Internet

Cara Melihat Hasil Survei Google Form, Mudah dan Praktis

Mudah dan cepat, ini cara melihat hasil survei Google Form.

Agung Pratnyawan

Google Form. (Google)
Google Form. (Google)

Hitekno.com - Ketahui bagaimana cara melihat hasil survei Google Form dengan mudah, bisa melalui PC atau Laptop bakan lewat HP juga. Ikuti tutorial Google Form yang telah dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

Google Form merupakan layanan online yang bisa digunakan untuk melakukan survei atau pembuatan formulir. Layanan ini disertakan sebagai bagian dari rangkaian Penyunting Google Dokumen berbasis web gratis.

Layanan Google Form sangat mudah digunakan, sehingga aplikasi ini biasanya dimanfaatkan untuk membuat formulir survei pelanggan, formulir registrasi online, formulir lamaran kerja hingga kuis dan formulir online lainnya..

Penggunaan Google Form memudahkan kamu dalam membuat maupun mengumpulkan data yang kamu butuhkan dengan cepat secara real time.

Dan hasil dari google form yang telah kamu buat akan tersimpan pada dokumen spreadsheet. Lalu bagaimana sih cara melihat hasil survei Google Form?

Google Form. (HiTekno.com)
Google Form. (HiTekno.com)

Untuk melihat hasil Google Form bisa kamu lakukan dengan mengikuti cara berikut ini :

1. Melihat hasil Google Form melalui HP

  • Pada halaman utama pilih form mana yang ingin kamu lihat hasilnya
  • Kemudian klik pada opsi menu View Responses
  • Maka kamu bisa melihat semua hasil form yang telah diisi bahkan hingga rangkumannya pada tab Summary.
  • Untuk melihat hasil form tersebut dalam bentuk Spreadsheet, kamu bisa klik menu Export
  • Lalu pada dialog box yang muncul pilih opsi Google Sheets. Namun untuk bisa membuka file tersebut pastikan kamu sudah memiliki aplikasi Google Sheet di HP kamu ya!

2. Melihat hasil Google Form melalui komputer atau laptop

  • Masuk ke situs Google Form menggunakan akun kamu
  • Kemudian pilih form yang ingin kamu lihat hasilnya
  • Lalu pilih opsi menu Tanggapan yang berada di bagian atas
  • Pada menu Tanggapan tersedia beberapa pilihan opsi yaitu Ringkasan, Pertanyaan dan Individual. Ringkasan bisa digunakan untuk melihat rangkuman hasil atau semua data yang masuk. Opsi Pertanyaan berisi tentang hasil rangkuman berdasarkan pertanyaan audiens.
  • Sedangkan Individual digunakan untuk melihat satu per satu formulir yang diisi
  • Untuk memudahkan kamu pada saat membaca hasil Google Form dalam format tabel Sheet maka kamu bisa menggunakan fitur Spreadsheet dengan cara klik ikon Spreadsheet yang berwarna hijau di bagian kanan atas
Cara membuat Google Form untuk ujian dan tugas. (Google)
Cara membuat Google Form untuk ujian dan tugas. (Google)

Itulah beberapa cara melihat hasil survei Google Form yang bisa kamu lakukan melalui HP maupun komputer atau laptop. Gimana? Sangat mudah bukan? Jadi kamu tidak perlu repot-repot menggunakan cara manual lagi ya. Selamat mencoba tutorial Google Form di atas! 

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait