Internet

Bocah SD Tuliskan "Kuntilanak" di Lembar Jawaban, Netizen Ikut Bingung Setelah Tahu Soalnya

"Pertanyaannya aja membingungkan kok," kata netizen.

Rezza Dwi Rachmanta

Jawaban dari bocah SD ini bikin netizen salfok. (TikTok/ @doa_juppi)
Jawaban dari bocah SD ini bikin netizen salfok. (TikTok/ @doa_juppi)

Hitekno.com - Sifat polos seorang bocah terkadang dapat membuat orang dewasa merasa terhibur. Sebuah video yang menampilkan jawaban bocah SD ini sukses bikin netizen salfok.

Bukan hanya salfok, sebagian netizen mengaku ikut bingung ketika memikirkan jawaban dari soal tersebut. Pengguna TikTok dengan akun bernama @doa_juppi membagikan momen seorang guru saat memeriksa jawaban para murid SD.

Postingan video yang dibagikan berhasil viral setelah ditonton lebih dari 8,5 juta kali dan memperoleh 530 ribu tanda suka. Netizen auto salfok setelah melihat lembar jawaban seorang bocah kelas lima SD.

Bocah tersebut rupanya menulis "kuntilanak" dan "pocong" pada lembar jawaban. Tak hanya itu, sang bocah juga memberikan jawaban bertuliskan "hantu air" dan "genderuwo".

Netizen mengaku turut bingung setelah ikut membaca soal di sebelah kiri. Dua soal tersebut mencakup "kenampakan alam yang menghubungkan Pulau Jawa dan Bali adalah" serta "kenampakan alam yang berupa daerah perbatasan antara laut dengan daratan adalah".

Jawaban dari bocah SD ini bikin netizen salfok. (TikTok/ @doa_juppi)
Jawaban dari bocah SD ini bikin netizen salfok. (TikTok/ @doa_juppi)

Tak menyebutkan Selat Bali, bocah SD justru menjawab "kuntilanak". Sang bocah kemungkinan berpikir tentang "penampakan" sehingga memilih jawaban seperti itu.

Setelah viral, banyak netizen generasi 80-an atau 90-an yang mempertanyakan istilah kenampakan pada bagian soal. Pengunggah postingan menjelaskan bahwa soal itu dari dinas terkait sehingga para guru tak bisa mengaturnya.

"Kenampakan alam adalah segala sesuatu di alam yang merupakan hasil dari peristiwa alam dan bukan merupakan akibat aktivitas manusia. Istilah ini ada di dalam IPS SD," tulis @doa_juppi.

Tak sedikit netizen yang menilai bahwa soal tersebut memiliki kata-kata yang sulit dimengerti sehingga murid bisa menjawab seperti kasus di atas.

"Iya, pertanyaannya bikin gagal paham. Kita pelaksana lapangan, cuma bisa nurut sama dinas yang buat pertanyaan. Pada pendidikan sekarang, siswa dituntut untuk kritis. Jadi sudah memakai istilah-istilah. Itu contoh soal HOTS," kata @doa_juppi menjawab pertanyaan dari netizen. Postingan video viral mengenai jawaban absurd dari bocah SD itu memancing beragam komentar dari netizen.

Jawaban dari bocah SD ini bikin netizen salfok. (TikTok/ @doa_juppi)
Jawaban dari bocah SD ini bikin netizen salfok. (TikTok/ @doa_juppi)

"Pertanyaannya aja membingungkan kok," kata @p**ryp**ex.

"Muridnya sering lihat film horor pasti (emoticon tertawa)," balas @kris**an.

"Kenapa harus kenampakan? Gue juga kalau jadi siswa kagak bakalan ngerti," pendapat @Ha**anW**i.

"Yang salah yang bikin pertanyaan nggak sih. Aku aja bingung," komentar @phil**art**d.

"Ujian ilmu klenik..wkwk," canda @don**ot. Postingan video viral mengenai jawaban anak SD yang anti mainstream bisa dilihat melalui LINK INI. 

Berita Terkait