Penjualan UMKM Lokal di Tokopedia Tumbuh Positif Selama Pandemi

Terdapat lebih dari 11 juta penjual yang telah bergabung dengan Tokopedia.

Rezza Dwi Rachmanta
Kamis, 16 September 2021 | 17:12 WIB
Logo Tokopedia. (Tokopedia)

Logo Tokopedia. (Tokopedia)

Hitekno.com - Tokopedia menggelar acara virtual bersama media pada Kamis (16/09/2021) untuk membahas bagaimana pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada platformnya. Perwakilan Tokopedia mengklaim bahwa banyak penjualan UMKM yang tumbuh secara positif selama pandemi berlangsung.

Berdasarkan data yang dipaparkan oleh Tokopedia, rata-rata penjual yang ada di platformnya merupakan UMKM. Puput Hidayat selaku AVP of Product Tokopedia menjelaskan bahwa terdapat peningkatan penjualan yang dialami oleh UMKM selama pandemi.

"Masa pandemi memberikan kita banyak tantangan. Namun kita justru melihat adanya peningkatan peluang untuk UMKM selama pandemi, baik untuk maker atau reseller. Terdapat peningkatan penjualan terutama UMKM di platform Tokopedia. Bahkan 94 persen di antaranya merupakan penjual berskala ultra mikro," kata Puput Hidayat.

Baca Juga: Alamat Rumah Dipakai Tetangga untuk Belanja COD, Ditegur Malah Balas Gini

Berdasarkan data yang dibagikan, terdapat lebih dari 11 juta penjual yang telah bergabung dengan Tokopedia. Tak hanya itu, mereka mencatat lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan pada platformnya (data hingga Juni 2021).

Selama kuartal kedua 2021, terdapat lima kategori yang mengalami peningkatan di Tokopedia yaitu kesehatan & perawatan diri, fashion, kecantikan, ibu & anak dan fashion anak, serta otomotif.

Lima kategori dengan peningkatan penjualan paling tinggi selama kuartal kedua 2021 di Tokopedia. (Tokopedia)
Lima kategori dengan peningkatan penjualan paling tinggi selama kuartal kedua 2021 di Tokopedia. (Tokopedia)

Nusa Tenggara Barat tercatat sebagai sebagai daerah yang mengalami peningkatan penjualan terbesar di angka 144,6 persen. Tiga provinsi dengan peningkatan jumlah pelaku usaha tertinggi di Tokopedia adalah Bali (66,2 persen), Yogyakarta (42,2 persen), dan DKI Jakarta (28,3 persen).

Baca Juga: Pasar Mobile Gaming Tembus Pembelanjaan 120 Miliar Dolar AS pada 2021

Mereka turut menghadirkan adanya TokoMart untuk membantu UMKM Lokal. Itu adalah halaman khusus yang mengusung teknologi geo-tagging untuk mempemudah penjual menjangkau pembeli terdekat.

TokoMart sudah tersedia di Jabodetabek, Bandung, dan Palembang. Ia menambahkan bahwa UMKM yang punya kanal digital dinilai lebih tangguh menghadapi pandemi.

Mereka berhasil mempertahankan bisnis sekaligus menjaga ketersediaan lapangan pekerjaan lewat pemanfaatan platform teknologi.

Baca Juga: Iseng Belanja Online Masker Rp 30 Ribuan, Kaget yang Datang Sebanyak Ini

Tas Songket PaSH dari salah satu pelaku UMKM di Tokopedia. (Tokopedia)
Tas Songket PaSH dari salah satu pelaku UMKM di Tokopedia. (Tokopedia)

Produsen Songket PaSH, Kiagus Adit dari Palembang, menyatakan, “Meski penjualan sempat menurun hingga 60 persen di awal pandemi, pemanfaatan platform Tokopedia membuat penjualan kami kembali stabil. Omzet kami kini bisa mencapai puluhan juta rupiah setiap bulan.”

Adit juga memberikan tips untuk UMKM khususnya maker dalam berjualan. "Pertama, cari tahu produk yang paling laku, lalu lakukan analisis kompetitor untuk menentukan harga jual. Setelah itu ciptakan brand awareness, salah satunya dengan beriklan lewat fitur yang tersedia, misal TopAds, atau pasang harga lebih murah. Kecepatan dalam merespon chat pelanggan juga menjadi kunci," kata Adit.

Perwakilan Tokopedia berharap bahwa optimalisasi teknologi serta perilaku orang lebih sering berbelanja online di masa pandemi dapat semakin meningkatkan peluang penjualan UMKM ke depannya.

Baca Juga: Pelanggan Telkomsel Kini Bisa Upgrade ke Kartu uSIM 4G melalui E-commerce

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak