Pengertian Apa Itu E-commerce, Sejarah dan Cara Kerjanya

Lengkap, ini penjelasan apa itu E-commerce hingga sejarh dan cara kerjanya.

Agung Pratnyawan
Minggu, 02 Oktober 2022 | 13:30 WIB
Ilustrasi website toko online. (Pixabay/200degrees)

Ilustrasi website toko online. (Pixabay/200degrees)

Hitekno.com - E-commerce tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun apa itu E-commerce dan penjelasnnya? E-commerce dikenal sebagai perdagangan elektronik atau perdagangan internet, mengacu pada pembelian dan penjualan barang atau jasa menggunakan internet, transfer uang dan data untuk melakukan transaksi ini.

E-commerce biasanya digunakan untuk merujuk pada penjualan produk fisik secara online, tetapi juga dapat menggambarkan segala jenis transaksi komersial yang difasilitasi melalui internet.

Baca Juga: - Apa Itu Dropship? Cara Kerja dan Manfaatnya untuk Online Shop - Apa Itu Fanboy Secara Umum dan Ciri-Cirinya - Mengenal Apa Itu Pinjol: Ini Bedanya yang Legal dan Ilegal, Jangan Sampai Salah Pilih - Sempat Diblokir, Kenali Apa Itu Paypal dan Begini Cara Pakainya di Indonesia

Berbeda dengan e-bisnis yang mengacu pada semua aspek operasi bisnis online, e-commerce mengacu secara khusus pada transaksi barang dan jasa.

Berikut ini penjelasan apa itu E-commerce dari sejarah hingga jenis-jenis dan cara kerjanya yang dirangkum tim HiTekno.com untuk kamu.

Sejarah E-commerce

Sejarah e-commerce dimulai dengan penjualan online pertama pada 11 Agustus 1994, seorang pria menjual CD dari band Sting kepada temannya melalui situs webnya NetMarket, sebuah platform ritel Amerika. Ini adalah contoh pertama konsumen membeli produk dari bisnis melalui World Wide Web atau “e-commerce” seperti yang biasa kita kenal sekarang.

Sejak itu, e-commerce telah berkembang untuk membuat produk lebih mudah ditemukan dan dibeli melalui pengecer online dan pasar. Pekerja lepas independen, usaha kecil, dan perusahaan besar semuanya mendapat manfaat dari e-commerce, yang memungkinkan mereka untuk menjual barang dan jasa dalam skala yang tidak mungkin dilakukan dengan ritel offline.

Sejarah E-commerce terus berlanjut. Dan kini penjualan e-commerce ritel global diproyeksikan mencapai $27 triliun pada tahun 2020.

Ilustrasi Toko Online. (Pixabay/JurnalMin)
Ilustrasi Toko Online. (Pixabay/JurnalMin)

Contoh E-commerce

E-commerce dapat mengambil berbagai bentuk yang melibatkan hubungan transaksional yang berbeda antara bisnis dan konsumen, serta berbagai objek yang dipertukarkan sebagai bagian dari transaksi ini.

  1. Ritel
    Penjualan produk oleh perusahaan langsung ke pelanggan tanpa perantara.
  2.  Grosir
    Penjualan produk dalam jumlah besar, seringkali ke pengecer yang kemudian menjualnya langsung ke konsumen.
  3. Dropship
    Penjualan produk, yang diproduksi dan dikirim ke konsumen oleh pihak ketiga.
  4. Pre Order
    Pengumpulan dana dari konsumen sebelum produk tersedia untuk meningkatkan modal awal yang diperlukan untuk membawanya ke pasar.
  5. Berlangganan
    Pembelian berulang secara otomatis dari suatu produk atau layanan secara teratur sampai pelanggan memilih untuk membatalkan.
  6. Produk fisik
    Setiap produk barang berwujud yang membutuhkan persediaan untuk diisi ulang dan pesanan untuk dikirim secara fisik ke pelanggan saat penjualan dilakukan.
  7. Produk digital
    Barang digital, template, kursus, atau media yang dapat diunduh yang harus dibeli untuk dikonsumsi atau dilisensikan untuk digunakan.
  8. Layanan
    Keterampilan yang diberikan sebagai imbalan atas kompensasi. Waktu penyedia layanan dapat dibeli dengan biaya yang sudah ditentu.

Cara Kerja E-commerce

Cara Kerja E-commerce didukung oleh internet. Pelanggan mengakses toko online untuk menelusuri dan memesan produk atau layanan melalui smartphone atau PC. Saat pesanan dilakukan, browser web pelanggan akan berkomunikasi bolak-balik dengan server yang menghosting situs web e-commerce.

Data pesanan akan diteruskan ke komputer pusat yang dikenal sebagai manajer pesanan. Ini kemudian akan diteruskan ke database yang mengelola tingkat persediaan; sistem pedagang yang mengelola informasi pembayaran, menggunakan aplikasi seperti PayPal dan alat pembayaran online lainnya.

Lalu berputar kembali ke manajer pesanan. Hal ini untuk memastikan bahwa persediaan toko dan dana pelanggan cukup untuk pesanan diproses. Setelah pesanan dikonfirmasi, manajer pesanan akan memberi tahu server web toko. Ini akan menampilkan pesan yang memberitahukan pelanggan bahwa pesanan mereka telah berhasil diproses.

Manajer pesanan kemudian akan mengirim data pesanan ke gudang atau departemen, memberi tahu bahwa produk atau layanan dapat dikirim ke pelanggan.

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu e-commerce. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait

TERKINI

Suasana warkop berubah bak restoran bintang lima berkat pengamen bersuara emas ini.
internet | 09:43 WIB
Banyak daerah terpencil yang tak dijangkau sinyal, mungkin rencana pemerintah Inggris ini bisa jadi contoh yang patut diterapkan di Tanah Air.
internet | 09:24 WIB
Kominfo menyebutkan kalau dua operator seluler telah terkena gangguan (down).Yakni jaringan IndosatOoredoo Hutchison (IOH) danSmartfren.
internet | 20:45 WIB
Ternyata ini yang diharapkan oleh Elon pada program Twitter 2.0.
internet | 20:29 WIB
Bot yang berbahaya ada di mana-mana. Saat ini, banyak situs, login, dan aplikasi favorit konsumen yang diserang oleh bot.
internet | 19:03 WIB
Usai bersitegang dengan Twitter, kini Apple diklaim Elon Musk telah kembali memasang iklan ke platform media sosial tersebut.
internet | 18:49 WIB
Usai unggahan foto jadul kawasan Slipi, Jakarta Barat tahun 1997 ini menjadi viral di Instagram, berbagai komentar langsung saja ditinggalkan oleh netizen.
internet | 18:47 WIB
Berikut adalah perubahan UMK 2023 dan cara mengeceknya secara online lewat HP dan Laptop.
internet | 17:54 WIB
Berikut adalah sederet cara, syarat dan jadwal untuk mendaftar seleksi bersama rekrutmen BUMN Online.
internet | 16:23 WIB
Terlepas dari kehidupan artis yang dikenal glamor, Prilly Latuconsina tampil begitu sederhana saat sedang menekuni hobinya.
internet | 14:05 WIB
Video pria nekat beli motor saat mengeluh lelah jogging ini lalu dibanjiri dengan berbagai komentar dari netizen.
internet | 12:10 WIB
Reza Rahadian mengaku jika dirinya tidak tahu harus melakukan apa dengan akun Instagram.
internet | 11:43 WIB
Banyak penipu mengatasnamakan diri sebagai perwakilan dari Google dan menelpon pengusaha kecil untuk meminta sejumlah uang.
internet | 10:13 WIB
Uni Eropa mendesak Elon Musk untuk tak lagi menerapkan kebebasan berbicara dan mengaplikasikan sensor ketat di media sosial Twitter.
internet | 09:26 WIB
Saat membuka bungkus Oreo BLACKPINK tersebut, gadis ini tidak menemukan photocard Jennie, Lisa, Rose atau Ji Soo.
internet | 19:29 WIB
Melihat aksi pemilik rumah temukan ular di lubang pembuangan toilet ini, netizen langsung saja meninggalkan berbagai komentar.
internet | 18:53 WIB
Banyak netizen yang menduga jika wallpaper tersebut menjadi motivasi keduanya untuk kembali membawa pulang piala ke negara Tim Samba.
internet | 17:36 WIB
Melihat hal ini, netizen kemudian mengaku curiga dengan identitas tukang becak tersebut.
internet | 17:19 WIB
Tampilkan lebih banyak