Channel YouTube Kena Hack, Raditya Dika Apa Ungkap Penyebabnya

Kenapa channel YouTube Raditya Dika bisa kena hack, simak penjelasan Youtuber tersebut.

Agung Pratnyawan
Senin, 02 Januari 2023 | 15:37 WIB
Raditya Dika. (YouTube)

Raditya Dika. (YouTube)

Hitekno.com - Channel YouTube Raditya Dika sempat kena hack beberapa waktu lalu, namun kini telah kembali. Setelahnya, Raditya Dika mengungkap penyebab kenapa channel YouTube kena hack yang dialaminya.

YouTuber ini sempat tidak bisa mengakses channel YouTube miliknya saat kena hack dalam beberapa hari. Raditya Dika menduga kalau channel YouTube miliknya bisa kena hack karena adanya serangan phising.

Awalnya Youtuber ini bercerita kalau dirinya bukan satu-satunya pemilik channel YouTube yang kanalnya diretas. Sebelumnya Chandra Liow, Arief Muhammad, Denny Sumargo, hingga Ria Ricis jadi korban channel YouTube kena hack.

Baca Juga: Channel YouTube Raditya Dika Kena Hack, Jadi Live Elon Musk?

Berangkat dari sana, Raditya Dika kemudian mencari tahu langkah-langkah apa yang bisa mencegah kanal YouTubenya lebih aman dan tidak kembali diretas.

"Setiap kali gue denger berita youtuber-youtuber ini kena hack, gua langsung mencari tahu nih bagaimana mitigasinya, supaya gua suatu saat itu enggak bisa kena," katanya dalam video Raditya Dika berjudul Drama YouTube Kena Hack, dikutip Senin (2/1/2023).

Salah satu yang ia dapatkan adalah jangan pernah membuka email atau semacam penawaran yang mengharuskan pengguna mengunduh sebuah file atau login ke suatu situs yang mencurigakan.

Baca Juga: Main Mobile Legends Bareng Istri, Raditya Dika Keluhkan Hal Ini

"Itu yang gue jamin pertama kali karena itu namanya phising kan biasanya," lanjut Raditya Dika.

Dia bercerita, email penawaran kerja sama ini kerap kali menawarkan daftar harga (price list) kepada para YouTuber. Tetapi ketika dibuka, situs itu mengharuskan pengguna untuk login.

"Jadi gue tahu bahwa salah satu caranya adalah dengan cara phising," katanya.

Baca Juga: Raditya Dika Pamer Main Stardew Valley, Bikin Anissa Anissa Aziza Sebel

Radit mengungkapkan kalau email penawaran ini kerap muncul tiga sampai empat kali dalam sebulan. Penipuan berupa serangan phising yang terakhir kali dialami Radit adalah berasal dari seseorang yang mengaku dari pihak Amazon.

"Sudah ngobrol panjang lebar ternyata kok makin lama makin mencurigakan gitu. Balas-balasan email terakhir dikasih nomornya dia, dikasih program kita ngecek gitu ke Amazonnya langsung dan ternyata memang itu palsu. Jadi kita tuh hampir banget kena yang seperti itu," paparnya.

Setelahnya, Raditya Dika memutuskan untuk meningkatkan keamanan untuk akun YouTube dengan cara menolak email yang mencurigakan, kembali mengecek apakah benar kalau itu dari pihak resmi, hingga two step verification untuk login.

"YouTube gue pun juga gue pribadi yang kelola. Jadi tim member gue itu cuma gue kasih privilege-nya hanya menjadi editor. Jadi dia enggak bisa mengubah apapun di YouTube gue yang berhubungan dengan administrasi. Jadi cuma bisa upload dan lain-lain," jelas Radit.

Itulah penjelasan Raditya Dika soal channel YouTube miliknya bisa kena hack. Dan ternyata sempat menimpa Youtuber ternama lainnya juga. (Suara.com/ Dicky Prastya)

Berita Terkait

TERKINI

The Glass Room: Misinformation Edition dikembangkan oleh LSM internasional Tactical Tech yang berbasis di Berlin.
internet | 09:58 WIB
PANDI akan terus menggenjot pertumbuhan nama domain .ID khususnya domain BIZ.ID yaitu salah satunya dengan cara melakukan penurunan harga.
internet | 09:50 WIB
Makin banyak opsi cara bayar tagihan internet, berikut ini bagaimana cara bayar tagihan internet di Kantor Pos.
internet | 07:36 WIB
Bocornya penampakan layar ponselnya Dian Sastro terjadi ketika dia memperlihatkan video dari Srikandi Vokasi kepada Vincent dan Desta.
internet | 18:10 WIB
Atta Halilintar menduduki posisi pertama dan dibawahnya diikuti oleh channel YouTube milik Raffi Ahmad serta Denny Sumargo.
internet | 18:02 WIB
Saat akan memotongnya, netizen ini melongo usai tahu bahwa bagian dalam kue ulang tahun tersebut bukanlah kue tart pada umumnya.
internet | 15:45 WIB
Kehadiran ChatGPT Open AI dikhawatirkan akan menjadi kematian Google di masa yang akan datang.
internet | 17:01 WIB
Gadis tersebut bertanya sambil mencondongkan bagian depan tubuhnya seakan ingin menempel dengan tubuh driver ojol.
internet | 16:24 WIB
Payback, drama Korea penuh aksi yang sudah mulai masa penayangannya. Tonton melalui link ini.
internet | 15:36 WIB
Prabowo muda nampak necis dengan kemeja berwarna gelap, celana khaki yang membuatnya terlihat begitu rapi.
internet | 13:56 WIB
New Primagama X Danamon Mencari Juara merupakan program yang bertujuan untuk menguji kemampuan siswa-siswi dengan soal-soal berstandar olimpiade.
internet | 12:19 WIB
Hacker retas website PPID Kominfo Magelang hingga mengubahnya jadi situs judi online.
internet | 07:52 WIB
Yup kamu bisa langganan HBO GO dengan memakai pulsa Telkomsel, pastinya jadi bisa nonton The Last of Us.
internet | 07:43 WIB
Siap-siap Ketagihan, First Media Sekarang Punya Rasa yang Berbeda dengan Kecepatan Internet hingga Lima Kali Lebih Kencang
internet | 20:21 WIB
Polisi dalam video berdurasi 1 menit 19 detik itu adalah Bripka Rahmat Hidayad, Banit Kamsel Satlantas Polres Bireuen, Polda Aceh.
internet | 17:24 WIB
Pada video yang kini viral di media sosial Tiktok tersebut, tampak tukang cukur langganan Rafathar yang tengah digoda teman-temannya.
internet | 17:18 WIB
"Buset gajinya udah kayak direktur," kata netizen.
internet | 16:05 WIB
Suasana jadul yang kental dengan tahun 1940 lalu ini begitu terasa di foto jadul tersebut.
internet | 15:03 WIB
Tampilkan lebih banyak