Gadget

Tutorial Cara Membuat Google Form untuk Kuesioner, Mudah dan Cepat

Cepat dan praktis membuat Kuesioner menggunakan Google Form. Ikuti langkah-langkah ini.

Agung Pratnyawan

Google Form. (Google)
Google Form. (Google)

Hitekno.com - Google Form tentu sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Berikut ini bagaimana cara membuat Google Form untuk Kuesioner. Seperti tutorial Google Form dirangkum tim HiTekno.com di bawah ini.

Google Form adalah layanan dari Google yang memungkinkan kamu untuk membuat survey, tanya jawab dengan fitur formulir online yang bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan.

Bahkan sebagian besar dari kamu pasti pernah menggunakannya untuk mengisi kuisioner maupun formulir online.

Cara membuat Google Form untuk kuesioner sebenarnya sangatlah mudah dan tidak perlu waktu lama. Cara kerja Google Form juga sangat sederhana. Nantinya, semua data yang diisi oleh responden melalui link Google Form akan tersimpan dengan aman dalam database Google.

Sebelum menggunakan Google Form untuk membuat kuesioner, kamu perlu memiliki akun Gmail terlebih dahulu. Barulah bisa membuat kuesioner menggunakan layanan Google ini.

Google Form. (HiTekno.com)
Google Form. (HiTekno.com)

Berikut cara membuat Google Form untuk kuesioner yang HiTekno.com rangkum untuk kamu. Ikuti tutorial Google Form di bawah ini.

Cara Membuat Google Form untuk Kuesioner

  1. Masuk ke halaman Google Form. Halaman ini bisa kamu akses melalui docs.google.com/forms.
  2. Selanjutnya, pilih model yang akan digunakan sesuai kebutuhan dan keinginan. Google menyediakan berbagai model yang bisa kamu pilih.
  3. Masukkan judul kuesioner pada kolom ‘Untitled Form’.
  4. Cantumkan juga pengantar beserta penjelasan singkat mengenai kuesioner di kolom ‘Form Description’. Setelah itu, kamu bisa membuat isian kuesioner.
  5. Pilih jenis respons yang kamu inginkan dari kuesioner. Google menyediakan banyak pilihan untuk pertanyaan terbuka atau tertutup.
  6. Kamu juga bisa memilih jenis respons yang berbeda untuk setiap pertanyaan kuesioner. Pilih salah satu diantara jawaban pendek, jawaban paragraf, pilihan ganda, kotak centang, pilihan ke bawah, unggahan berkas, skala linear, tanggal, atau waktu.
  7. Ketik pertanyaan atau pernyataan yang ingin diberikan kepada responden melalui kuesioner. Kamu bisa mengajukannya secara langsung di kolom ‘Untitled Question'.
  8. Kemudian, pilih kewajiban respons kuesioner khusus nomor yang sedang dibuat. Kamu bisa melakukan langkah ini dengan pilihan ‘Required’.
  9. Kamu bisa membuat pertanyaan baru dengan klik ‘+’ kemudian mengulangi Langkah 5, 6, dan 7.
  10. Setelah menyelesaikan pertanyaan dan pernyataan yang diberikan, atur Google Form melalui ‘Settings’. Pilihan ini ada di pojok kanan atas layar.
  11. Terdapat beberapa pengaturan penting yang harus kamu tentukan. Misalnya, apakah responden dapat merevisi jawaban yang dikirim, apakah kuesioner ini berupa penilaian, dan apakah pengisi dapat melihat hasil kuesioner mereka.
  12. Terakhir adalah mengirim formulir melalui email atau tautan. Klik ‘Send’ di pojok kanan atas.

Itulah cara membuat Google Form untuk kuesioner yang bisa kamu coba. Selamat mencoba tutorial Google Form di atas. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait