Tren dan Produk Terlaris di Tokopedia Awal 2023

Seperti apa tren dan apa saja produk terlaris di Tokopedia sepanjang awal 2023 ini?

Agung Pratnyawan
Rabu, 22 Februari 2023 | 10:59 WIB
Aplikasi Tokopedia. (Tokopedia)

Aplikasi Tokopedia. (Tokopedia)

Hitekno.com - Tokopedia membagikan tren dan produk terlaris di platform tersebut sepanjang awal 2023 ini. Simak apa saja tren dan produk terlaris di Tokopedia pada awal tahun ini?

"Di awal 2023, Fesyen, Kecantikan dan Perawatan Diri, Makanan dan Minuman, Ibu dan Anak, serta Rumah Tangga menjadi beberapa kategori paling laris di Tokopedia," jelas Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Demi mengakomodasi tingginya animo masyarakat terhadap berbagai kategori produk tersebut, Tokopedia telah menggelar kampanye, seperti Women in Style, Tokopedia Beauty, Tokopedia NYAM!, Tokopedia Parents dan Home Living SALEbrations.

Baca Juga: 5 Tips Jualan Online di Tokopedia Bagi UMKM agar Tidak Langgar HKI

Sejumlah kampanye ini pun telah terbukti berperan menciptakan tren perilaku konsumen di Tokopedia.

Tren dan Produk Terlaris di Tokopedia Awal 2023

Tokopedia Women in Style. (Tokopedia)
Tokopedia Women in Style. (Tokopedia)

"Sandal, tas selempang dan blus menjadi beberapa produk yang paling banyak diburu masyarakat lewat Tokopedia di subkategori Fesyen Wanita. Sementara produk Fesyen Pria terlaris adalah kaos, kemeja dan kaos kaki," ungkap Ekhel.

Baca Juga: Contoh Deskripsi Toko di Tokopedia yang Bikin Ramai

Di kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh, produk paling laku antara lain krim dan pembersih wajah, serum wajah dan parfum. Sedangkan di kategori Makanan dan Minuman, keripik, kopi dan buah-buahan menjadi produk yang paling diserbu masyarakat.

Di sisi lain, pada kategori Ibu dan Anak, produk sabun dan sampo bayi, popok sekali pakai, krim dan pelembab bayi merupakan produk terpopuler. Pada kategori Rumah Tangga, masyarakat paling banyak membeli pupuk, benih bibit tanaman serta sprei dan bed cover.

"Selain mengadakan berbagai kampanye, Tokopedia terus memperkuat inisiatif berpendekatan Hyperlocal demi mendekatkan penjual dan pembeli di mana pun mereka berada, misalnya Kumpulan Toko Pilihan dan Dilayani Tokopedia," jelas Ekhel.

Baca Juga: Gerakan Tokopedia Hijau Diluncurkan, Ajak UMKM dan Masyarakat Usung Produk Ramah Lingkungan

Berkat inisiatif berpendekatan Hyperlocal tersebut, Tokopedia mencatat di awal 2023, pengiriman terjauh terjadi dari Medan ke Jayapura.

Inisiatif Hyperlocal juga turut mendorong peningkatan jumlah perempuan pembeli di Tokopedia paling tinggi di beberapa daerah, yaitu Lombok Utara (Nusa Tenggara Timur), Gianyar (Bali) dan Musi Rawas Utara (Sumatra Selatan).

Sementara itu, jumlah perempuan penjual di Tokopedia paling banyak meningkat di Manado (Sulawesi Utara), Tasikmalaya (Jawa Barat) dan Tanjung Pinang (Riau).

Baca Juga: Cara Aktifkan GoPay di Tokopedia Bisa Lewat HP Android dan iOS

Relevansi Tokopedia PLAY dan Tokopedia Affiliate di Era Social Commerce

Tokopedia PLAY. (Tokopedia)
Tokopedia PLAY. (Tokopedia)

Tokopedia menghadirkan sederet inovasi yang sesuai dengan kebutuhan di era social commerce dimana masyarakat cenderung mencari inspirasi atau hiburan sambil berbelanja atau sebaliknya. Salah satunya, kanal streaming video Tokopedia Play.

"Kesehatan, Makanan dan Minuman, Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Fesyen dan Rumah Tangga menjadi beberapa kategori paling laris di Tokopedia PLAY di awal tahun 2023. Salah satu pembelian tercepat terjadi dalam waktu 2 detik untuk produk sendok dan garpu," kata Ekhel.

Ada pula Tokopedia Affiliate untuk mempermudah siapa pun memperoleh komisi dengan cara merekomendasikan jutaan produk atau toko di Tokopedia melalui media sosial, serta memberikan nilai tambah pada strategi pemasaran para pegiat usaha.

"Jumlah pengguna aktif Tokopedia Affiliate pada Januari 2023 naik hampir 6 kali lipat dibandingkan dengan akhir bulan pertama Tokopedia Affiliate diluncurkan. Kategori produk yang paling banyak direkomendasikan lewat Tokopedia Affiliate, yaitu Makanan dan Minuman, Rumah Tangga, Elektronik, Kesehatan serta Olahraga dan Hobi," tutup Ekhel.

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak