Internet

Lihat Foto Lawas Putri Keraton Berkunjung ke Mesir 1930-an, Netizen: Bangsawan Cantik

"Sosialita pada zamannya," kata netizen lain.

Rezza Dwi Rachmanta

Foto Gusti Nurul di Mesir pada tahun 1936. (Leiden University Libraries)
Foto Gusti Nurul di Mesir pada tahun 1936. (Leiden University Libraries)

Hitekno.com - Foto jadul dapat memperlihatkan betapa menawannya orang-orang tempo lawas. Sebuah potret lawas mengenai putri keraton yang mengunjungi Mesir di tahun 1930-an ini berhasil menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Dave Seta membagikan foto hitam putih menarik melalui forum INDONESIA TEMPO DOELOE.

Ia sebenarnya mengunggah ulang sebuah arsip online KITLV yang tersimpan pada situs Leiden University Library. Foto lawas itu menampakkan tiga orang yang sedang berfoto di depan patung raksasa Sphinx.

"Mangkoe Nagoro VII met zijn echtgenote Goesti Kandjeng Ratoe Timoer en hun dochter Goesti Raden Adjeng Siti Noeroel Koesoemowardani (midden) voor de Sfinx te Gizeh. (Mangkoe Nagoro VII bersama istrinya Goesti Kandjeng Ratoe Timur dan putrinya Goesti Raden Adjeng Siti Noeroel Koesoemowardani (tengah) di depan Sphinx di Giza)," bunyi keterangan yang tertulis di Leiden University Libraries.

Menurut keterangan di situs tersebut, foto ini direkam pada kisaran tahun 1936. Gusti Raden Ayu Siti Noeroel Kamaril Ngasarati Kusumawardhani atau akrab disebut sebagai Gusti Noeroel (Gusti Nurul) adalah sosok wanita cantik pada masanya.

Foto Gusti Nurul di Mesir pada tahun 1936. (Leiden University Libraries via Facebook INDONESIA TEMPOE DOELOE)
Foto Gusti Nurul di Mesir pada tahun 1936. (Leiden University Libraries via Facebook INDONESIA TEMPOE DOELOE)

Dikutip dari Wikipedia, ayah dari Gusti Noeroel merupakan seorang ningrat dari Solo yang beristrikan putri dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Ibu Gusti Noeroel adalah puteri ke-12 Sultan Hamengku Buwono VII dari permaisuri ketiga, G.K.R. Kencono.

Tak hanya netizen zaman now yang terpesona oleh Gusti Nurul, namun beberapa petinggi negeri ini juga pernah terpikat oleh gadis cantik tersebut. Konon Sutan Sjahrir hingga Bung Karno pernah jatuh hati pada Gusti Nurul.

Foto Gusti Nurul di Mesir pada tahun 1936. (Leiden University)
Foto Gusti Nurul di Mesir pada tahun 1936. (Leiden University)

Meski begitu, putri bangsawan tersebut akhirnya melabuhkan hatinya pada seorang militer berpangkat letnan kolonel yang bernama RM Soerjo Soejarso. Foto jadul Gusti Nurul waktu muda di Mesir pada tahun 1936 ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Ternyata budaya piknik sudah turun temurun dari zaman baheula oleh para sosialita pada zamannya," tulis Purca**an*o Ad*.

"The real sultan. Zaman segitu termasuk bagus bisa melancong ke luar negeri," balas B**bang S**ilo.

Foto jadul Gusti Noeroel. (Leiden University)
Foto jadul Gusti Noeroel. (Leiden University)

"Gusti Nurul muda ternyata mirip Ananda Jontoh," pendapat Si**i.

"Priyayi masih bisa tur kemana-mana saat itu, mantap!" komentar Sy**rul Y**y

"Salah satu bangsawan cantik pada masanya," puji M**m*d. Itulah tadi foto jadul Gusti Nurul di tahun 1936 yang berhasil menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kamu?

Berita Terkait