Niagahoster: Manfaatkan Email Marketing untuk Kesuksesan Bisnis

Rata-rata open rate email berbagai industri adalah 17%. Sedangkan media sosial seperti Instagram, read rate hanya sekitar 2%.

Agung Pratnyawan
Rabu, 19 Januari 2022 | 18:57 WIB
Ilustrasi Email Marketing. (Niagahoster)

Ilustrasi Email Marketing. (Niagahoster)

Hitekno.com - Banyak cara bisa dilakukan untuk meningkatkan kesuksesan bisnis, termasuk dengan menerapkan digital marketing melalui sosial media. Namun ada cara lain yang menurut Niagahoster tidak kalah bermanfaat, yakni melalui email marketing.

Sayangnya belum banyak bisnis yang sudah menerapkan sistem email marketing sebagai salah satu strategi digital marketing merka.

Padahal jika dilihat sesuai data, email masih menjadi channel dengan pengguna tertinggi dan merupakan saluran komunikasi yang aktif. Bahkan jumlah pengguna email pun terus meningkat hingga diprediksi akan mencapai 4,3 miliar di tahun 2023.

Baca Juga: Strategi Digital Marketing 2022 dari Niagahoster untuk Bisnis dan UMKM

Oleh karena itu email merupakan saluran komunikasi yang penting untuk bisnis. Menurut Dimas Gandhi Purba Diwantara, Digital Marketing Specialist Niagahoster, email memiliki beberapa keunggulan jika digunakan sebagai sarana marketing. Antara lain adalah email bisa dikirim langsung secara personal, waktu pengiriman bisa disesuaikan, konten email juga bisa dipersonalisasi sesuai aktivitas penerima, serta interaksi penerima email juga bisa ditracking secara individu.

"Rata-rata open rate email berbagai industri adalah 17%. Sedangkan media sosial seperti Instagram, read rate hanya sekitar 2%," ungkap Dimas.

Untuk menerapkan email marketing, tentunya lebih baik jika menggunakan email profesional yang terhubung dengan nama domain perusahaan dan bukan dengan menggunakan alamat email gratis. Selain untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, email profesional juga lebih terjamin privasinya dan bebas iklan. Selain itu juga lebih mudah dikelola dan mengurangi risiko ditandai sebagai email spam.

Baca Juga: Virtual Career Fair Niagahoster, Penting Memahami Dunia Kerja Era Digital

Faktor Penyebab Email Marketing Masuk ke Kotak Spam

Ilustrasi Email Marketing. (Niagahoster)
Ilustrasi Email Marketing. (Niagahoster)

Masalah yang paling sering dihadapi ketika melakukan email marketing adalah email yang dikirim tidak masuk ke kotak inbox penerima, melainkan masuk ke kotak spam. Hal tersebut memang rawan terjadi dan ada banyak faktor yang menyebabkan.

"Ada 3 faktor utama yang membuat email masuk ke kotak spam. Yang pertama adalah email dilaporkan sebagai spam oleh penerima. Alasannya beragam. Bisa karena mereka merasa tidak subscribe email tersebut, merasa emailnya tidak relevan, kemudian terlalu sering mengirim email atau terlalu banyak promo sehingga dirasa mengganggu, dan alamat email yang digunakan mencurigakan," jelas Dimas.

Baca Juga: BlogVerse Niagahoster: Beberkan Rahasia Menjadi Blogger Profesional

Faktor kedua adalah email secara sendirinya terjaring oleh filter spam yang bisa disebabkan oleh beberapa alasan.

Bisa karena kode HTML tidak terbaca oleh Gmail, tidak ada link berhenti berlangganan, email yang dikirim memiliki banyak lampiran, struktur email yang digunakan tidak tepat, nama pengirim tidak tepat, subyek atau isi email mengandung kata yang memicu spam, terlalu banyak menggunakan variasi warna teks, huruf besar, huruf tebal atau emoji dalam subyek atau isi email, serta skor kredibilitas domain yang rendah.

Yang terakhir adalah jika IP Address Server memiliki reputasi buruk. Apabila pemilik bisnis menggunakan layanan web hosting atau email hosting yang servernya bersifat shared dan IP address yang digunakan sama dengan beberapa pengguna yang lain.

Baca Juga: 93% Pebisnis Mitra Niagahoster Akui Harus Beralih ke Bisnis Online

"Jadi bisa saja IP address tersebut terkena filter spam jika pengguna lain melakukan hal yang tidak baik," ujarnya.

Mencegah Email Marketing Masuk ke Kotak Spam

Ilustrasi Email Marketing. (Niagahoster)
Ilustrasi Email Marketing. (Niagahoster)

Untuk memastikan agar email marketing yang dikirim tidak masuk ke kotak spam, pengirim harus mendapatkan izin dari penerima email. Subscribers harus memasukkan sendiri email mereka ke mailing list pengirim, bukan secara otomatis dimasukkan. Dan sebaiknya tidak membeli list email atau harvesting alamat email dari website.

Pengirim email marketing juga harus mematuhi aturan hukum yang berlaku. Antara lain nama dan alamat email pengirim email harus sesuai, memberi opsi unsubscribe, terdapat informasi alamat fisik, pesan dan subyek harus jelas dan sesuai, serta tidak mengandung penipuan.

"Yang tidak kalah penting adalah untuk memilih layanan email hosting yang baik dari segi keamanannya sehingga email yang dikirim tidak terfilter spam. Email Hosting Niagahoster bisa menjadi pilihan untuk membuat email profesional yang digunakan untuk email marketing," kata Dimas.

Email Hosting Niagahoster memungkinkan bagi pemilik bisnis untuk membuat akun email unlimited. Pemilik bisnis juga bisa membuat dan mengelola email profesional dengan nama domainnya sendiri. Dan limit pengirimannya mencapai 9.600 email per hari.

Email Hosting Niagahoster juga memiliki SpamExperts yang sudah terintegrasi dan gratis, aman dari iklan, spam, virus, dan malware, serta memiliki kapasitas inbox yang besar.

Jika sudah memiliki layanan email hosting yang baik, sudah mematuhi aturan hukum yang berlaku, dan mendapatkan izin dari penerima email, pengirim email juga harus melakukan beberapa checklist yang harus dipastikan sebelum mengirimkan email marketing.

"Pastikan email dikirim ke segmen yang benar, pastikan subyek tidak lebih dari 50 karakter dan sesuai dengan isi email, pastikan email responsif dan mobile-friendly, pastikan ada link untuk unsubscribe, pastikan semua link bekerja dengan baik, pastikan semua informasi sudah benar dan tidak ada typo, dan pastikan email sudah di-tes menggunakan spam testing tool," paparnya.

Apabila semuanya sudah dilakukan dengan baik, email marketing akan berjalan lancar dan bisa menjadi salah satu sarana marketing bisnis yang efektif.

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak