Cara Membuat Power Point yang Menarik, Mudah, dan Cepat

Gunakan tips dan cara membuat Power Point yang Menarik ini.

Agung Pratnyawan
Rabu, 01 September 2021 | 21:30 WIB
Ilustrasi aplikasi presentasi terbaik. (Pixabay)

Ilustrasi aplikasi presentasi terbaik. (Pixabay)

Hitekno.com - Cara membuat Power Point yang menarik tentu sangat berguna di zaman sekarang. Power Point atau Microsoft PowerPoint adalah sebuah program komputer yang dikembangkan oleh Microsoft.

Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, pendidik, trainer, dan siswa. Power Point ini biasanya digunakan sebagai media untuk presentasi.

Selama ini, kita hanya mengerti bahwa Power Point bisa digunakan untuk membuat slide presentasi saja. Tapi ternyata, Power Point juga bisa mempermudah proses pengaturan dan pencetakan slide presentasi.

Baca Juga: 4 Aplikasi Presentasi Alternatif Terbaik Selain PowerPoint

Cara membuat Power Point yang menarik bisa membuat bahan presentasi baik dalam bentuk hardcopy maupun softcopy. Namun masih banyak yang belum mengerti cara mengoptimalkan fitur dari Power Point.

Hal ini menyebabkan presentasi terasa membosankan dan tak menarik. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk mengerti bagaimana membuat Power Point yang menarik.

Untuk membuat Power Point yang keren, kamu perlu menerapkan beberapa langkah. Berikut cara membuat Power Point yang menarik seperti HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Aplikasi Presentasi Android, Simpel dan Gratis

Cara Membuat Power Point yang Menarik

Ilustrasi aplikasi presentasi terbaik. (Pixabay)
Ilustrasi aplikasi presentasi terbaik. (Pixabay)

1. Buat Slide Pembuka Presentasi

Cara membuat Power Point yang menarik adalah membuat slide pembuka presentasi yang mengundang perhatian. Karena awal presentasi adalah kesempatan kamu untuk menarik perhatian audiens.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Aplikasi Presentasi Alternatif PowerPoint

Gunakan gambar yang menarik, unik, dan warna yang mencolok namun tetap enak dilihat. Jika awal presentasi kamu sudah bagus, maka orang akan tertarik untuk terus memperhatikan presentasi selanjutnya.

2. Gunakan Theme Custom.

Gunakan tema atau theme custom dari Power Point. Tentunya Microsoft memiliki tema built-in yang bisa kamu pakai secara gratis. Tetapi jika kamu bosan dan ingin beda, kamu bisa gunakan tema premium ataupun tema gratis dari web penyedia tema Power Point.

Baca Juga: 7 Aplikasi Presentasi Terbaik, Bikin Presentasimu Tak Membosankan

Tidak hanya sekedar seperangkat warna dan font pilihan yang menarik, tema-tema ini juga hadir dengan gagasan untuk desain slide. Kamu pun bisa lebih menghemat waktu untuk membuat setiap presentasi dari awal dan fokus pada konten kamu sendiri di placeholder.

3. Menghemat waktu dengan slide master.

Slide Master adalah fitur yang menjaga konsistensi elemen-elemen slide seperti font atau gaya tulisan, gambar, warna latar belakang slide, dan lain-lain.

Cara membuat Power Point yang menarik ini bisa membuat kamu lebih hemat waktu karena slide master bisa memberikan template sesuai selera kamu dengan waktu yang lebih singkat.

Dengan begitu, kamu pun tak perlu mengeluarkan energi lebih untuk mengedit setiap slide secara satu per satu karena telah seragam dari awal. Cara membuat Power Point yang menarik ini dapat kamu temukan di menu "view" dengan detail seperti pada gambar.

4. Gunakan Skema Warna atau Color Scheme.

Skema warna sangat tepat untuk menciptakan keharmonisan dan profesionalitas dalam presentasi kamu. Dengan warna yang harmonis, tentu slide kamu akan tampil lebih menarik dan mengundang perhatian. Kamu dapat menggunakan skema dengan menggunakan skema sesuai yang sudah disediakan Power Point.

5. Gunakan Stunning Visuals.

Slide adalah media untuk komunikasi visual. Maka, gunakan diagram, gambar, dan tampilan visual lainnya yang membantu audiens memahami ide kamu dengan cepat.

Cara membuat Power Point yang menarik juga bisa menggunakan gambar kreatif yang mampu memancing rasa ingin tahu, menarik perhatian, dan membuat audiens selalu ingin memperhatikan kelanjutan presentasi.

6. Tata letak dari Power Point Designer.

Fitur terbaru dari Microsoft PowerPoint yaitu Power Point designer yang mampu membuat tata letak gambar dan tulisan menjadi lebih beragam dan tidak membosankan. Power Point Designer akan muncul secara otomatis ketika kamu menambah atau memasukkan gambar ke dalam slide.

7. Sesuaikan ukuran slide.

Saat kita membuka Microsoft PowerPoint, pasti kamu akan langsung melihat tampilan slide dengan ukuran 4:3. Dan tanpa pikir panjang kamu akan menggunakan slide ini tanpa pikir panjang dan mengisi dengan poin-poin presentasi. Padahal, ukuran ini bisa kamu ubah sesuai kebutuhan presentasi.

Sebelum kamu memasukkan informasi atau objek apapun ke dalam slide kamu bisa mengarahkan kursor ke menu "file", lalu pilih "page setup", ketik tinggi dan lebar slide yang diinginkan, kemudian klik "ok" untuk mengubah ukuran slide sesuai keinginan kamu.

8. Kurangi konten.

Power Point memang ditujukan untuk meringkas presentasi kamu dalam bentuk poin. Dari poin ini pun kamu bisa mengingat penjelasan yang harus kamu sampaikan, dan audiens dapat mencatatnya dengan singkat.

Oleh karena itu, sebisa mungkin kurangi jumlah item yang ada pada slide kamu. Power Point adalah bantuan kamu untuk berbicara secara verbal bukan presentasi itu sendiri.

9. Kontras.

Kontras merupakan bagian dari CRAP singkatan dari Contrast, Repetition, Alignment, dan Proximity. CRAP sendiri adalah konsep yang dijelaskan sangat baik oleh Robin Williams dalam bukunya The Non Designer's Design Book dan The Non Designer's Presentation Book.

Kontras sendiri berfungsi untuk menciptakan perbandingan, perbedaan, dan membuat sesuatu jadi lebih menarik. Kontras bisa kamu buat dengan memberikan ukuran, warna, atau tampilan yang berbeda.

10. Pakai video.

Cara membuat Power Point yang menarik kamu bisa sesekali menggunakan video dalam presentasi agar bisa menciptakan suasana baru dan tidak monoton.

Kini kamu sudah tahu cara membuat Power Point yang menarik. Yuk, segera buat slide presentasi kamu! 

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha
Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak