Tren Belanja Online Kuartal I 2023 di Tokopedia, Apa yang Laris Manis?

Apa produk terlaris di Tokopedia selama kuartal I 2023 dan bagaimana tren belanja online kemarin?

Agung Pratnyawan
Kamis, 11 Mei 2023 | 16:02 WIB
Aplikasi Tokopedia. (Tokopedia)

Aplikasi Tokopedia. (Tokopedia)

Hitekno.com - Tokopedia telah mengumumkan laporan tren belanja online kuartal 1 2023 yang mengungkap Produk Terlaris di Tokopedia dalam periode tersebut. Juga mengungkap kalau belanja online ini masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia.

Hal ini sesuai dengan laporan yang menunjukkan sekitar 80% konsumen digital akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada tahun 2023. Data serupa pun tercermin di tren belanja online masyarakat di Tokopedia.

"Pada kuartal I 2023, produk seperti makanan dan minuman, perlengkapan kebersihan serta perawatan tubuh dan kecantikan menjadi beberapa produk yang paling laris di Tokopedia, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 3x lipat, dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya," ungkap Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Baca Juga: 5 Tips Jualan Online di Tokopedia Dongkrak Transaksi Pasca Lebaran

Ini Produk Terlaris di Tokopedia Selama Kuartal I 2023, Transaksi Produk Makanan Melesat Tajam

Pada kuartal I 2023, masyarakat melengkapi kebutuhan sehari-hari, khususnya produk makanan dan minuman di Tokopedia.

"Kami mencatat produk seperti daging dan seafood, makanan sarapan serta beras dan makanan kering (seperti beras shirataki dan kacang almond) masing-masing mengalami peningkatan transaksi lebih dari 3x lipat, lebih dari 4x lipat dan lebih dari 6x lipat," jelas Ekhel.

Baca Juga: Daftar Harga Top Up Diamond Mobile Legends di Tokopedia, Murah Pol!

Masyarakat bisa mendapatkan berbagai bahan makanan segar dan produk kebutuhan lainnya dalam waktu maksimal 2 jam setelah pembayaran serta bebas ongkir lewat Tokopedia NOW!.

Selain itu, ada pula Tokopedia NYAM! yang menyediakan flash sale mulai dari Rp10 ribu untuk berbagai pilihan menu makanan dan minuman terkurasi. 

Tokopedia juga melihat adanya peningkatan transaksi pada produk perlengkapan kebersihan sebesar lebih dari 3,5x lipat pada kuartal I 2023 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Baca Juga: Cara Top Up eToll Mandiri dari Livin dan Tokopedia, Bikin Mudik Makin Mudah

Produk seperti sabun cuci piring, pembersih kaca dan pengharum ruangan menjadi sejumlah produk perlengkapan kebersihan yang paling diburu masyarakat Indonesia.

Masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan berbagai produk perlengkapan kebersihan melalui kampanye Waktu Indonesia Bersih yang menawarkan promo menarik seperti diskon hingga 90% untuk berbagai pilihan perlengkapan kebersihan seperti cairan pembersih hingga pengharum ruangan.

Produk perawatan tubuh dan kecantikan juga diserbu masyarakat. "Kami mencatat produk perawatan tubuh dan kecantikan (seperti sampo, vitamin dan pengharum rambut) mengalami peningkatan transaksi sebesar hampir 2x lipat pada kuartal I 2023," tambah Ekhel.

Baca Juga: Cara Membayar SPT Kurang Bayar lewat Fitur Pajak Online di Tokopedia

Berbagai produk perawatan tubuh dan kecantikan bisa didapatkan lewat Tokopedia Beauty dengan promo flash sale hingga 90%. 

Dilayani Tokopedia. (Tokopedia)
Dilayani Tokopedia. (Tokopedia)

Transaksi Penjual yang Menggunakan Dilayani Tokopedia Naik Hampir 6x Lipat Berkat Inisiatif Hyperlocal Tokopedia

"Melihat tingginya antusiasme masyarakat dalam berbelanja online lewat Tokopedia, kami berupaya untuk terus membantu pelaku usaha memanfaatkan kanal digital sebaik-baiknya, untuk menciptakan peluang tanpa hambatan (zero barriers) lewat berbagai inisiatif, salah satunya lewat inisiatif yang berpendekatan Hyperlocal," kata Ekhel. 

Kumpulan Toko Pilihan (KTP) misalnya, sebuah halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokasi pembeli.

"Beberapa wilayah dengan kampanye KTP seperti Karawang (Jawa Barat), Madiun (Jawa Timur) dan Gianyar (Bali) mengalami peningkatan transaksi tertinggi di Tokopedia pada kuartal I 2023 dengan rata-rata peningkatan sebesar lebih dari 4x lipat," jelas Ekhel.

Di sisi lain, untuk membantu pelaku usaha menjangkau pasar yang lebih luas tanpa harus berpindah ke kota besar, Tokopedia menghadirkan Dilayani Tokopedia. Layanan pemenuhan pesanan ini memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi. 

"Data internal Tokopedia menunjukkan, pada kuartal I 2023 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, penjual yang memanfaatkan Dilayani Tokopedia mengalami rata-rata peningkatan penjualan hampir 6x lipat," jelas Ekhel. 

Berkat Hyperlocal, Berbagai Wilayah Alami Peningkatan Transaksi pada Kuartal I 2023

Kehadiran inisiatif Hyperlocal juga turut membantu mendorong pemerataan ekonomi di Indonesia. "Hal ini ditunjukkan dengan Maluku Barat Daya (Maluku), Konawe Kepulauan (Sulawesi Tenggara) dan Lombok Utara (NTB) menjadi sejumlah wilayah dengan peningkatan transaksi paling tinggi, pada kuartal I 2023, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 2,5x lipat," ungkap Ekhel.

Ekhel menambahkan bahwa ketiga wilayah tersebut–Maluku Barat, Konawe Kepulauan dan Lombok Utara–juga merupakan sejumlah wilayah yang memiliki peningkatan transaksi antarpulau paling tinggi di Tokopedia selama kuartal I 2023, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 2,5x lipat.

Sedangkan, Prabumulih (Sumatra Selatan), Pandeglang (Banten) dan Pemalang (Jawa Tengah) tercatat sebagai sejumlah wilayah dengan peningkatan transaksi menggunakan pengiriman same day dan instan paling tinggi di Tokopedia selama kuartal I 2023, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 7,5x lipat.

Berita Terkait
TERKINI

Rencana Transaksi ini masih dalam tahap evaluasi awal, di mana Axiata dan Sinar Mas memiliki tujuan untuk tetap menjadi ...

internet | 10:12 WIB

Selain di Jakarta, Nobar Warga Grab tahun ini juga diadakan di Malang, Samarinda, Kediri, Gorontalo, Mataram, Pontianak,...

internet | 10:36 WIB

Dell APEX Cloud Platform for Red Hat OpenShift ini merupakan hasil kerja sama Dell dan Red Hat....

internet | 10:34 WIB

Garmin Run ini akan berlangsung pada 29 September 2024 mendatang di ICE BSD, Tangerang....

internet | 10:25 WIB

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB
Tampilkan lebih banyak