Internet

Termasuk Kasus Puting Madonna, Ini Daftar Konten Terlarang di Instagram

Foto Madonna dianggap melanggar peraturan, apa saja konten yang dilarang di Instagram?

Rezza Dwi Rachmanta

Madonna protes atas fotonya yang dihapus oleh Instagram karena putingnya terlihat. (Instagram)
Madonna protes atas fotonya yang dihapus oleh Instagram karena putingnya terlihat. (Instagram)

Hitekno.com - Madonna baru saja memberikan protes terkait foto-fotonya yang hilang di Instagram. Pihak Meta selaku perusahaan induk dari Instagram turut menanggapi terkait kasus puting Madonna yang terekspos di mana mereka langsung menghapusnya.

Melalui sebuah postingan di akun resmi Instagram miliknya pada Kamis (25/11/2021), Madonna secara terang-terangan mengkritisi kebijakan Instagram. Ia membagikan ulang foto-foto yang dihapus oleh Instagram tanpa pemberitahuan sebelumnya.

"Saya memposting ulang foto-foto yang dihapus Instagram tanpa pemberitahuan. Alasan mereka melakukan itu adalah bahwa sebagian kecil dari puting saya terbuka. Masih mengherankan bagi saya bahwa kita hidup dalam budaya yang memungkinkan setiap inci tubuh wanita ditampilkan kecuali puting. Seolah-olah itu adalah satu-satunya bagian dari anatomi wanita yang bisa diseksualisasi," kata Madonna.

Ia menganggap penting keberadaan anggota tubuh itu karena puting susu memberi nutrisi pada bayi. Madonna mempertanyakan mengapa puting pria tak disensor oleh Instagram.

"Tidak bisakah puting pria dianggap sebagai erotis? Dan bagaimana dengan pantat wanita yang tidak pernah disensor di mana pun. Bersyukur bahwa saya telah berhasil mempertahankan kewarasan saya melalui penyensoran selama empat dekade; seksisme, ageisme dan kebencian terhadap wanita," kata Madonna menambahkan.

Madonna. (Instagram/ Madonna)
Madonna. (Instagram/ Madonna)

Seorang perwakilan dari perusahaan turut bersuara dalam menanggapi kecaman Madonna. "Foto yang melanggar aturan perusahaan akan dihapus kapan pun kami menemukannya, tidak peduli siapa yang mempostingnya," kata juru bicara Meta dikutip dari CNN.

Berdasarkan peraturan perusahaan, mereka membatasi atas apa yang disebut "penampilan telanjang atau aktivitas sensual di mana beberapa orang mungkin sensitif terhadap konten tersebut".

Melalui penjelasan di laman resmi transparency.fb.com, rupanya kasus puting Madonna melanggar Nudity Policies. Berikut daftar peringatan Instagram pada "Do not post" atau Jangan Posting melalui kebijakan Nudity Policies:

  • Orang dewasa yang telanjang
  • Anus yang terlihat atau bokong yang sepenuhnya telanjang
  • Puting wanita yang tidak tertutup (kecuali dalam konteks menyusui, melahirkan dan saat-saat setelah melahirkan)
  • Gambar yang menampakkan hubungan seksual eksplisit
Madonna protes atas fotonya yang dihapus oleh Instagram karena putingnya terlihat. (Instagram)
Madonna protes atas fotonya yang dihapus oleh Instagram karena putingnya terlihat. (Instagram)

Berdasarkan keterangan di laman About Instagram, deretan konten harus memperhatikan hal-hal berikut:

1. Kekayaan Intelektual

Pastikan bahwa konten yang dibagikan merupakan karya Anda atau Anda memiliki hak untuk memposting konten yang dibagikan.

2. Gambar yang Sesuai (Appropriate Imagery)

Instagram tidak mengizinkan pose ketelanjangan di platformnya, dengan beberapa pengecualian, seperti foto bekas luka pasca mastektomi dan wanita yang aktif menyusui.

3. Spam

Aktivitas Spam sangat dilarang di Instagram. Ini termasuk membuat atau mengirimkan email, komentar, suka, atau bentuk komunikasi komersial atau pelecehan lainnya yang tidak diinginkan.

4. Konten Ilegal

Instagram tidak mengizinkan konten yang memberikan dukungan atau pujian terhadap terorisme, kejahatan terorganisir, atau kelompok kebencian di Instagram. Penawaran layanan seksual, penjualan senjata api, dan obat-obatan ilegal sangat dilarang di Instagram.

5. Ujaran Kebencian dan Pelecehan

Instagram akan segera menghapus segala ancaman kekerasan, ujaran kebencian, dan penargetan individu pribadi yang kredibel.

Mereka tidak mengizinkan serangan atau pelecehan berdasarkan ras, etnis, asal negara, jenis kelamin, jenis kelamin, identitas gender, orientasi seksual, agama, kecacatan, atau penyakit.

6. Melukai Diri Sendiri (Self Injury)

Instagram tak mengizinkan dorongan untuk melukai diri sendiri, termasuk gangguan makan.

7. Kekerasan

Video yang mengandung kekerasan secara intens akan segera dihapus oleh perusahaan. Jika konten sehubungan dengan peristiwa penting dan layak diberitakan, di mana citra ini dibagikan untuk mengutuk atau meningkatkan kesadaran, kemungkinan masih diperbolehkan.

Itulah tadi daftar konten yang dilarang di Instagram, jangan coba-coba posting konten di atas ya?

Berita Terkait