Internet

Indonesia Dapat Sebutan Negara Open Source Usai Diserang Hacker, Aman atau Tidak?

Tak banyak yang tahu, simak ulasan terkait open source di bawah ini.

Amelia Prisilia

Ilustrasi hacker. (Pixabay/iAmMrRob)
Ilustrasi hacker. (Pixabay/iAmMrRob)

Hitekno.com - Usai serangan bertubi-tubi dari hacker yang membocorkan sejumlah data pribadi penduduk membuat netizen menyebut Indonesia sebagai negara open source. Tak banyak yang tahu, simak ulasan terkait open source di bawah ini.

Menyusul data penduduk Indonesia yang dijual oleh hacker, kini informasi mengenai data anggota Badan Intelijen Negara atau Bin juga bocor ke forum hacker terkenal yaitu BreachForums.

Hal ini yang lalu membuat netizen memberikan berbagai sindiran. Salah satu sindiran dari netizen mengenai sistem keamanan yang dirasa lemah ini lalu menyebut Indonesia sebagai negara open source.

Melansir dari situs resmi Kominfo, open source adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh satu individu atau lembaga pusat. Sistem ini biasanya dikelola oleh oknum-oknum yang memanfaatkan kode sumber yang tersedia secara bebas.

Secara sederhana, open source merupakan bagian dari pemrograman yang bisa digunakan untuk memperbaiki, memodifikasi dan menyebarkan keperluan pribadi hingga perusahaan tanpa perlu mengeluarkan biaya apapun.

Ilustrasi hacker. (Pixabay/ Pete Linforth)
Ilustrasi hacker. (Pixabay/ Pete Linforth)

Untuk memainkan sistem open source ini, oknum-oknum tersebut hanya memanfaatkan internet yang bisa menghubungkan aplikasi dan kode pemrograman yang dirancang secara khusus.

Terlepas dari sejumlah kekurangannya ini, open source sebenarnya adalah hasil transformasi digital yang maju dan sangat baik untuk guna perkembangan dunia digital di masa mendatang.

Sayangnya, terkadang open source bisa menjadi mimpi buruk jika dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga kemudian begitu merugikan.

Ilustrasi hacker. (Pixabay/ Gerd Altmann)
Ilustrasi hacker. (Pixabay/Gerd Altmann)

Sebutan mengenai Indonesia adalah negara open source jelas adalah sebuah sindiran yang seolah menyebut bahwa negara ini tidak memiliki sistem keamanan yang cukup dan aman untuk data-data pribadi.

Hingga kini, kasus serangan hacker ke data pribadi penduduk Indonesia ini menjadi sorotan publik hingga pemerintah terutama Kominfo. Sayangnya, masih belum ada penanganan serius terkait hal tersebut.

Berita Terkait