Internet

Penjelasan "This Song Is Currently Unavailable" di Instagram

Postingan Instagram kamu mendapati This Song Is Currently Unavailable, cek penjelasan ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Instagram. (pexels/Oleg Magni)
Ilustrasi Instagram. (pexels/Oleg Magni)

Hitekno.com - Apa itu "This Song Is Currently Unavailable" di Instagram? Akhir-akhir ini pemberitahuan "This Song Is Currently Unavailable" di Instagram sering kali muncul. Hal ini tentu membuat para pengguna bertanya-tanya kenapa dan apa yang salah dari postingan Instagram mereka.

Notifikasi This song is currently unavailable bisa tiba-tiba muncul saat menggunakan layanan Instagram, khususnya ketika mengakses fitur Reels dan musik di Stories.

Kesalahan ini terjadi pada pengguna di seluruh dunia yang mendapatkan pop-up "This Song Is Currently Unavailable" atau "Lagu ini saat ini tidak tersedia."

Terkadang juga dikatakan bahwa lagu tersebut tidak tersedia di "wilayah" atau "negara" si pengguna. Notifikasi "This song is currently unavailable" sebenarnya menandakan bahwa pilihan musik yang kamu gunakan sedang tidak tersedia.

Oleh karena itu biasanya akan diikuti dengan suara lagu di Instagram Reels atau Instagram Stories yang turut menghilang saat diputar.

"This song is currently unavailable" Sering Terjadi di Instagram

Ilustrasi Instagram Reels. (Instagram)
Ilustrasi Instagram Reels. (Instagram)

Tak perlu khawatir, hal ini wajar terjadi pada postingan Instagram. Biasanya, ini karena masalah lisensi, artinya Instagram tidak diizinkan secara hukum untuk menyebarkan lagu itu di wilayah tempat kamu berada.

Lagu yang sama dapat digunakan oleh Instagram di satu negara tetapi tidak di negara lain karena tergantung pada peraturan negara tersebut.

Di beberapa negara, musik Instagram sebenarnya tidak diperbolehkan sama sekali, sedangkan di negara lain, mungkin hanya lagu tertentu yang dibatasi.

Jika lagu tersebut tidak tersedia di lokasi kamu, sayangnya, tidak ada cara untuk mengubahnya dan kamu harus memilih lagu yang berbeda.

Selain masalah izin, penyebab umum masalah This song is currently unavailable di Instagram bisa disebabkan oleh bug dari aplikasi maupun layanan itu sendiri. Jika mengalami masalah ini kamu bisa coba untuk menginstall ulang aplikasi Instagram atau mengecek pembaharuan.

Akun dan Konten Tidak Sesuai

Ilustrasi Instagram. (Pixabay)
Ilustrasi Instagram. (Pixabay)

Instagram memiliki tiga jenis akun, pribadi, bisnis, dan kreator, yang semuanya memiliki fitur berbeda. Pengguna bisa berganti-ganti dari satu ke yang lain maupun sebaliknya dengan sangat mudah sesuai kebutuhan. Masalah This song is currently unavailable juga bisa terjadi karena kamu memiliki akun bisnis.

Koleksi lagu dengan hak cipta hanya tersedia secara terbatas untuk profil pribadi. Instagram hanya membuat perjanjian pemakaian dengan label atau musisi untuk kepentingan pribadi dan non-komersial.

Di beberapa negara, aturan Instagram menyatakan bahwa jika kamu memiliki akun bisnis, kamu tidak dapat menambahkan musik ke Instagram Stories sama sekali.

Jika kamu ingin menggunakan musik Instagram lagi, kamu harus mengubah profil bisnis menjadi profil pribadi atau kreator. Cara mengubah profil bisnis menjadi profil pribadi sangatlah mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka pengaturan dan ketuk 'akun'.
  • Kemudian, gulir ke bawah dan tekan 'ganti jenis akun'.

Itulah penjelasan singkat mengenai notifikasi This song is currently unavailable yang muncul di Instagram. Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi bagaimana cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait