Startup EV Zypp Electric Raih Pendanaan Rp 378 Miliar dari Gogoro

Zypp Electric, startup EV yang menawarkan layanan kendaraan listrik dan pengiriman barang asal India.

Agung Pratnyawan
Kamis, 09 Februari 2023 | 09:09 WIB
Startup EV Zypp Electric. (Zypp Electric)

Startup EV Zypp Electric. (Zypp Electric)

Hitekno.com - Zypp Electric, startup EV atau kendaraan listrik asal India mendapatkan pendanaan 25 juta dolar AS atau setara dengan Rp 378 miliar. Dana sebesar ini ia dapatkan dari Gogoro asal Taiwan.

Selama ini diketahui kalau Zypp Electric menawarkan platform EV-as-a-service yang melayani perusahaan ecommerce dan para pekerja layanan pengiriman barang.

Pendanaan yang diberikan raksasa kendaraan listrik asal Taiwan kepada Zypp Electric ini sebagai kemitraan strategis antara dua perusahaan, juga sebagai langkah Gogoro masuk ke pasar India.

Baca Juga: Apa Itu Angel Investor, Apakah Startup Selalu Membutuhkannya?

Zypp Electric akan menggunakan dana tersebut untuk memperluas armadanya dari 10.000 menjadi 200.000 sepeda motor listis. Juga memperluas jangkauannya ke 30 kota di India pada Desember 2025.

Startup EV ini bertujuan untuk memperluas pengiriman jarak jauh di negara Asia Selatan. Yakni dengan menawarkan armada sepeda motor listrik untuk perusahaan berbagi transportasi, dan perusahaan pengiriman ecommerce, makanan, bahan makanan dan obat-obatan.

Zypp Electric melayani persusahaan seperti BigBasket, Flipkart, Jio Mart, Rapido, Swiggy, Tata 1mg, Zepto dan Zomato.

Baca Juga: Jangkau Arab Saudi, Terra Drone Raih Pendanaan dari Anak Usaha Aramco

Pelanggan armada mendapatkan fitur tambahan seperti dukungan pengendara cadangan khusus, panel pedagang, pelacakan pengendara, integrasi API, dan dukungan banyak pesanan, kata perusahaan itu.

Sepeda Motor Listrik Layanan Zypp Electric. (Zypp Electric)
Sepeda Motor Listrik Layanan Zypp Electric. (Zypp Electric)

Startup asal India ini juga memungkinkan pekerja layanan pengiriman barang pertunjukan menyewa sepeda motor listrik melalui langganan harian, mingguan, atau bulanan.

Sebagai bagian dari langganan, pelanggan dapat memiliki akses ke aplikasi Zypp yang memungkinkan mereka melihat apa yang harus dikirim, ke mana harus dikirim, sepeda motor listrik mana yang akan digunakan, dan cara menagih.

Baca Juga: Platform Ecommerce Plugo Raih Pendanaan 9 Juta Dolar AS

Saat ini, layanan pengiriman barang hanya menghasilkan 20% dari pendapatan Zypp Electric, dengan sisanya berasal dari pendapatan armada EV seperti dimuat runch.

Namun startup EV ini melihat peningkatan yang lebih, bahkan menjanjikan para pekerja pengiriman barang yang menggunakan platform Zypp Electric bisa berhemat sampai 50 persen dibandingkan pengguna sepeda motor bensin.

"Saya ingin mengatakan bahwa setiap orang di India, siapa pun yang ingin melakukan pengiriman, tidak boleh membeli sepeda, sebaiknya hanya menyewa sepeda dari Zypp dan dapatkan penghasilan melalui platform ini karena ini membantu Anda dengan mengklik tombol semuanya," kata Akash Gupta, co-founder dan CEO Zypp Electric.

Baca Juga: Platform Investasi Aset Kripto PINTU Raih Pendanaan Seri B 113 Juta Dolar AS

Dalam lebih dari lima tahun sejak pendiriannya, Zypp Electric telah menyelesaikan 15 juta pengiriman dan telah bekerja dengan 10.000 pekerja pengiriman barang.

Penggalangan dana putaran seri B senilai 25 juta dolar AS dipimpin oleh Gogoro, yang melibatkan berbagai investor baru seperti Goodyear Ventures, 9Unicorns, We Founder Circle, dan LetsVenture.

Dengan modal tersebut, Zypp Electric hendak memperluas jangkauannya ke kota-kota India lain seperti Ahmedabad, Hyderabad, Jaipur dan Mumbai.

Investasi Gogoro baru-baru ini juga diharapkan mampu membawa Zypp Electric ke pasar luar India. Startup EV ini mengincar Asia Tenggara, UEA, dan Eropa sebagai pasar global potensial pertamanya.

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak