Petinggi FBI Mengklaim bahwa China Curi Data Warga AS secara Besar-besaran, Aplikasi Ini Jadi Sorotan

Pencurian data yang dilakukan pada warga Amerika Serikat lebih banyak dibanding negara lain melalui aplikasi yang satu ini.

Cesar Uji Tawakal
Rabu, 16 November 2022 | 19:33 WIB
Ilustrasi TikTok. (Pixabay)

Ilustrasi TikTok. (Pixabay)

Hitekno.com - Pernyataan kepala FBI muncul hanya sehari setelah Presiden Joe Biden bertemu dengan pemimpin China Xi Jingping dalam upaya untuk memperbaiki hubungan yang rusak antara kedua negara.

Pertemuan itu hangat tetapi blak-blakan, dan mencakup operasi militer Rusia di Ukraina, ketegangan di Selat Taiwan, dan uji coba rudal Korea Utara.

Dilansir dari Sputnik News, Christopher Wray, direktur Biro Investigasi Federal, mengatakan kepada Komite Keamanan Dalam Negeri DPR bahwa China telah mencuri lebih banyak data dari bisnis dan orang pribadi Amerika daripada negara lain mana pun.

Baca Juga: 6 Rekomendasi HP Murah 1 Jutaan: Baterai Serba Jumbo, Apa Saja Opsinya?

Salah satu masalah keamanan utama yang mengkhawatirkan Wray adalah aplikasi media sosial TikTok, yang dimiliki oleh Bytedance yang berbasis di Beijing, dan tunduk pada Undang-Undang Intelijen Nasional China 2017 yang mengharuskan warga negara dan bisnis untuk membantu dalam pengumpulan intelijen, dan untuk berbagi intelijen yang dikumpulkan.

"Program peretasan China yang luas adalah yang terbesar di dunia dan mereka telah mencuri lebih banyak data pribadi dan bisnis orang Amerika daripada gabungan setiap negara lain," kata Wray, yang menjabat sebagai asisten jaksa agung di bawah mantan Presiden George W. Bush.

Ilustrasi TikTok. (Pixabay/kantonbe)
Ilustrasi TikTok. (Pixabay/kantonbe)

"Kami memang memiliki masalah keamanan nasional setidaknya dari akhir FBI tentang TikTok," kata Wray.

Baca Juga: Qualcomm dan Adobe Jalin Kolaborasi, Ternyata Ini Tujuannya

"Mereka termasuk kemungkinan bahwa pemerintah China dapat menggunakannya untuk mengontrol pengumpulan data pada jutaan pengguna.  Atau mengontrol algoritma rekomendasi, yang dapat digunakan untuk operasi pengaruh jika mereka memilihnya. Atau untuk mengontrol perangkat lunak pada jutaan perangkat, yang memberinya kesempatan untuk berpotensi membahayakan perangkat pribadi secara teknis."

Wray menambahkan bahwa "ada sejumlah kekhawatiran di sana tentang apa yang sebenarnya terjadi dan benar-benar dilakukan" sehubungan dengan apakah TikTok berbagi informasi data dengan pemerintah China atau tidak, yang detailnya masih belum diketahui.

Kekhawatiran pejabat itu sebelumnya telah disinggung oleh mantan Presiden AS Donald Trump dan Senator Marco Rubio (R-FL) dan Mark Warner (D-VA), serta Brendan Carr, komisaris Komunikasi Federal Partai Republik yang sebelumnya menyerukan Google dan Apple untuk melarang aplikasi dari toko mereka.

Baca Juga: Update Harga Samsung Galaxy M22 November 2022, Harga Second-nya Turun Ratusan Ribu Rupiah!

Faktanya, baik Rubio dan Perwakilan Mike Gallagher (R-WI) baru-baru ini menyerukan larangan habis-habisan terhadap TikTok dalam sebuah opini yang mengutip tuduhan penyalahgunaan aplikasi yang dirasakan China, yang dapat digunakan untuk melacak lokasi ponsel dan mengumpulkan data penjelajahan Internet.

Sementara itu, beberapa cabang pemerintah termasuk militer telah melarang pekerja mereka memiliki aplikasi di ponsel mereka.

TikTok, salah satu aplikasi paling populer di dunia, memiliki lebih dari 1 miliar pengguna (per September 2021), dan memiliki CEO Silicon Valley yang mencoba mencari tahu bagaimana mereka dapat bersaing dengan perusahaan yang berbasis di Beijing itu.

Berita Terkait
TERKINI

Garmin Run ini akan berlangsung pada 29 September 2024 mendatang di ICE BSD, Tangerang....

internet | 10:25 WIB

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB
Tampilkan lebih banyak