Cara Mudah Membuat Playlist di Spotify, Jadikan Lebih Menarik

Mudah ikuti tutorial cara membuat playlist di Spotify ini.

Agung Pratnyawan

Posted: Kamis, 03 Maret 2022 | 11:37 WIB
Ilustrasi Spotify. (Unsplash/NeONBRAND)

Ilustrasi Spotify. (Unsplash/NeONBRAND)

Hitekno.com - Ketahui bagaimana cara membuat Playlist di Spotify dengan mudah dan lebih menarik. Simak tim HiTekno.com telah merangkum tutorial Spotify untuk kamu.

Melalui aplikasi Spotify kamu bisa mendengarkan lagu-lagu secara streaming bahkan kamu juga bisa membuat daftar putar kamu sendiri, begini cara membuat playlist di Spotify dengan mudah. 

Spotify menawarkan fitur-fitur menarik yang akan memberikan kenyamanan para penggunanya. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Spotify antara lain pilihan lagu yang beragam, Radio, Mode Offline, Integrasi Media Sosial, Playlist, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Cara Membuat Spotify Wrapped 2021, Langsung Share ke Sosial Media

Salah satu fitur yang paling banyak digemari adalah playlist. Di dalam aplikasi resmi Spotify, kamu dapat membuat playlist sendiri sesuai dengan preferensi musik kamu.

Playlist ini berisikan lagu-lagu favorit yang akan disimpan dan dapat diakses setiap kali menjalankan aplikasi. Sehingga tidak perlu repot mencari satu per satu lagi.

Cara membuat playlist Spotify bukanlah hal yang sulit. Ikuti tutorial Spotify yang dirangkum HiTekno.com berikut ini.

Baca Juga: Sejarah Winamp, Moyangnya Spotify yang Hidup Kembali setelah 8 Tahun Mati

Membuat playlist di Spotify juga bisa dilakukan melalui HP maupun PC. Berikut cara membuat playlist di Spotify, yuk simak. 

Ilustrasi Spotify. (Pixabay/ Photo Mix)
Ilustrasi Spotify. (Pixabay/ Photo Mix)

Cara Membuat Playlist Di Spotify Lewat PC/Laptop

  1. Buka aplikasi Spotify di Laptop atau PC.
  2. Kamu akan menemukan tombol “Buat Playlist” di sudut kiri bawah di samping tanda plus (+). Cara membuat playlist di Spotify ini tetap terlihat setiap kamu menelusuri dan memutar musik. Klik untuk memulai.
  3. Cara membuat playlist di Spotify ini akan membuka pop-up di mana kamu dapat membuat Playlist. Masukkan nama untuk Playlist, dan deskripsi jika kamu mau. Kamu juga dapat menambahkan foto sampul, jika tidak menambahkannya, foto sampul akan default ke sampul album lagu yang nantinya Kamu masukkan ke dalam Playlist.
  4. Klik tombol hijau “Buat” untuk membuat Playlist Baru Spotify.
  5. Playlist akan muncul meskipun kosong dan telah berhasil ditambahkan ke akun kamu. Ini akan muncul dalam daftar di bar samping kiri.
  6. Jika playlist kosong, Spotify akan memberikan opsi untuk “Go to new releases” untuk mulai menambahkan musik. Kamu juga dapat klik dan menyeret lagu atau album ke dalam Playlist kapan saja.
  7. Kamu juga dapat menggulir ke bawah dan menambahkan lagu dari Playlist “Lagu yang Direkomendasikan”. Klik tombol “Tambahkan” di samping lagu untuk menambahkannya.

Cara Membuat Playlist Di Spotify Lewat HP

Baca Juga: Gandeng Netflix, Spotify Hadirkan Kolaborasi Seru Ini

  1. Buka aplikasi Spotify di HP.
  2. Klik tab “Library” Atau “Perpustakaan” di bagian bawah.
  3. Klik tombol “Buat Playlist” di samping tanda plus (+) di atas Playlist yang ada.
  4. Masukkan nama untuk Playlist kamu.
  5. Playlist baru dan kosong Kamu telah berhasil ditambahkan ke akun Kamu. Cara membuat playlist di Spotify ini akan muncul di aplikasi desktop kamu juga.
  6. Klik “Add Song”atau “Tambahkan lagu” untuk menambahkan musik.
  7. Cara membuat playlist di Spotify akan secara otomatis menghasilkan lagu yang disarankan berdasarkan judul playlist kamu. Ini akan dicantumkan di bagian bawah Playlist. Klik tanda plus (+) untuk menambahkan lagu atau mencari lagu atau album tertentu menggunakan fungsi pencarian.
  8. Kamu juga dapat membuat Playlist dari lagu tertentu. Klik tiga titik di samping nama lagu dan pilih “Tambahkan ke Playlist” dari menu pop-up. Atau, jika kamu memiliki Spotify Premium dan melihat halaman album, Klik tiga titik di kanan atas.
  9. Pilih Playlist yang ingin kamu tambahkan, atau pilih “Playlist Baru” untuk membuat Playlist baru.

Cara Menyusun Urutan Lagu Playlist Spotify

  1. Klik tiga titik horizontal di sudut kanan atas Playlist.
  2. Pilih “Edit,” lalu klik dan seret simbol garis horizontal ke sebelah kanan lagu untuk menyusun ulang lagu dalam daftar.
  3. Untuk menghapus lagu dari Playlist, dari halaman “Edit” yang sama, Klik simbol minus di sebelah kiri lagu, dan Klik “Hapus”.

Bagaimana mudah bukan cara membuat playlist di Spotify lewat hp dan pc laptop kamu. Selamat mencoba tutorial Spotify di atas.

Baca Juga: Tak Hanya Berbayar, Pengguna Gratis Bisa Pakai Spotify Fitur Lirik

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins
Berita Terkait
Berita Terkini

Melalui RUPS, Arkadia Digital Media melaporkan peningkatan pendapatan hingga 40 persen selama 2023....

internet | 11:18 WIB

pentingnya memahami tentang bahaya yang mengancam pusat data dan bagaimana penanggulangannya....

internet | 11:34 WIB

Ingin mencoba trading kripto? Berikut adalah 5 opsi crypto wallet yang layak dicoba....

internet | 16:37 WIB

Apa saja yang baru dalam update WhatsApp ini?...

internet | 10:10 WIB

Rencana Transaksi ini masih dalam tahap evaluasi awal, di mana Axiata dan Sinar Mas memiliki tujuan untuk tetap menjadi ...

internet | 10:12 WIB