Bukan Hanya Data Pengguna MyPertamina, Deretan Data Pribadi Ini Dijual Bebas di Breached Forum

Kasus kebocoran data pengguna milik warga Indonesia sudah cukup sering ditemukan di situs Breached Forums.

Amelia Prisilia

Posted: Senin, 14 November 2022 | 14:35 WIB
Ilustrasi hacker. (Pexels/Sora Shimazaki)

Ilustrasi hacker. (Pexels/Sora Shimazaki)

Hitekno.com - Beberapa waktu yang lalu, publik digegerkan dengan aksi hacker Bjorka yang bocorkan sejumlah data pribadi warga Indonesia ke Breached Forum. Menelusuri situs tersebut, tim HiTekno menemukan beberapa data penting yang beredar secara bebas.

Saat pertama kali muncul, hacker dengan nama samaran Bjorka ini membocorkan 1,3 miliar data pribadi yang didapat dari registrasi kartu SIM. Menyusul kemudian, Bjorka juga membocorkan data penduduk Indonesia yang berasal dari database KPU.

Terbaru, netizen melaporkan bahwa setidaknya ada 44 juta data pengguna aplikasi MyPertamina yang bocor di Breached Forum. Bjorka menjual 44 juta data pengguna ini dengan harga 25.000 dolar AS atau setara dengan Rp 392 juta. Di situs tersebut, data ini berjudul "MyPertamina Indonesia 44 Million".

Baca Juga: Manfaatkan Medium Print, HP Bekali Anak Muda dengan Keterampilan untuk Era Digital

Setelah ditelusuri, kasus kebocoran data pengguna milik warga Indonesia sudah cukup sering ditemukan di situs Breached Forums. Berdasarkaan penelusurn tim HiTekno di Breached Forums, Senin (14/11/2022), setidaknya ada 7 data lainnya yang bocor.

7 data tersebut antara lain, data NIK, data Kartu Keluarga, data logistik Indonesia, data alumni Universitas Brawijaya, data Pemerintah Kota Denpasar, data Bank Indonesia, informasi KTP hingga NPWP.

Bjorka bocorkan 44 juta data pengguna MyPertamina. (twitter/secgron)
Bjorka bocorkan 44 juta data pengguna MyPertamina. (twitter/secgron)

Deretan kebocoran data pribadi warga Indonesia ini tidak hanya diunggah oleh akun Bjorka. Beberapa akun lainnya membawa nama berbeda saat membukan forum yang mengungkap sejumlah data pribadi warga Indonesia ini.

Baca Juga: Dikonfirmasi, Oppo A1 Pro Siap Meluncur di Tanggal Ini

Sebagai informasi, Breached Forum diketahui merupakan situs yang digunakan untuk melakukan diskusi secara online. Situs ini bisa diakses di lama breached.to dan bisa digunakan oleh siapa saja.

Tidak diketahui dengan pasti mengenai cara pemerintah menangani masalah data pribadi yang dijual bebas di Breached Forum ini. Pasalnya, hingga kini belum ada konfirmasi resmi dari pihak terkait.

Baca Juga: Habib Husein Jafar, Pamer Sedang Baca Komik One Piece, Netizen: Selamat Bergabung Bersama Nakama

Berita Terkait
Berita Terkini

Melalui RUPS, Arkadia Digital Media melaporkan peningkatan pendapatan hingga 40 persen selama 2023....

internet | 11:18 WIB

pentingnya memahami tentang bahaya yang mengancam pusat data dan bagaimana penanggulangannya....

internet | 11:34 WIB

Ingin mencoba trading kripto? Berikut adalah 5 opsi crypto wallet yang layak dicoba....

internet | 16:37 WIB

Apa saja yang baru dalam update WhatsApp ini?...

internet | 10:10 WIB

Rencana Transaksi ini masih dalam tahap evaluasi awal, di mana Axiata dan Sinar Mas memiliki tujuan untuk tetap menjadi ...

internet | 10:12 WIB