Youtap BOS Tawarkan Solusi All-in-One untuk Digitalisasi UMKM

Ini bentuk peran Youtap dalam memberikan peluang usaha dan memberdayakan pelaku usaha di berbagai level.

Agung Pratnyawan
Rabu, 08 Maret 2023 | 16:00 WIB
Peluncuran Youtap BOS. (Youtap)

Peluncuran Youtap BOS. (Youtap)

Hitekno.com - Youtap Indonesia dalam rangka mendorong digitalisasi UMKM di Indonesia meluncurkan layanan baru. Yakni Youtap BOS yang dihadirkan sebagai solusi all-in-one untuk para pelaku usaha.

Menyadari pentingnya peran UMKM dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, Youtap berupaya dalam memberikan dukungan melalui sederet layanannya.

Youtap Indonesia berkomitmen menjadi perusahaan digital yang terus berinovasi dalam mendorong perkembangan pelaku usaha Indonesia lewat pelebaran jangkauannya ke banyak kota tier-2 dan tier-3.

Baca Juga: Dukung Kemenkop RI Ciptakan UMKM Kekinian Mantap Digital, Youtap Hadikar Layanan Lengkap

Untuk semakin memberikan kemudahan dan memberdayakan pelaku usaha, Youtap meluncurkan Youtap BOS sebagai layanan all-in-one khusus untuk pemilik usaha (BOS usaha).

Di acara peluncuran yang juga bertepatan dengan perayaan ulang tahun yang ke-tiga, Youtap juga menunjukkan 100 pelaku UMKM dari 100 kota yang berbagi cerita tentang 100 solusi Youtap.

Ini bentuk peran Youtap dan layanannya dalam memberikan peluang usaha dan memberdayakan pelaku usaha di berbagai level, baik skala mikro, menengah, hingga hadirnya para supplier dan merchant enterprise untuk saling mendukung dan berbagi manfaat akan digitalisasi. 

Baca Juga: Mitra Usaha Youtap, Akselerasi Digitalisasi Pelaku UMKM

Jika Youtap POS lebih diperuntukan untuk menjalankan operasional usaha sebagai aplikasi kasir digital yang bisa digunakan dari hp dan tablet, Youtap BOS lebih diperuntukan untuk pemilik usaha (BOS usaha) sebagai alat memulai, mengatur, memonitor, dan mengelola usaha.

Proses registrasi Youtap BOS tidak membutuhkan waktu yang lama. Jika belum memiliki akun Youtap sebelumnya, para BOS bisa mengakses bos.youtap.id dan langsung daftar. Dengan hadirnya Youtap BOS membuat seluruh proses pengelolaan usaha menjadi terintegrasi dan menjadikan seluruh aktivitas toko bisa terpantau dengan baik.

CEO Youtap Indonesia Herman Suharto mengatakan, "Meskipun digitalisasi bisa menjangkau seluruh Indonesia, nyatanya upaya membuka potensi di kota tier 2 dan 3 Indonesia memiliki tantangan berbeda dalam adopsi perilaku digital. Karena itu sejak awal, kami terus menjangkau berbagai lapisan UMKM lewat hadirnya tim lapangan yang terus mengedukasi pedagang di kota besar dan kecil sambil terus mengembangkan ekosistem digital terbesar dan terlengkap bagi para pelaku usaha. Upaya ini tercermin dengan pertumbuhan Youtap di kota tier 2 dan tier 3 yang lebih tinggi, yakni mencapai double growth transaksi. Bahkan, transaksi Youtap di Sulawesi tumbuh mencapai 3x lipat. Dengan adanya pertumbuhan positif di berbagai lini, Youtap menunjukkan profitabilitas pada bisnisnya lewat keunggulan kami di tiga layanan utama."

Baca Juga: Youtap Luncurkan Belanja Stok dan PHP, Layanan Apa Ini?

"Sesuai dengan visi kami yang ingin hadir pada setiap usaha untuk membantu dan memberdayakan mereka untuk pencapaian yang terbaik, di usia ketiga ini kami menghadirkan layanan khusus bagi berbagai tipe BOS (bos pemilik usaha). Ini juga menjadi ekosistem yang menyatukan para BOS pemilik usaha dari seluruh kota di Indonesia untuk saling berbagi peluang dan berkembang. Di ekosistem digital Youtap, para BOS pemilik usaha juga bisa terkoneksi dengan banyak mitra strategis Youtap seperti perbankan, penyedia jasa keuangan dan pemasok stok-stok barang dagangan dan bahan baku untuk usaha. Langkah ini diharapkan bisa melahirkan lebih banyak BOS UMKM yang unggul dari berbagai wilayah dan tercipta hubungan yang saling memberdayakan antara pelaku UMKM, mitra pemasok dan enterprise," lanjut Herman. 

Sebagai perusahaan digital, Youtap memiliki layanan lengkap yang terangkum dalam tiga pilar utama, antara lain solusi cashless payment, solusi POS (aplikasi kasir online) dan loyalty, hingga solusi supply chain: Belanja Stok. Ketiganya akan hadir di dalam Youtap BOS agar para BOS dapat mengambil keputusan dan menjalankan usahanya lebih maju lagi.

Adapun 100 solusi yang dihadirkan, seperti mengetahui untung rugi penjualan, analisa produk, mengetahui status transaksi terbaru, terima semua jenis pembayaran baik tunai hingga non tunai (cashless), berbelanja stok, hingga penawaran paket usaha terlengkap seperti paket Extra Mantap dan Paket Extra Untung.

Baca Juga: Kolaborasi Bank Mandiri dan Youtap Indonesia, Dorong Adopsi QRIS

Selain menghadirkan insight mendalam terkait penjualan, salah satu keunggulan Youtap BOS yaitu hadirnya Youtap ADS.

Disini, pemilik usaha bisa mendapatkan dukungan branding karena adanya penyediaan layanan visual konten hingga beriklan di media sosial. Hal ini tentu sangat cocok digunakan bagi pemegang keputusan, yakni pemilik usaha. 

Semakin lengkap solusi yang dihadirkan Youtap BOS, Youtap akan terus mendukung potensi dari berbagai kota yang sudah menjadi fokus pengembangannya dan terus membuka peluang kerja sama dengan berbagai pihak.

Saat ini, sudah lebih dari 500 ribu pelaku usaha gabung di ekosistem Youtap yang tersebar di 510 kota, termasuk beberapa wilayah seperti Dumai, Tebing Tinggi Sumatera Utara, Payakumbuh Sumatera Barat, Pematang Siantar, wilayah timur dan barat Bandung (Jawa Barat – Ciamis, Kuningan, Banjar), Salatiga, Tegal, Karanganyar, Mojokerto, Tulungagung, Pettarani Sulawesi, hingga outer Makassar. (Maricaya, Pettarani, Rappocini, Mangasa). Adapun pertumbuhan digitalisasi paling cepat yakni di kota Riau dan Batam yang mencapai 196%.

Perluasan Layanan Belanja Stok untuk Jangkau Lebih Banyak UMKM

Digitalisasi nyatanya juga berkontribusi besar bagi lebih dari 60% UMKM dalam mencari pelanggan dan pemasok barang-barang yang diperdagangkan oleh mereka.

Hal ini pun tercermin dari data Youtap selama 2022. Meski baru diluncurkan tahun lalu, layanan Belanja Stok menjadi favorit pelanggan dengan adanya lebih dari 15.000 transaksi dan 100 ribu barang. 

Lewat perluasan layanan Belanja Stok di Youtap BOS, UMKM bisa menemukan beragam produk berkualitas dari supplier ternama seperti Indomarco, Indofood Beverage, Best Meat, Sosro, DIMA, Dagangan, Nutrifood, API, Diamond Fair, Otto, Campina dan Sari Roti. 

Yoga Wiratyasa, salah satu merchant Youtap yang juga merupakan Pemilik Sego Meduro Cak Brewok di Sampangan menjelaskan, "Semakin tahun, kebutuhan konsumen semakin meningkat. Persaingan dengan sesama pelaku usaha juga semakin nyata. Saya sangat senang bisa ikut bertemu dengan 100 BOS dari 100 Kota. Dari sini saya jadi semakin percaya diri untuk mengembangkan usaha lebih lanjut karena telah didukung oleh para supplier Youtap yang terpercaya. Pengelolaan usaha juga nantinya bisa lebih mudah dengan hadirnya Youtap BOS karena semua bisa dipantau dari satu aplikasi."

Untuk merasakan manfaat dari fitur-fitur baru Youtap BOS, pelaku usaha bisa mengakses bos.youtap.id dan mengakses 100 solusi dari Youtap Indonesia.

Berita Terkait
TERKINI

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB
Tampilkan lebih banyak