Internet

Apa Itu Error 404 Not Found? Inilah Pengertian, Histori dan Solusinya

Pernah menemukan Error 404 Not Found? Ketahui apa artinya.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Error 404. (Google)
Ilustrasi Error 404. (Google)

Hitekno.com - Apa itu Error 404 Not Found yang kadang ditemui saat browsing di internet? Kalian pernah menjumpai tulisan "Error 404" ketika tengah mencari sesuatu di browser? Terkadang hal ini sangat membingungkan bukan? Karena membuat kalian terhambat ketika ingin mengetahui sesuatu hal tentu hal ini sangat mengganggu. 

Namun apakah kalian mengetahui apa arti sesungguhnya dari "Error 404 Not Found" ini? Yuk simak terus apa itu Error 404 Not Found dari penjelasan, histori dan solusinya. 

Pengertian "Error 404 Not Found"

Error 404 Not Found merupakan sebuah kode yang muncul ketika halaman atau website yang kalian tuju tidak dapat ditemukan. Selain website tersebut tidak dapat ditemukan rupanya kode tersebut juga bisa diartikan karena website yang kalian tuju sedang mengalami kendala. 

Dan biasanya kode ketika website tidak dapat ditemukan sangatlah beragam seperti 404 error, 404 Not Found, HTTP 404, 404 Page Not Founder dan lain-lain. Rupanya kode tersebut atau pesan tersebut muncul dikarenakan beberapa faktor, yakni :

1. Kode URL atau link salah

Untuk memasukkan kode url atau link kalian harus cukup jeli ketika memasukkan huruf, kode maupun angka baik huruf kapital dan huruf biasa juga harus kalian perhatikan. Rupanya ketika Kalian salah memasukkan satu huruf saja link tersebut atau hal tersebut tidak dapat dibuka dan kalian bisa mendapatkan permasalahan atau pesan 404 error.

2. Hilangnya Cache

Pada dasarnya cache memiliki fungsi Untuk meringankan sebuah website untuk dikunjungi. Selain itu cache jika diibaratkan sebagai sebuah memori untuk menyimpan data di website. Ketika file cache tidak dapat ditemukan maka kalian tidak dapat mengunjungi website tersebut dan akan mendapatkan kode error not found 404.

3. Masalah pada DNS

DNS atau kepanjangan dari Domain Name System biasanya ketika domain yang kamu miliki belum tersambung atau belum di propagasi DNS yang kalian gunakan maka browser tidak dapat mengakses website yang kalian tuju. Maka secara otomatis kalian akan mendapatkan kode error not found 404.

Ilustrasi jaringan internet. (Aruba)
Ilustrasi jaringan internet. (Aruba)

Sejarah error 404 not found

Sekelompok ilmuwan seperti tim Berners-Lee dan CO- developer Robert Cailliau di CERN (Swiss) mereka mulai mengembangkan dan membuat www atau world wide web. Rupanya mereka bekerja di sebuah gedung dengan beberapa lantai dan kamtor yang memiliki tugas yang berbeda-beda. Sementara para ilmuwan untuk menjadi penyedia data base untuk para pencari informasi dalam berbagai format. 

Sementara ada pekerjaan lain yang memiliki tugas sebagai pengumpul data atau basis data pusat WWW. Dan istilah error 404 not found ini bermula dari nama sebuah ruangan. Di mana para pekerja pengumpul data atau basis data ini berlokasi di ruangan 404.

Namun rupanya setiap informasi yang kita kali tidak semuanya bisa ditemukan oleh para pekerja yang berada di ruangan 404 ini dan akhirnya muncul istilah "room 404: file not found" yang biasa kita jumpai ketika kita mengunjungi website yang tidak bisa diakses dengan error 404 not found.

 

Cara mengatasi Error 404 Not Found

  1. Untuk URL yang kalian masukkan bisa kalian periksa ulang secara rinci untuk huruf kapital beserta huruf dan kode kode tertentu seperti garis miring, koma dan titik dua. Hal ini bisa kalian lakukan ketika kalian memasukkan URL atau link secara manual.
  2. Selain itu kalian juga bisa merefresh atau memuat ulang website yang ingin kalian kunjungi
  3. Kalian bisa menggunakan Browser yang berbeda semisal kalian pada awalnya menggunakan Firefox kalian bisa berpindah menggunakan Google Chrome
  4. Selain berpindah browser kalian juga bisa untuk berpindah perangkat. Sebagai contoh kalian pada awalnya menggunakan tablet kalian bisa mencoba menggunakan HP atau smartphone kalian.

Sudah tau apa itu Error 404 Not Found. Itulah pengertian, histori dan solusi ketika kalian mendapatkan pesan atau kode error 404 not found. Cukup bisa dipahami bukan? Jangan bingung dan panik ketika kalian mendapati kode tersebut ya. 

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

Berita Terkait