7 Startup Agritech Indonesia, Bantu Dorong Kesejahteraan Sektor Pertanian

Selain TaniHub dan Sayurbox, ada ada sederet startup agritech Indonesia yang cukup menarik.

Agung Pratnyawan
Rabu, 01 Maret 2023 | 19:45 WIB
Habibi Garden. (Habibi Garden)

Habibi Garden. (Habibi Garden)

Hitekno.com - Ada sederet startup agritech Indonesia yang mencuri perhatian beberapa waktu lalu. Mereka startup yang bergerak dalam bidang pertanian yang memanfaatkan kemajuan teknologi.

Indonesia telah dikenal sebagai negara agraris selama ratusan tahun, bahkan sebelum kemerdekaannya. Menengok pada tahun 2010-an, produksi pertanian Indonesia terancam. Kombinasi faktor-faktor seperti kelangkaan lahan, akses modal yang terbatas, dan harga pasar yang tidak menentu membuat generasi muda Indonesia enggan untuk bertani.

Menurut Badan Pusat Statistik, jumlah petani di Tanah Air turun dari 35,7 juta pada 2018 menjadi 33,4 juta pada 2020. Menyikapi krisis tersebut, scene startup Indonesia mulai beraksi. Berbagai startup agritech seperti TaniHub, SayurBox, dan iGrow didirikan untuk memberikan solusi inovatif yang ditargetkan untuk memecahkan masalah utama di sektor pertanian.

Baca Juga: Profil Startup GajiGesa, Bantu Karyawan Kelola Gajian Lebih Baik

Menurut BPS (Badan Pusat Statistik), produksi pertanian Indonesia meningkat 2,59% di kuartal keempat 2021. Maka dari itu, pertanian menjadi sumber yang paling besar perannya untuk menjadi salah satu pilar perekonomian.

Kehadiran startup agritech juga dilihat sebagai sebuah harapan baru untuk membawa industri pertanian Indonesia naik level. Berikut Startup Agritech Indonesia yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. TaniHub

Baca Juga: Profil Startup eFishery, Pelopor Akuakultur di Indonesia

Aplikasi TaniHub. (Tanihub.com)
Aplikasi TaniHub. (Tanihub.com)

TaniHub adalah e-commerce untuk hasil tani yang bertujuan untuk menghubungkan petani dengan berbagai jenis usaha dan end-user (pembeli). Tidak hanya itu, TaniHub juga menciptakan harga terbaik.

Untuk produk yang dijual, TaniHub menjual berbagai macam sayur, buah, dan lauk berkualitas untuk kebutuhan makan harian. Dan menariknya lagi, TaniHub melayani pengiriman di banyak kota besar di Indonesia.

2. Eden Farm

Baca Juga: Profil Startup Nodeflux, Perusahaan AI Computer Vision di Indonesia

Aplikasi Eden Farm. (Google Play Store)
Aplikasi Eden Farm. (Google Play Store)

Eden Farm lebih fokus menyajikan produk terbaik dari petani lokal ke berbagai restoran dan warung makan di Indonesia. Startup yang didirikan pada tahun 2017 oleh David Gunawan ini memiliki tujuan agar bisnis kuliner Indonesia menggunakan bahan-bahan yang berasal dari petani lokal.

Berdasarkan informasi dari situs resminya, Eden Farm merupakan pemasok berbagai jenis sayuran dan bahan makanan seperti sayuran hidroponik, buah, dan bahan kering.

3. Habibi Garden

Baca Juga: Profil Startup Prosa.AI, Perusahaan Spesialis Natural Language Processing di Indonesia

Aplikasi Habibi Garden. (Habibi Garden)
Aplikasi Habibi Garden. (Habibi Garden)

Perusahaan startup agritech asal Indonesia ini memiliki tujuan untuk membangun peradaban melalui pertanian internet of things (IoT). Perusahaan ini memang menghadirkan solusi perawatan tanaman berbasis IoT.

Startup ini membantu menyediakan data up-to-date melalui smartphone. Ada sensor yang digunakan untuk membantu mendapatkan data tersebut. Data yang diberikan seperti kondisi tanah dan unsur hara pada tanaman.

Hal ini dapat membantu petani mengurangi biaya, meningkatkan produktivitas dan mencegah gagal panen.

4. Crowde

Logo Crowde. (Crowde)
Logo Crowde. (Crowde)

Crowde adalah startup fintech yang didirikan oleh Yohanes Sugiyono Nugroho pada tahun 2015 yang berfokus pada pertanian yang memberdayakan petani Indonesia dengan teknologi dan modal.

Ribuan petani dan investor di seluruh Indonesia telah mempercayakan Crowde untuk mencapai apa yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Ekosistem keuangan yang mudah bagi petani dapat menghubungkan investor yang mencari kesenangan dengan petani yang mengharapkan modal tumbuh, menciptakan lapangan kerja, dan membantu komunitas lokal.

5. Sayurbox

Sayurbox merilis fitur baru. (Sayurbox)
Sayurbox merilis fitur baru. (Sayurbox)

Sayurbox menjadi salah satu startup agritech paling populer di Indonesia. Didirikan pada tahun 2017 lalu, Startup agritech yang satu ini sukses mengembangkan konsep bisnis farm-to-table. Konsep ini memungkinkan konsumen mendapat sayuran segar langsung dari tangan para petani.

6. KedaiSayur

Aplikasi KedaiSayur. (KedaiSayur)
Aplikasi KedaiSayur. (KedaiSayur)

KedaiSayur didirikan pada tahun 2018 oleh Adrian Hernanto. Berdirinya KedaiSayur berawal dengan misi menjadi solusi bagi peningkatan kesejahteraan dan kehidupan pedagang sayur kecil

Layanan startup ini lebih fokus pada pendistribusian produk pertanian berupa sayuran kepada konsumen yang menginginkan sayur segar berkualitas baik. Adapun produk yang tersedia mencakup lebih dari 10.000 varian.

7. iGrow

iGrow. (iGrow)
iGrow. (iGrow)

iGrow merupakan startup yang memungkinkan pelaku usaha untuk bertani tanpa harus turun ke lahan pertanian sendiri untuk menanam. Cukup dengan mendaftar, memilih tanah dan jenis pohon, maka para pelaku usaha dapat menerima uang atas tanah tersebut.

Setelah lahan diolah dan panen, hasil pertanian bisa dijual dengan porsi 40% untuk pengguna, 20% untuk mitra pengelola perkebunan (petani), dan 20% untuk iGrow. iGrow didirikan pada tahun 2014. Kini iGrow telah diakuisisi dan masuk ke dalam grup LinkAja.

Itulah 7 startup agritech Indonesia yang bisa menjadi solusi di bidang pertanian. Perkembangan teknologi telah memberikan banyak peluang, termasuk di bidang pertanian. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins
Berita Terkait
TERKINI
Studi global terbaru dari Dell Technologiesmengungkap pentingnya inovasi bagi perusahaan....
internet | 15:57 WIB
Sepeda motor dengan Karburator masih diburu, terutama untuk modifikasi....
internet | 22:01 WIB
Gojek meluncurkan jaket dengan desain baru bagi mitra driver tepat di Hari Pahlawan, 10 November 2023....
internet | 22:43 WIB
Indonesia Privacy and Security Summit 2023 ini,Grab Indonesia menghadirkanpelaku industri dan lembaga pemerintahan yang ...
internet | 08:39 WIB
Berikut ini agar semakin paham cara menjaga keamanan dokumen digital....
internet | 10:08 WIB
Bagaimana cara mengaktifkan Mode Hening di aplikasi Grab?...
internet | 10:19 WIB
Bank digital permudah pemegang visa digital nomad untuk keliling dunia. Yuk, kenalan dengan visa digital nomad di sini!...
internet | 10:54 WIB
Smartfren menyiapkan paket data baru sesuai dengan kebutuhan pelanggan di Jateng-DIY....
internet | 13:10 WIB
Berikut Profil dan Biodata Codebluuuu Tiktok yang Viral Ribut dengan Farida Nurhan...
internet | 12:26 WIB
Zoho Corporation mengumumkan pencapaiannya mendapatkan lebih dari100 juta pengguna di lebih dari 55 aplikasi bisnis....
internet | 13:58 WIB
Local Media Summit 2023 menjadi ajang pertemuan tahunan para pengelola media lokal se-Indonesia....
internet | 10:22 WIB
Cek seperti apa kerja sama Exabytes Indonesia dan EasyStore untuk para UMKM ini....
internet | 18:05 WIB
Ada juga promo menarik disiapkan Grab Indonesia dan OVO untuk HUT ke-78 RI....
internet | 17:57 WIB
Salah satu aplikasi populer yang memungkinkan pengguna untuk menikmati komik dan manga....
internet | 12:23 WIB
Solusi Hemat yang mencerminkan#PastiAdaJalan, Semangat Indonesiadipercaya bisa memperluas pangsa pasar Gojek di Indonesi...
internet | 13:07 WIB
Dalam GIIAS 2023, JKIND menawarkan LLumar Pinnacle sebagai produk kaca film andalannya....
internet | 12:56 WIB
Menguraikan petunjuk yang ditinggalkan oleh situs Telco X....
internet | 12:00 WIB
Staffinc Suite yang membantu Ariston Indonesia dalam mengoptimalkan promosi penjualan produk elektronik....
internet | 18:07 WIB
Tampilkan lebih banyak