Internet

Cristiano Ronaldo Jadi Bintang Sepak Bola Paling Berpengaruh di Instagram

Lionel Messi, Neymar,dan Kylian Mbappe masih kalah dari Cristiano Ronaldo soal pengaruhnya di Instagram.

Agung Pratnyawan

Bintang sepak bola Cristiano Ronaldo. (Instagram/Cristiano)
Bintang sepak bola Cristiano Ronaldo. (Instagram/Cristiano)

Hitekno.com - Hasil riset Nielsen InfluenceScope mendapati kalau Cristiano Ronaldo menjadi bintang sepak bola paling berpengaruh di Instagam. Ia melampui bintang-bintang sepak bola lainnya.

Menurut laporan Nielsen, pengaruh Cristiano Ronaldo di Instagram ini melampaui bintang sepak bola lainnya seperti Lionel Messi, Neymar, dan juga Kylian Mbappe.

Peringkat ini didapat dari pengukuran influencer Nielsen, InfluencceScope. Dengan memanfaatkan platform ini, Nielsen mampu mengukur jumlah dan pertumbuhan followers, engagement rate, serta rata-rata brand value dari tiap post yang ada di Instagram untuk menentukan pemain mana yang dapat memberikan Social Media Value tertinggi dengan biaya tertentu.

Spotlight

Cristiano Ronaldo, yang telah menjadi superstar global selama hampir 20 tahun dengan bermain untuk Manchester United, Real Madrid dan Juventus, mampu meningkatkan jumlah followers Instagramnya hingga dua kali lipat atau sekitar 47% dalam setahun terakhir.

Penyerang Paris Saint-Germain yakni Lionel Messi, Neymar, dan Kylian Mbappe berada diurutan setelah Ronaldo, masing-masing dengan nilai media rata-rata lebih dari $1 juta per postingan. Nilai media Messi lebih dari $2,6 juta per posting dan 358 juta pengikutnya berada di posisi kedua.

Sementara itu superstar baru dan muda dari Brazil, Vinícius Júnior, yang berhasil mencetak gol kemenangan Real Madrid di final Liga Champions 2022, pengikut Instagram-nya meningkat 90% pada musim lalu, menjadi pertumbuhan tertinggi dalam peringkat 10 pemain paling berpengaruh dalam riset Nielsen.

N’Golo Kanté, yang baru saja memenangkan Piala Dunia, Liga Champions, dan Liga Premier, memiliki engagement rate tertinggi dengan para followersnya dalam peringkat Nielsen, yaitu 11%. Kanté menjadi satu-satunya pemain Liga Premier Inggris yang berhasil menembus 10 peringkat teratas Nielsen.

Gelandang Barcelona dan Spanyol Gavi adalah Breakthrough Players teratas dalam indeks Nielsen tentang kemungkinan pemain Piala Dunia, posisi Gavi berada diatas Raphinha dan Antony dari Brasil.

Gavi, yang debut di Barcelona dan Spanyol pada tahun lalu, telah meningkatkan followersnya lebih dari 5000% sejak Agustus 2021 hingga mencapai 5,5 juta pengikut. Postingannya memiliki engagement rate yang luar biasa, hampir 30%.

Perpindahan Raphinha dari Leeds United ke Barcelona dan transfer Antony dari Ajax ke Manchester United pada Agustus 2022 ikut mendorong kedua pemain sayap ini untuk naik dalam jajaran Breakthrough Players.

Usia muda tidak menjadi syarat utama untuk dapat masuk ke jajaran 10 besar Breakthrough Players, hal ini terbukti dengan masuknya gelandang Argentina, Rodrigo De Paul dalam usianya yang ke 28 tahun. Rodrigo telah lima kali masuk dalam jajaran ini setelah meningkatkan jumlah followersnya pada tahun lalu hingga 5 juta. Engagement ratenya memiliki nilai lebih dari 13%.

Menjadi juara bertahan dunia, Prancis siap menuju ke Piala Dunia 2022 sebagai tim nasional paling berpengaruh di turnamen memimpin dari Brasil dan Portugal. Trio ini adalah satu-satunya tim nasional dengan lebih dari 10 juta pengikut.

64% penggemar Prancis berasal dari benua lain. Empat starter Prancis dalam 10 besar pesepakbola paling berpengaruh Nielsen (Mbappé, Benzema, Kanté dan Paul Pogba) telah meningkatkan jangkauan global dari Les Bleus, tetapi mereka masih memiliki daya tarik internasional yang lebih rendah daripada negara-negara sepakbola besar Eropa lainnya.

Sebanyak 86% penggemar yang mengikuti Portugal berasal dari luar negeri. 10,3 juta followers Portugal di Instagram berjumlah lebih dari populasi seluruh negara. Daya tarik internasional Ronaldo tentu berperan dalam popularitas global tim nasional Portugal.

Tim top Eropa lainnya seperti Inggris, Spanyol, Jerman, dan Belanda berhasil menarik penggemar dari luar negaranya hingga 70%. Seperti halnya Prancis dan Portugal, keempat tim ini telah memenangkan maupun masuk dalam babak final Piala Dunia atau Kejuaraan Eropa sejak 2010.

Diantara tim Afrika lainnya di media sosial, Maroko menjadi tim berpengaruh yang ada dalam Piala Dunia. Tim sepak bola Maroko berhasil mendorong pertumbuhan followers diantara 32 tim Piala Dunia selama setahun terakhir dan menikmati engagement rate sebegar 3,4%, tertinggi dalam peringkat 10 besar.

Bek sayap Maroko Achraf Hafiimi, posisi ke-8 di 10 Breakthrough Players teratas di Nielsen InfluenceScope, berkontribusi pada pertumbuhan jumlah followers tim nasional Maroko.

Dari 10 juta pengikut Hakimi, telah meningkat lebih dari dua kali lipat sejak ia bergabung dengan pemain-pemain seperti Messi, Mbappe dan Neymar di Paris Saint-Germain pada Juli 2021.

Kurang dari setengah dari 5,7 juta pengikut Meksiko di Instagram berasal dari luar negeri, terlepas lebih dari 25 juta orang Amerika mengklaim dirinya adalah bagian dari fandom El Tri menurut Nielsen Fan Insights.

Marco Nazzari, Managing Director of International Sport Nielsen mengatakan, "Dengan beragam atlet paling terkenal di dunia bersaing memperebutkan hadiah utama sepak bola, Piala Dunia, tentunya akan menarik perhatian hampir satu miliar orang. Acara ini memberikan peluang unik bagi brand untuk bermitra dengan pesepakbola yang tepat untuk secara efektif melibatkan target audiens mereka. Nielsen InfluenceScope mengevaluasi semua aspek pengaruh pemain tertentu sehingga brand dapat memastikan bahwa mereka menerima tingkat pengembalian yang sesuai berdasarkan investasi yang tepat."

Berita Terkait