Internet

Mengenal Facebook Ads Manager dan Fiturnya

Apa itu Facebook Ads Manager dan kegunaannya.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Facebook. (Pixabay/Simon)
Ilustrasi Facebook. (Pixabay/Simon)

Hitekno.com - Sebaiknya kamu Mengenal Facebook Ads Manager dan Fiturnya sebelum kamu gunakan untuk beriklan produk dan meningkatkan penjualan kamu. Pengenalan ini bisa  menjadi dasar kamu dalam memulai periklanan di salah satu social media terbesar di jaman sekarang ini, yaitu facebook.

Indonesia memiliki sekitar 79 juta user aktif media sosial, termasuk di antaranya adalah Facebook. Dengan fiturnya yang lengkap serta tampilan yang user-friendly membuat platform buatan Mark Zuckerberg ini makin diminati user.

Facebook menjadi salah satu sosial media terbesar yang memiliki pengguna 3 miliar pada tahun 2021. Facebook saat ini juga merupakan pemilik platform social media lain, Instagram dan juga WhatsApp.

Salah satu fitur andalan Facebook dengan user besarnya ini yang dapat digunakan kalangan pebisnis adalah FB Ads. Layanan berupa iklan berbayar para pelaku usaha, komunitas, brand, public figure, serta siapa pun yang ingin mempromosikan produk/jasanya lewat Facebook.

FB Ads memiliki fitur Facebook Ads Manager, yaitu fitur yang memungkinkan iklan di Facebook terpasang kepada audience yang tertarget berdasarkan kondisi demografinya (jenis kelamin, usia, lokasi, pekerjaan, pendidikan, minat, koneksi, kebiasaan, dan sebagainya).

Fitur itu juga memungkinkan kamu untuk mengevaluasi kinerja iklan, melihat berapa kali iklan ditampilkan, berapa banyak user yang mengklik, sampai data terperinci hasil conversion.

Facebook Ads Manager atau bisa juga disebut Facebook Business Manager bisa kamu akses pada URL https://www.facebook.com/business/tools/ads-manager. Facebook Ads Manager ini sudah terhubung langsung dengan akun Facebook personal kamu.

Ilustrasi Facebook. (HiTekno.com)
Ilustrasi Facebook. (HiTekno.com)

Cara Membuat Akun Facebook Ads Manager

  • Pertama-tama login ke akun Facebook pribadi kamu.
  • Setelah itu buka URL https://www.facebook.com/business/tools/ads-manager/
  • Buka pengelola iklan
  • Kamu akan masuk ke halaman Iklan Facebook. Pada halaman tersebut terdapat informasi mengenai nama akun, ID, status dan pengeluaran.
  • Klik pada bagian Akun dan tunggu hingga halaman pengelolaan iklan selesai ter-load.
  • Nah sampai disini kamu sudah berhasil membuat akun Ads Manager
  • Selanjutnya kamu bisa membuat iklan pertama kamu dengan Facebook Ads Manager.

Untuk kamu yang baru pertama kali menggunakan Facebook Ads ini, wajib bagi kamu mengetahui fitur-ftur yang terdapat pada Facebook Ads Managernya agar nantinya kamu dapat menggunakannya sebagai riset pasar kamu. Selain itu, kamu juga dapat meningkatkan penjualan kamu dengan target yang lebih terarah.

Fitur Facebook Ads Manager

1. Commerce Manager

Commerce manager merupakan fitur yang dimiliki Facebook Ads Manager untuk mengelola katalog produk yang diiklankan melalui Facebook dan Instagram yang merupakan social media yang berada dalam naungan Facebook. Commerce Manager dapat digunakan semua user mempromosikan jualannya.

Untuk menggunakan fitur  ini kamu tidak perlu memiliki toko offline. Namun, kamu bisa membuat halaman toko offline kamu di Facebook dengan menggunakan fitur ini.

kamu dapat memilih satu katalog yang nantinya dihubungkan dengan toko. Kamu juga dapat memilih tata cara order pesanan dengan memilih melalui link website, fb messenger hingga DM Instagram.

2. Pengelola Iklan

Fitur ini berfungsi untuk mengelola semua kampanye, set iklan dan juga iklan itu sendiri sekaligus. Fitur pengelolaan iklan ini memiliki hal-hal yang berkaitan dengan pembuatan iklan, duplikat iklan, edit iklan hingga menonaktifkan iklan secara mudah.

3. Pengaturan Akun Iklan

Pada fitur FB Ads Manager ini kamu bisa mengatur cara pembayaran, pengelolaan metode pembayaran dan edit informasi bisnis kamu. Selain itu juga, kamu dapat  menonaktifkan akun iklan dan juga menambahkan admin akun iklan pada fitur ini.

4. Pemirsa

Fitur pemirsa ini berisikan detail mengenai pemirsa khusus, pemirsa serupa dan pemirsa tersimpan yang berkaitan dengan periklanan kamu.

5. Pengaturan Bisnis

Akun-akun halaman bisnis yang sudah kamu miliki akan dapat kamu lihat disini semuanya. Kamu dapat mengatur dan mengedit akun halaman bisnis kamu melalui fitur pengaturan bisnis ini.  

6. Tagihan

Semua transaksi pembayaran terutama untuk saldo iklan yang tersisa dapat kamu lihat pada fitur ini. Pada pojok atas dari fitur tagihan terdapat saldo realtime akun FB Ads Manager kamu.

Nah, itulah tutorial mengenal Facebook Ads Manager dan fiturnya yang bisa menjadi pengetahuan kamu sebelum mulai beriklan di fb. Gimana? mudahkan? selamat mencoba ya

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait