Internet

Kaget Harga Semangka di Kalimantan, Netizen Malah Ungkap Berapa Harganya di Papua

Cek berapa harga semangka di Kalimantan bandingkan dengan tempatmu.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi semangka. (Pixabay/congerdesign)
Ilustrasi semangka. (Pixabay/congerdesign)

Hitekno.com - Sempat viral di media sosial, kisah netizen membandingkan harga semangka di berbagai tempat. Salah satunya harga semangka di Kalimantan yang membuat kaget netizen lainnya.

Siapa yang tak tahu semangka? Buah satu ini biasanya jadi diincar banyak orang untuk melepas dahaga apalagi ketika cuaca sedang panas-panasnya.  

Di sisi lain, semangka juga menjadi salah satu buah yang bisa diolah berbagai macam minuman menyegarkan.  Di pulau Jawa sendiri semangka menjadi salah satu buah yang dibanderol dengan harga murah meriah. 

Tapi apa jadinya kalau harga buah yang berasal dari Afrika Selatan ini sangat tak umum di wilayah lain? Hal itu benar terjadi di Kalimantan Tengah. Harga semangka disebut-sebut mencapai Rp.70 ribu per buah.

Pengalaman itu dibagikan oleh warganet di media sosial Instagram dengan nama akun @rafiko_elnino. Melalui sebuah video singkat di Instagram, pemilik menceritakan pengalamannya saat membeli semangka di Antakalang, Kalimantan Tengan, ditaksir Rp.70 ribu per buah.

"Di depan gue ada semangka yang sebenarnya enggak terlalu menarik, biasa-biasa saja tapi jadi istimewa karena gue beli di Antakalang, Kalimantan Tengah," ucap pengunggah pada postingan yang dikutip HiTekno.com.

Menurut dia, harga perkilo semangka di Kalimantan Tengah sekitar Rp.20 ribu. Sementara satu semangka yang dia beli itu dengan berat 3,5 kilogram. Artinya dia harus membayar sekitar Rp.70 ribu.

Beli Buah Semangka di Kalimantan, Publik Ikutan Kagt Pas Dengar Harganya. (Instagram/rafiko_elnino)
Beli Buah Semangka di Kalimantan, Publik Ikutan Kagt Pas Dengar Harganya. (Instagram/rafiko_elnino)

"Dan itu sangat mahal. Karena di Lampung di tempat gue dulu segini kurang lebih Rp.8 ribu. Jadi di sini harganya hampir 10 kali lipat ternyata," ucapan dia.

Kendati harganya mahal, pemilik akun mengatakan wajar karena pemasok bahan makanan di wilayah tempatnya berada cukup jauh.

"Ya tapi wajar sih, disini supply bahan makanan jauh banget," tambah dia.

Melihat harga semangka di Kalimantan, berbagai komentar lalu ditinggalkan oleh warganet usai video tersebut viral di Instagram. 

"Pantesan orang kalimantan kaya-kaya. Di Jawa Timur cumak Rp.5000 perkilogram Asstagfirullah," kata neter.

"Cuma semangka atau buah lain juga? Atau karena hutannya di Kalimantan sudah pada hilang jadi mahal," ujar netizen.

"Masih murah itu, di Papua lebih dari segitu harganya. Aku di Papua rokok 40 ribu satu bungkus," ungkap netizen.

"Segitu mahal, balik kampung saja bray. Hampir kebanyakan supply bahan makanan di kalimantan itu didapat dari luar pulau. Dikira transportasi gretong," kata warga lokal.

Itulah kisah viral di media sosial, netizen kaget tahu berapa harga semangka di kalimantan. Netizen lain tak kalah membuat kaget dengan membagikan harga buah tersebut di Papua. (Suara.com/ Evi Nur Afiah).

Berita Terkait