Tempe Mendoan Ramaikan Google Doole Hari Ini, Ini Penjelasan Seniman yang Menggambarnya

Reza Dwi Setyawan, seniman asal semarang yang menggambar ilustrasi tempe di Google Doodle hari ini.

Agung Pratnyawan
Sabtu, 29 Oktober 2022 | 16:34 WIB
Google Doole tampilkan ilustrasi tempe mendoan karya Reza Dwi Setyawan. (Google)

Google Doole tampilkan ilustrasi tempe mendoan karya Reza Dwi Setyawan. (Google)

Hitekno.com - Google Doodle hari ini, Sabtu (29/10/2022) diramaikan dengan munculnya ilustrasi tempe mendoan. Ada apa sampai tempe mendoan masuk ke halaman depan Google?

Kamu bisa menemukan Google Doodle tempe mendoan tersebut dapat ditemukan di halaman awal pencarian situs pencari ternama itu.

Gambar itu menampilkan ilustrasi tempe yang terbungkus daun pisang dan dipotong di atas talenan berbentuk persegi panjang.

Baca Juga: Google Doodle Rayakan HUT 77 RI dengan Tema Tradisi Balap Perahu

Tak hanya itu, Google Doodle juga memperlihatkan seorang perempuan membawa nampan besar berbentuk lingkaran yang menjadi huruf O dalam kata Google.

Nampan tersebut berisi tempe mendoan, variasi tempe yang digoreng dengan tepung dan memiliki sambal kecap sebagai pelengkap.

Pembuat ilustrasi Google Doodle tempe mendoan ini diketahui bernama Reza Dwi Setyawan, seniman asal Semarang, Jawa Tengah. Ia juga menggambar tempe yang umum ditemukan di penjual gorengan.

Baca Juga: 9 Game Google Doodle yang Bisa Kamu Mainkan Tanpa Aplikasi Tambahan

Makanan dengan kandungan protein nabati bergizi ini merupakan makanan fermentasi berusia 400 tahun yang berasal dari Indonesia dan biasanya terbuat dari kedelai, tetapi juga dapat dibuat dari kacang-kacangan dan biji-bijian lainnya dengan proses fermentasi yang sama.

Doodle Google menampilkan tempe mendoan, yang merupakan bagian ikonik dari masakan Indonesia dan dinyatakan sebagai Warisan Budaya Takbenda pada hari ini pada 2021.

Menurut laman resmi Google Doodle, tempe pertama kali didokumentasikan pada 1600-an di Desa Tembayat, Klaten, Jawa Tengah, dan tercatat dalam Serat Centhini, kompilasi dua belas jilid kisah dan ajaran Jawa yang ditulis dalam bentuk syair serta diterbitkan pada 1814.

Baca Juga: Hari Valentine 2022, Google Doodle Hadirkan Game Ini

Tempe tidak hanya populer di Indonesia. Orang-orang di seluruh dunia biasanya mengonsumsi tempe sebagai pengganti daging, dipadukan dengan nasi dan sayuran. Ini menawarkan berbagai manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan usus dan otak.

Kaya akan nutrisi seperti protein, serat, prebiotik, dan vitamin B12, makanan berbahan dasar kedelai ini menjadi pilihan populer bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia dan muncul di kalangan pecinta kesehatan di seluruh dunia.

Berbagai daun dapat digunakan untuk membungkus tempe selama fermentasi. Daun waru, jati, dan jambu adalah penggunaan daun yang paling tua, sedangkan penggunaan daun pisang adalah yang paling populer di Indonesia.

Baca Juga: Mengenal Sandiah Ibu Kasur, Sosok yang Diperingati Google Doodle Hari Ini

Selain itu, ada banyak cara untuk mengonsumsi tempe, tetapi tempe goreng telah menjadi hidangan tempe yang paling populer. Tempe goreng biasanya dipadukan dengan berbagai jenis sambal dan kecap manis.

Reza Dwi Setyawan sendiri berharap tempe lebih dikenal di luar Indonesia. Google doodle tempe ini tidak hanya muncul di halaman awal penelusuran di Indonesia, namun juga di Thailand, Jepang, Austria, Swiss, Inggris, dan Islandia.

Seperti yang diketahui, jika pengguna mengklik ikon tempe di Google doodle, maka pengguna akan mendapatkan seluruh artikel atau berita tentang tempe. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak