOS 13 atau tidak.
gadget | 13:46 WIB
Gunakan Link Live Streaming Piala Dunia 2022 Ghana vs Uruguay ini, secara legal dan resmi.
gadget | 12:05 WIB
Manfaatkan Link Live Streaming Piala Dunia 2022 Korea Selatan vs Portugal legal berikut ini.
gadget | 11:46 WIB
Samsung Odyssey Ark, hadir sebagai monitor gaming curve dengan desain tak biasa.
gadget | 11:23 WIB
Redmi Note 12 5G diharapkan dapat masuk ke pasar Asia Tenggara dalam waktu dekat.
gadget | 11:09 WIB
Bukan Samsung atau iPhone, rupanya industri ponsel dikuasai oleh BBK Electronics, main keroyokan pakai brand Oppo, Vivo, OnePlus dan realMe
gadget | 21:25 WIB
Tampilkan lebih banyak