CEK FAKTA: Benarkah Joachim Low Jadi Dirtek PSSI, Kontrak 6 Tahun?

CEK FAKTA, benarkah Joachim Low diangkat jadi Dirtek PSSI dengan kontrak sampai 6 tahun?

Agung Pratnyawan
Jum'at, 09 Juni 2023 | 11:19 WIB
Ilustrasi live streaming sepak bola. (Pexels)

Ilustrasi live streaming sepak bola. (Pexels)

Hitekno.com - Sempat beredar konten yang mengklaim kalau eks pelatih Timnas sepak bola Jerman, Joachim Low diangkat jadi Direktur Teknik PSSI dengan kontrak selama enam tahun. Benarkah klaim konten tersebut? Simak CEK FAKTA apakah benar Joachim Low jadi Dirtek PSSI seperti yang diklaim?

Dikutip dari hasil CEK FAKTA Bolatimes.com, informasi itu disebarkan oleh kanal YouTube Kreator Bola yang terlihat dari Thumbnail dan judul video yang digunakannya.

Dalam video tersebut, terlihat Thumbnail video menggunakan foto dari Joachim Low disertai tulisan ‘TIBA DI JAKARTA LANGSUNG DIKENALKAN KE PUBLIK’.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Amanda Manopo dan Arya Saloka Go Public?

Lalu Thumbnail video itu disertai informasi yang tertuang dalam judul video yang diunggah Kreator Bola kemarin (31/5).

"TIBA DENGAN SELAMAT!! DIRTEK BARU TIMNAS DISAMBUT PSSI - DIKONTRAK 6 TAHUN KEDEPAN," bunyi judul video unggahan Kreator Bola tersebut.

Hingga artikel ini dibuat per 1 Juni 2023, video Kreator Bola tersebut telah ditonton sebanyak 3 ribu kali lebih dan mengundang lima komentar dari netizen.

Baca Juga: CEK FAKTA: Kasus Korupsi BTS Bikin Surya Paloh Terancam Hukuman Mati, Benarkah?

PENJELASAN

Dalam video tersebut, kanal Kreator Bola menjelaskan bahwa PSSI akan memilih Direktur Teknik baru selepas Indra Sjafri ditugaskan menukangi Timnas Indonesia U-23.

Baca Juga: CEK FAKTA: Tangis Putri Candrawati Pecah Usai Melihat Kuat Ma'ruf dan Sambo Dieksekusi, Benarkah?

Video tersebut dilanjutkan dengan narasi bahwa PSSI melalui Komite Eksekutif (Exco) nya, yakni Arya Sinulingga, menyatakan bahwa Direktur Teknik akan berasal dari luar negeri.

Narasi ini dilanjutkan dengan kerjasama dalam hal sepak bola yang dilakukan PSSI dengan dua negara yakni Jepang dan Jerman.

Kreator Bola mengklaim bahwa kerjasama dengan Jepang akan berfokus pada infrastruktur. Sedangkan kerjasama dengan Jerman untuk mengisi pos Direktur Teknik.

Baca Juga: CEK FAKTA: Amanda Manopo Rayakan 1 Tahun Pernikahan dan Dinner Bareng Arya Saloka, Benarkah?

Kemudian, narasi dilanjutkan dengan klaim bahwa Joachim Low menjadi salah satu nama yang disebut-sebut akan mengisi pos Direktur Teknik baru PSSI.

KESIMPULAN

Berdasarkan Thumbnail, judul, dan narasi video yang diunggah Kreator Bola itu, maka informasi yang diedarkannya tak berkaitan sama sekali.

Dalam Thumbnail dan judul yang digunakan, kanal Kreator Bola mengklaim bahwa Joachim Low menjadi Direktur Teknik baru PSSI dan telah tiba di Jakarta serta mendapat kontrak enam tahun.

Tapi dalam narasi video tersebut, kanal Kreator Bola tak ada klaim bahwa Joachim Low resmi menjadi Direktur Teknik PSSI seperti Thumbnail dan judul yang digunakan.

Dalam narasi tersebut, Kreator Bola hanya menjelaskan bahwa PSSI tengah mencari Direktur Teknik baru dan Joachim Low menjadi nama yang digadang-gadang akan mengisi pos tersebut.

Apalagi fakta di lapangan menyebutkan bahwa Erick Thohir selaku Ketua Umum (Ketum) PSSI baru akan terbang ke Frankfurt, Jerman bersama Wakil Ketua Umum I dan II pada pertengahan Juni 2023 guna merampungkan masalah Direktur Teknik.

Berdasarkan penjelasan dan kesimpulan ini, maka informasi yang diedarkan oleh kanal Kreator Bola masuk dalam kategori hoaks karena tak sesuai dengan fakta di lapangan.

Itulah hasil CEK FAKTA soal konten yang mengklaim Joachim Low jadi Dirtek PSSI yang ternyata tidak benar. (Bolatimes.com/ Felix Indrajaya)

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak