Foto Jadul Pak Harto Pegang Gitar Tahun 1971, Netizen: Berwibawa

Netizen mengenang keberhasilan Soeharto saat memajukan kesenian di Indonesia.

Rezza Dwi Rachmanta
Sabtu, 11 Desember 2021 | 12:34 WIB
Foto jadul Seoharto saat memegang gitar di tahun 1970-an ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Foto jadul Seoharto saat memegang gitar di tahun 1970-an ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Hitekno.com - Soeharto dikenal sebagai Presiden kedua Indonesia dengan masa jabatan terlama. Sebuah foto jadul yang menampakkan Pak Harto saat memegang gitar ini menarik perhatian netizen.

Akun Facebook resmi Perpustakaan Nasional RI membagikan postingan mengenai sosok Soeharto dengan senyuman khasnya. Ia nampak mencoba memetik sebuah gitar di mana seseorang di samping nampak memandunya.

"Presiden Soeharto disela-sela kesibukan sehari-hari ternyata termasuk penyuka seni juga. Tampak dalam gambar, Pak Harto tengah mencoba memetik sebuah gitar," tulis akun Perpustakaan Nasional RI.

Baca Juga: Gadis Dapat Diskon Setelah Ikuti Tantangan Ini, Netizen: Berujung Insecure

Foto jadul ini bersumber dari Koleksi Layanan Surat Kabar Langka Perpustakaan Nasional RI. Unggahan mengenai foto lawas tersebut menarik perhatian setelah mendapatkan lebih dari 2.400 tanda suka dan dibagikan puluhan kali oleh netizen.

Presiden Indonesia dengan masa jabatan lebih dari lima tahun terkenal menyukai musik. Soekarno bahkan mendukung beberapa pemusik yang tergabung dalam The Lensoist.

Foto jadul Seoharto saat memegang gitar di tahun 1970-an ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)
Foto jadul Seoharto saat memegang gitar di tahun 1970-an ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Sang Proklamator itu dulu sangat menyukai musik irama lenso. Ia tak menyukai musik "ngak ngik ngok" dari Negara Barat yang dikhawatirkan menggerus kecintaan anak muda dari lagu daerah. Soekarno menganggap bahwa musik dari Amerika menyiratkan hedonitas dan kebudayaan negara imperialis.

Baca Juga: Driver Ojol Cantik Curhat Begini, Netizen: Marah Aja Tetap Manis

Soeharto melanjutkan kepempimpinan Soekarno dan menjadi Presiden kedua Indonesia dari tahun 1967 sampai 1998. Masih belum diketahui secara spesifik aliran musik yang disukainya, namun ia dikabarkan sangat menikmati alunan musik gending Jawa. Ketika rock dilarang pada Orde Lama, namun jenis musik itu sangat berkembang di era Orde Baru.

Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY dikenal sebagai pecinta musik. Presiden dengan masa pemerintahan sepuluh tahun tersebut bahkan mampu menciptakan puluhan lagu.

Joko Widodo atau Jokowi juga dikenal menggemari musik. Presiden Indonesia yang mulai menjabat sejak Oktober 2014 itu mengaku sangat menyukai musik rock.

Baca Juga: Foto Jadul Wanita Indo-Eropa hingga 1930-an, Netizen: Cantik Tanpa Skincare

Foto jadul Seoharto saat memegang gitar di tahun 1970-an ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)
Foto jadul Seoharto saat memegang gitar di tahun 1970-an ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Jokowi bahkan pernah mengatakan bahwa dirinya sangat menyukai beberapa band seperti Metallica, Scorpion hingga Guns N' Roses di masa muda.

Postingan foto jadul mengenai Pak Harto saat memegang gitar ini memancing beragam komentar dari netizen. Sebagian netizen mengenang pencapaian positif Soeharto saat memimpin Indonesia. Namun tak sedikit pula yang mengkritik serta memberikan sindiran atas beberapa kebijakan Soeharto yang dinilai kontroversial.

"Presiden paling memperhatikan para petani, jos gandos," kata Uy**i.

Baca Juga: Video Lawas Soeharto Singgung Remaja 2020, Netizen: Sekarang Kok Gini?

"Berwibawa dan disegani," komentar Ny**s Ic*.

"Pada zaman pemerintahannya, kesenian di Indonesia maju pesat. Dunia perfilman, musik, dan tari-tarian banyak terkenal sampai sekarang. Bahkan musik dangdut bisa sampai mendunia. Memang Pak Harto luar biasa dalam memimpin Indonesia," balas Kho**ul An**r.

"Mungkin kalau Pak Harto masih hidup, bisa duet dengan SBY," tulis L*o Ag**g.

"Kalau doi genjreng tapi nadanya salah, gitar itu besok hilang," celetuk Wija**rko Sa**iod*nin**at.

Itulah tadi foto jadul Pak Harto saat memegang gitar di tahun 1970-an, bagaimana pendapat kalian?

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak