Twitter Akan Tarik Biaya ke Akun Centang Biru?

Apa yang didapatkan akun centang biru dengan membayar ke Twitter?

Agung Pratnyawan
Jum'at, 04 November 2022 | 15:15 WIB
Ilustrasi Twitter. (Pixabay/geralt)

Ilustrasi Twitter. (Pixabay/geralt)

Hitekno.com - Elon Musk sebagai pemilik baru Twitter akan melakukan banyak perubahan signifikan pada platform media sosial ini. Saperti laporan paling baru, menyebutkan kalau Twitter akan menarik biaya bagi akun centang biru atau akun terverifikasi.

Dikutip tim HiTekno.com dari Suara.com, Elon Musk yang kini jadi pemilik Twitter berencana untuk mengenakan biaya bulanan bagi pengguna akun centang biru.

Biaya yang bulanan akan dikenakan itu senilai 8 dolar AS atau sekitar Rp 126 ribu jika dihitung dengan kurs 15.752/dolar AS.

Baca Juga: Siapkan Pesangon, Elon Musk Dilaporkan Ingin PHK 3.700 Karyawan Twitter

Hal ini disampaikan Elon Musk dalam cuitannya pada Rabu (2/11/2022) Musk mengatakan, pola langganan tersebut akan diberikan untuk membedakan bangsawan dan akun orang biasa di Twitter.

"Sistem lords & peasents Twitter saat ini untuk siapa yang memiliki atau tidak memiliki tanda centang biru adalah omong kosong. Kekuatan untuk rakyat! Biru seharga 8 dolar AS /bulan," tulis Elon Musk dalam sebuah cuitannya.

Meski telah menetapkan biaya sebesar 8 dolar AS perbulan, Elon Musk mengatakan, nantinya harga tersebut akan disesuaikan di tiapnegara dengan memperhitungkan daya beli masyarakat di negara tersebut.

Baca Juga: Pengguna Twitter dengan Centang Biru Wajib Bayar, Segini Tarifnya

Dalam cuitannya pula, bos SpaceX ini juga mengatakan ada sejumlah keuntungan atau manfaat yang bisa didapat pengguna yang berlangganan atau memiliki centang biru di Twitter.

Apa saja keuntungan yang bisa didapat dengan membayar Rp126 ribu perbulan? Berikut penjelasan Elon Musk.

  1. Prioritas dalam Reply, Mention dan Search, yang penting untuk mengalahkan spam/scam
  2. Kemampuan untuk memposting video dan audio panjang
  3. Lebih sedikit iklan
  4. Akses Gratis pada konten berbayar di luar Twitter, seperti jurnal sains.
  5. Untuk publik figur, mereka akan mendapatkan tag tambahan

 

Baca Juga: Elon Musk Kuasai Twitter, Akun Verified Wajib Bayar Biaya Bulanan

Elon Musk. (YouTube/ The Boring Company)
Elon Musk. (YouTube/ The Boring Company)

Elon Musk lalu tidak menjelaskan dengan rinci poin-poin di atas, namun setidaknya hal tersebut menjadi gambaran mengenai keuntungan atau manfaat yang bisa didapat pengguna jika berlangganan centang biru di Twitter.

Miliarder itu menambahkan, dengan sistem berlangganan tersebut, maka ada perputaran uang baru di Twitter yang dapat digunakan untukmemberikan penghargaan untuk para konten kreator di Twitter.

Namun bisa jadi kebijakan berlangganan ini akan batal diberlakukan, sebab Elon Musk dinilai memiliki kecenderungan untuk berubah pikiran dengan cepat.

Baca Juga: Layanan IG Bermasalah, Meme Instagram Down Viral di Twitter

Dengan begitu, pengumuman yang diberikan oleh Elon Musk sebaiknya diterima terlebih dahulu tanpa harapan-harapa nyang muluk terlebih dahulu.

Sebab, bisa jadi hal yang diutarakan Elon Musk tersebut bukanlah rangkaian fitur yang diberikan paket berlangganan Twitter.

Rencana langganan ceklis biru tuai pro dan kontra

Belum juga diberlakukan, rencana penerapan sistem langganan centang biru pada Twitter menuai respon negatif dari penggunanya.

Salah satunya diutarakan oleh penulis Stephen King. Ia mengaku menentang rencana pemberlakuan sistem langganan pada akun centang biru di Twitter.

Hal itu ia sampaikan melalui kicauannya di akun Twitter miliknya beberapa waktu lalu.

"$20 per bulan untuk tetap mendapat centang biru? Persetan. Mereka seharusnya membayar saya. Jika itu benar terjadi. Saya akan menghilang seperti Enron," demikian cuitan King di akun Twitternya.

Itulah laporan terkini dari Elon Musk yang ingin menarik biaya dari akun centang biru di Twitter. (Suara.com/ Damayanti Kahyangan)

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak