Curi 713 Bitcoin Senilai Ratusan Miliar dari Saudaranya, Pria Ini Dipenjara 4 Tahun

Pria ini mengambil ratusan BTC hasil sitaan pengadilan AS.

Rezza Dwi Rachmanta
Rabu, 03 Mei 2023 | 10:38 WIB
Ilustrasi Bitcoin. (Pixabay)

Ilustrasi Bitcoin. (Pixabay)

Hitekno.com - Seorang pria asal Ohio, Amerika Serikat harus menjalani hukuman empat tahun dan tiga bulan penjara setelah mencuri 713 Bitcoin (BTC) senilai ratusan miliar rupiah. Pengadilan AS mengungkap bahwa pria tersebut mengambil aset kripto yang "dulunya" milik saudaranya sendiri.

Gary James Harmon, dari Cleveland, Ohio, mengambil 712 BTC secara ilegal di mata hukum.

Ini bukan berarti bahwa Gary James Harmon adalah sosok jahat sementara saudaranya adalah orang baik.

Baca Juga: FTX Bangkrut Bikin Industri Kripto Kalang Kabut, Perusahaan BlockFI Ikut Terseret

Dua orang tersebut melakukan tindakan kriminal di mata hukum AS. Menurut rilis resmi dari Departemen Kehakiman AS, saudara laki-laki Harmon, Larry Dean Harmon, ditangkap pada Februari 2020.

Ia mengoperasikan layanan pencampuran koin bernama Helix, yang memproses lebih dari 350.000 Bitcoin antara 2014 dan 2017 dan bermitra dengan beberapa pasar darknet.

Ilustrasi hacker. (Pexels/Sora Shimazaki)
Ilustrasi hacker. (Pexels/Sora Shimazaki)

Larry Dean Harmon kemudian mengaku bersalah atas konspirasi pencucian uang dan dakwaan yang terkait dengan pengiriman uang yang tidak benar pada tahun 2021.

Baca Juga: Panen Cuan karena Merampok Kripto, Begini Cara Korea Utara Danai Program Nuklirnya

Selain dakwaan pidana, Larry Dean Harmon dikenai denda 60 juta dolar AS oleh The Financial Crimes Enforcement Network (FinCEN).

Sebagai bagian dari penuntutan itu, penegak hukum menyita beberapa aset, termasuk "perangkat penyimpanan mata uang kripto" yang pada awalnya tidak dapat diakses karena fitur keamanan tertentu.

Gary James Harmon dapat "secara diam-diam" mengirim dirinya sendiri 712 Bitcoin ke perangkat dengan membuat ulang dompet Bitcoin dengan kredensial saudaranya.

Baca Juga: Promosi Kripto secara Ilegal, Kim Kardashian Kena Denda Rp 19 Miliar

Dikutip dari Blockchainmedia.id (jaringan Suara.com), Decrypt melaporkan bahwa, Gary James Harmon telah dituntut secara pidana karena mencuri 713 BTC milik saudaranya senilai Rp 305 miliar.

Ilustrasi penjara. (Pixabay Ichigo)
Ilustrasi penjara. (Pixabay Ichigo)

Diketahui, BTC tersebut diambil Harmon setelah penangkapan saudaranya di bulan Februari 2020, yang pada saat itu bernilai US$4,8 juta. Saat ini, itu bernilai sekitar US$21 juta.

Saudara Harmon, Larry Dean Harmon, ditangkap karena menjalankan layanan mixing kripto bernama Helix.

Diketahui, Helix telah memroses lebih dari 350.000 Bitcoin antara tahun 2014 dan 2017, serta bermitra dengan beberapa situs darknet.

Harmon kemudian mencuci aset lebih lanjut, mengirimkan Bitcoin yang baru diambil ke dua layanan pencampuran online lainnya,” ujar pihak berwenang.

Ketika Harmon setuju menyerahkan aset curiannya tersebut, ia juga setuju untuk kehilangan beberapa kripto pribadi, mencakup 17,4 juta Dogecoin, 647 BTC dan lebih dari 2 Ether (ETH), dengan total nilai sekitar US$20 juta.

Menurut Pemerintah AS, layanan mixing adalah alat jahat yang hanya membantu para peretas dan aktor jahat lainnya.

Pemerintah AS telah mengambil langkah tegas terkait layanan mixing kripto, di mana sebelumnya pemerintah telah melayangkan sanksi pada layanan Tornado Cash. Ini diduga digunakan oleh peretas asal Korut, Lazarus, untuk mencuci uang curian mereka.

Sementara itu, kebijakan non-profit kripto, Coin Center, saat ini tengah menggugat Departemen Keuangan AS karena telah mengambil langkah yang berlebihan dalam memasukkan alat mixing Tornado Cash ke dalam daftar hitam.

Meski sidang tertunda, Pengadilan Belanda belum lama ini memutuskan bahwa Pengembang Tornado Cash Alexey Pertsev dapat dibebaskan dengan jaminan.

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak