Kolaborasi Huawei dan UGM Makin Erat dalam Pengembangan Talenta Digital

Untuk bisa mewujudkan 100 ribu talenta digital Indonesia pada 2024 nanti, diperlukan berbagai kolaborasi yang produktif antara Huawei Indonesia dengan berbagai perguruan tinggi dan riset.

Agung Pratnyawan
Senin, 24 Januari 2022 | 15:42 WIB
Kolaborasi Huawei Indonesia dan UGM - Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng (kiri) dan HR Director Huawei Indonesia Dani K. Ristandi. (dok. Huawei Indonesia)

Kolaborasi Huawei Indonesia dan UGM - Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng (kiri) dan HR Director Huawei Indonesia Dani K. Ristandi. (dok. Huawei Indonesia)

Hitekno.com - Huawei Indonesia telah menjalin kerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam berbagai kolaborasi. Termasuk dalam pengembangan 100 ribu talenta digital Indonesia sampai 2024 nanti.

Untuk bisa mewujudkan 100 ribu talenta digital Indonesia pada 2024 nanti, diperlukan berbagai kolaborasi yang produktif antara Huawei Indonesia dengan berbagai perguruan tinggi dan riset.

Seperti kolaborasi Huawei Indonesia dengan UGM sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia telah lama terjalin sejak tahun 2013. Kerja sama tersebut baru-baru ini diperkuat dengan kunjungan Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng. ke Huawei Innovation Center.

Baca Juga: Pakar UGM: Tanah Virtual Metaverse Menjanjikan untuk Investasi Masa Depan

"Kolaborasi UGM dengan Huawei adalah bagian dari mendukung kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset dan Teknologi," tegas Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng.

"Kunjungan UGM ke Huawei Innovation Center menggarisbawahi komitmen kedua pihak terhadap peningkatan talenta digital di Indonesia." lanjutnya.

Sebelumnya, Huawei dan UGM telah melakukan serangkaian kerja sama, antara lain pameran kerja dan kesempatan magang, berbagi pengetahuan dalam rangka Huawei Day yang telah diselenggarakan sejak 2015, program sertifikasi datacom bagi mahasiswa, program ICT Academy sejak tahun 2018, pengembangan kurikulum AI sejak tahun 2020, pelatihan tentang edge computing melalui Huawei Asia Pacific Atlas Edge Computing Indonesia eBootcamp pada tahun 2020, dan perlombaan ICT Competition untuk kategori Network, Cloud, dan AI.

Baca Juga: UGM, Binus, dan Gunadarma Saling Berebut Gelar Juara di FCL 2021

Khusus kategori Network, UGM berhasil meraih predikat juara pertama pada tahun 2021, serta peringkat kedua di tingkat nasional pada tahun 2020 dan 2019 lalu.

Prof. Panut pun mendorong Huawei dan pengembang teknologi lainnya untuk terus memberikan dorongan dan kontribusi nyata bagi pendidikan tinggi di Indonesia demi terciptanya talenta digital yang memadai.

"UGM berharap kerja sama yang sudah berjalan ini dapat ditingkatkan dan diperluas, mengingat Indonesia masih berkewajiban untuk menguasai bidang siber agar tidak terlena oleh kemajuan-kemajuan di bidang teknologi informasi yang terus bertransformasi dan mentransformasikan kehidupan kita secara drastis." lanjutnya. 

Baca Juga: Usung Konsep Smart Farming 4.0, Dosen UGM Raih Hermes Startup Award 2020

HR Director Huawei Indonesia Dani K. Ristandi menyampaikan, "Selama lebih dari 21 tahun hadir di Tanah Air, Huawei menaruh perhatian yang sangat dalam kepada pengembangan talenta digital Indonesia, di samping membangun konektivitas dan mendukung transformasi digital. Kami senang dapat terus berkolaborasi dengan UGM sebagai universitas negeri ternama yang konsisten menghasilkan lulusan berkualitas."

Pada tahun 2020, Huawei menegaskan komitmennya terhadap persiapan talenta digital di Indonesia secara konkret melalui nota kesepahaman dengan Kantor Staf Presiden.

Di bawah payung besar komitmen I Do Contribute, Huawei berkomitmen untuk melatih paling sedikit 100 ribu talenta digital hingga tahun 2025 demi mendukung cita-cita pemerintah Indonesia untuk menyiapkan 600 ribu setiap tahunnya.

Baca Juga: Indosat Ooredoo dan Snap Luncurkan Program IDCamp Augmented Reality Creator

Talenta digital menjadi salah satu kebutuhan utama dalam proses menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital yang patut diperhitungkan di kancah global.

"Huawei dan UGM akan menjalin kerja sama yang semakin erat, khususnya dalam perekrutan lulusan baru tingkat sarjana dan pascasarjana serta pemagangan mahasiswa. Kami berharap, kolaborasi tersebut dapat membuka lapangan kerja, meningkatkan peluang ekonomi, dan terlebih mendorong alih pengetahuan dan teknologi kepada lulusan UGM yang akan menjadi para calon pemimpin masa depan," tutup Dani.

Berita Terkait
TERKINI

Rencana Transaksi ini masih dalam tahap evaluasi awal, di mana Axiata dan Sinar Mas memiliki tujuan untuk tetap menjadi ...

internet | 10:12 WIB

Selain di Jakarta, Nobar Warga Grab tahun ini juga diadakan di Malang, Samarinda, Kediri, Gorontalo, Mataram, Pontianak,...

internet | 10:36 WIB

Dell APEX Cloud Platform for Red Hat OpenShift ini merupakan hasil kerja sama Dell dan Red Hat....

internet | 10:34 WIB

Garmin Run ini akan berlangsung pada 29 September 2024 mendatang di ICE BSD, Tangerang....

internet | 10:25 WIB

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB
Tampilkan lebih banyak