Strategi Gojek 2023, Perkuat Bisnis Berkelanjutan, Dorong Capaian Grup GoTo

Gojek mengungkapkan tiga strategi utama yang berfokus pada inovasi teknologi, pengembangan variasi produk, dan dukungan bagi mitra.

Agung Pratnyawan
Selasa, 28 Februari 2023 | 18:24 WIB
Gojek Outlook 2023. (Gojek)

Gojek Outlook 2023. (Gojek)

Hitekno.com - Melalui gelaran Gojek Outlook 2023, unit bisnis dari Grup GoTo atau PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk ini menyampaikan catatan kinerja operasional dan bisnis selama 2022. Juga menyampaikan strategi Gojek pada 2023 dalam memperkuat bisnis berkelanjutan guna mendorong capaian Grup GoTo.

Hasil kinerja operasional dan bisnis Gojek diyakini dapat mendukung langkah GoTo mencapai akselerasi target profitabilitasnya yaitu EBITDA yang disesuaikan menjadi positif di kuartal empat tahun ini.

Dalam diskusi media bertajuk Gojek Outlook 2023 yang diadakan pada Selasa (28/2), Gojek mengungkapkan tiga strategi utama yang berfokus pada inovasi teknologi, pengembangan variasi produk, dan dukungan bagi mitra untuk dampak jangka panjang. 

Baca Juga: Lapor ke Mana Kalau Dapat Perlakuan Buruk dari Driver Gojek?

Presiden Unit Bisnis On-Demand Service GoTo, Catherine Hindra Sutjahyo menjelaskan, "Perubahan perilaku konsumen memasuki masa paska-pandemi pada 2022 menjadi tantangan tersendiri bagi layanan on-demand yang meliputi transportasi, pesan-antar makanan, dan pengiriman logistik. Namun, di satu sisi, juga menjadi kesempatan bagi Gojek untuk terus berinovasi menjawab kebutuhan pelanggan."

"Inovasi yang tepat sasaran dan tetap relevan menjawab kebutuhan pengguna ekosistem membawa bisnis on-demand services (Gojek) mencetak kontribusi margin positif per September 2022, dengan pendapatan bruto di kuartal ketiga tahun 2022 tumbuh 31% secara year-on-year. Tahun ini, kami telah menyiapkan tiga strategi utama untuk terus menjadi layanan on-demand andalan sekaligus mendukung akselerasi profitabilitas Grup GoTo," ungkap Catherine.

Tiga strategi utama Gojek tersebut meliputi:

Baca Juga: Cara Daftar jadi Mitra Usaha GoJek Terkini 2023

  1. Inovasi teknologi untuk kepuasan pelanggan. Optimalisasi teknologi untuk memberikan solusi yang lebih tepat sasaran dan sesuai kebutuhan serta preferensi pelanggan, seperti teknologi machine learning untuk rekomendasi makanan dan strategi promo tepat sasaran di GoFood, perluasan akses untuk memesan GoFood (GoFood di Tokopedia, web ordering), Jadwalin GoFood, hingga fitur GoSend untuk estimasi ongkir lebih cepat dan draft order serta penjadwalan pesanan GoBox. Tak hanya itu, layanan transportasi Gojek juga akan dilengkapi dengan fitur opsi Alokasi Prioritas bagi pelanggan serta promo GoPay Coins yang tepat sasaran.
  2. Variasi produk yang terus dikembangkan untuk dorong pertumbuhan berbagai segmen pelanggan. Gojek terus mengembangkan produknya untuk dapat mengakomodir dan menyasar kebutuhan masyarakat di berbagai segmen pelanggan. Contohnya, untuk merambah segmen pelanggan baru, GoFood menghadirkan fitur Mode Hemat yang memberikan opsi gratis maupun diskon ongkir bagi pelanggan. Sementara di sisi layanan transportasi, Gojek terus melakukan ekspansi GoTransit untuk mempermudah mobilitas multi-moda, serta menghadirkan layanan premium seperti GoCar Luxe dan GoRide XL yang tawarkan pengalaman perjalanan lebih nyaman. Di layanan logistik, Gojek meluncurkan layanan GoSend Car untuk pengiriman barang besar hingga kargo untuk ukuran maksimal 100 kg.
  3. Dukungan bagi mitra untuk dampak jangka panjang. Sejalan dengan komitmen menjadi partner pertumbuhan bagi mitra di ekosistem, Gojek terus meluncurkan beragam inisiatif seperti pelatihan, program dukungan dan pengembangan komunitas. Untuk mitra driver, Gojek memperluas manfaat melalui Gojek Swadaya, Bengkel Belajar Mitra, serta Tips Pintar di aplikasi GoPartner. Sedangkan untuk mitra usaha kuliner, Gojek terus menambah modul pembelajaran baru di Komunitas Partner GoFood (KOMPAG). Di sisi lain, untuk online seller, Gojek mendorong komunitas Best Seller GoSend serta ragam program menarik agar produk seller semakin dilirik pelanggan. Semua ini bertujuan agar para mitra dapat memberikan layanan terbaik dan andal bagi para pelanggan, dan pada akhirnya, dapat memberikan dampak sosial-ekonomi bagi para mitra.

"Kami percaya bahwa ketiga strategi tersebut dapat mendorong pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan, sejalan dengan strategi GoTo untuk pengembangan produk dan layanan berbasis ekosistem terintegrasi (ecosystem product growth)," jelas Catherine.

Berbicara mengenai strategi terbaru Gojek, Ekonom Universitas Indonesia dan Director Next Policy Fithra Faisal melihat bahwa strategi ini menunjukkan komitmen GoTo untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

"Tidak dapat dipungkiri, pandemi Covid-19 telah memberikan dampak besar dalam perubahan perilaku masyarakat. Perusahaan on demand service seperti Gojek harus dapat memahami kebutuhan masyarakat dan pergeseran tren yang dinamis. Strategi Gojek yang bertumpu pada inovasi teknologi dan pengalaman layanan yang menyenangkan menunjukkan bahwa mereka paham betul akan kebutuhan konsumennya. Tentu strategi ini dapat memberikan dampak positif untuk berbagai pihak, konsumen yang dimudahkan dengan kehadiran teknologi dan UMKM yang kini mendapatkan dukungan penuh untuk memperluas jangkauan usahanya. Jika bisa dijalankan dengan baik, strategi ini tentu akan mendukung pertumbuhan jangka panjang Gojek, serta memberikan kontribusi positif terhadap sektor ekonomi digital dan perekonomian nasional." ungkapnya.

Baca Juga: Cara Daftar Driver Gojek Terkini Tahun 2023, Bisa Pakai HP

Potensi Gojek yang terus bertumbuh turut diperkuat oleh tren penggunaan layanan digital oleh konsumen paska-pandemi. Menurut studi Google, Temasek and Bain & Company, masyarakat tetap berminat dan bahkan berniat meningkatkan intensitas penggunaan layanan berbasis digital.

Di mana dalam 12 bulan ke depan, 75% masyarakat di Indonesia berencana tetap menggunakan layanan transportasi, 82% masyarakat berniat terus menggunakan layanan pesan-antar makanan dan 82% berniat untuk terus berbelanja e-commerce yang merupakan potensi bagi layanan pengiriman barang.

Langkah Gojek untuk fokus pada perubahan tren masyarakat di era digital mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari Pemerintah. Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menekankan, "Potensi perekonomi Indonesia yang semakin baik, tercermin salah satunya dari index keyakinan konsumsi yang meningkat. Pemerintah memprediksi adanya pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3% di tahun ini dengan ditopang oleh perbaikan fundamental ekonomi domestik yang kuat, lewat investasi, ekspor, maupun konsumsi."

Baca Juga: Tingkatkan Daya Tahan UMKM, Gojek Gelar Kelas Bincang Biznis

Dalam hal ini, Gojek dan ekosistemnya dinilai telah turut serta memberikan andil kuat dan berkontribusi dalam aspek konsumsi.

"Kinerja ekonomi yang baik tentu juga didukung oleh tumbuhnya ekonomi digital melalui perilaku masyarakat yang semakin terbiasa dengan contactless dan tren ini ditopang oleh layanan e-commerce, on-demand seperti ride-hailing, online food delivery dan juga kegiatan lainnya berbasis online," ujar Airlangga.

Lebih lanjut Airlangga menyatakan "Dengan kolaborasi antara Gojek dan pemerintah pada subsektor food dan transportasi, Indonesia optimis nilai subsektor tersebut mampu mencapai USD15 Miliar di tahun 2025 dengan tingkat pertumbuhan di atas 22% (CAGR). Untuk itu, Pemerintah mengapresiasi Gojek sebagai penyedia layanan on-demand terdepan di Asia Tenggara dan berharap Gojek dapat terus menghadirkan ragam inovasi yang inklusif memberikan solusi digital dan juga kemitraan antara driver dan UMKM untuk menjawab permintaan konsumen paska-pandemi."

Menutup sesi Gojek Outlook 2023, Catherine mengatakan, "Bisnis yang mandiri dan pengembangan produk berbasis ekosistem terintegrasi diharapkan jadi kunci Gojek dukung akselerasi profitabilitas GoTo."

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak