Ekspansi ke Pasar Global, Qlue Implementasi Smart City di Jepang

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatangan Nota Kesepahaman antara Qlue dengan Minamichita bersama ICMG.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 02 Juli 2021 | 14:43 WIB
Logo Qlue. (Qlue)

Logo Qlue. (Qlue)

Hitekno.com - Qlue, perusahaan penyedia ekosistem smart city dari Indonesia, resmi mengumumkan kolaborasi terbaru sebagai ekspansi ke pasar global. Yakni dengan implementasi smart city di Jepang.

Memasuki Kuartal III 2021 ini, Qlue secara resmi berkolaborasi dengan Intellectual Capital Management Group (ICMG) di kota Minamichita, Prefektur Aichi, Jepang, untuk mewujudkan konsep smart city dalam aspek meningkatkan efisiensi fungsi dan layanan regional menggunakan teknologi.

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatangan Nota Kesepahaman antara Qlue dengan Minamichita bersama ICMG.

Baca Juga: QRen Dukung Pemerintah Wujudkan Smart City dengan Pembayaran via QR

Founder dan CEO Qlue Rama Raditya mengatakan, Qlue sangat senang dan antusias dalam berpartisipasi dalam program Co-Creation dari ICMG untuk membantu Minamichita mendapatkan solusi perkotaan dengan memanfaatkan teknologi smart city.

Kolaborasi ini akan segera berjalan pada Juli 2021 dan Minamichita akan menjadi kota percontohan dalam implementasi solusi Qlue di Jepang serta menjadi pionir dalam transformasi digital untuk pengelolaan kota.

Founder dan CEO Qlue Rama Raditya bersama Wali Kota Minamichita Kazuhiko Izhiguro menandatangani nota kesepahaman secara virtual implementasi Smart City di Kota Minamichita, Rabu, 30 Juni 2021.(Qlue)
Founder dan CEO Qlue Rama Raditya bersama Wali Kota Minamichita Kazuhiko Izhiguro menandatangani nota kesepahaman secara virtual implementasi Smart City di Kota Minamichita, Rabu, 30 Juni 2021.(Qlue)

Qlue menargetkan dapat mengimplementasikan solusi ini di 5 (lima) kota lainnya khususnya Jepang, Malaysia, dan Filipina sebagai target utama ekspansi Qlue. Hal itu sejalan dengan target perusahaan dalam mempertahankan pertumbuhan bisnis perusahaan yang tercatat mencapai 70% pada 2020 dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca Juga: Bantu Tangani Pandemi, Indosat Ooredoo Hadirkan Solusi IoT Lewat Smart City

"Kami sangat mengapresiasi kepercayaan Kota Minamichita untuk memanfaatkan teknologi dan solusi yang dihadirkan oleh Qlue, dan kami berharap dapat memberikan dampak positif ke depannya. Kolaborasi ini merupakan bagian dari visi Qlue untuk mewujudkan ambisinya dalam mempercepat perubahan positif di seluruh dunia. Kami meyakini pengelolaan kota dengan mengajak partisipasi warganya merupakan model manajemen pemerintahan yang ideal seiring dengan tumbuhnya akses internet," ujar Rama.

Kolaborasi ini didukung oleh Pemerintah Prefektur Aichi karena Minamichita menghadapi persoalan sosial berupa menurunnya tingkat populasi penduduk dan banyaknya rumah yang tidak berpenghuni.

Dengan memanfaatkan teknologi dari Qlue, Minamichita mendorong penduduknya untuk dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan kota dengan mengirimkan ide atau usulan melalui aplikasi.

Baca Juga: Andalan Ahok Tapi Ditinggalkan Anies, Qlue Raih Penghargaan Internasional

Dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI), Minamichita juga menargetkan manajemen pengelolaan infrastruktur yang lebih efisien. Implementasi teknologi Qlue ini akan dimanfaatkan oleh kendaraan operasional milik Minamichita yang merekam kondisi infrastruktur kota.

Berdasarkan rekaman itu, tim bisa menganalisis kondisinya secara cepat sehingga lebih efektif untuk mendeteksi dan memperbaiki kerusakan jalan atau gangguan infrastruktur lainnya.

C-Levels - Qlue. (Qlue)
C-Levels - Qlue. (Qlue)

Startup Promotion Division Pemerintah Prefektur Aichi Akihiro Mori menyambut baik kerjasama Minamichita dengan Qlue dan ICMG. Dengan kerja sama ini, diharapkan persoalan sosial yang ada di Minamichita bisa dikelola dengan baik dan menghasilkan manfaat perubahan positif dalam aspek manajemen perkotaan untuk seluruh warga.

Baca Juga: Ibu Kota Baru, Qlue Siap Bantu Pemerintah Bangun Ekosistem Smart City

"Kami sangat senang Minamichita, Qlue, dan ICMG bisa menyepakati Nota Kesepahaman ini yang merupakan bagian dari Program Prefektur Aichi. Kami yakin kolaborasi ini merupakan buah dari kombinasi antusiasme kota Minamichita dalam menyelesaikan persoalan regionalnya melalui kerja sama pemerintah-swasta, kemampuan Qlue dalam menawarkan solusi berdasarkan rekam jejak kesuksesannya, dan dukungan koordinasi dan kerja sama dari ICMG. Kami berharap inisiatif ini bisa menjadi model yang bisa diterapkan di seluruh Jepang di masa mendatang," ujar Akihiro.

Wali Kota Minamichita Kazuhiko Izhiguro juga mengungkapkan rasa gembiranya atas kolaborasi yang terjalin melalui program “Aichi Smart Sustainable City Co-Creation Challenge” ini. Melalui kerja sama dengan Qlue dan ICMG, persoalan sosial terkait berkurangnya jumlah penduduk dan banyaknya rumah kosong bisa teratasi dan menghasilkan kesempatan baru bagi warga dalam menggerakan perekonomian Minamichita.

"Kami yakin dengan inisiatif yang didukung oleh ICMG dan aplikasi yang disediakan oleh Qlue mampu menghasilkan ide-ide yang sangat bermanfaat bagi pembangunan Minamichita di masa depan. Solusi yang dihadirkan Qlue ini akan memberikan keuntungan bagi kami dalam hal promosi kota dan dan bisa menjadi contoh transformasi pemerintahan lokal di Jepang," ujar Kazuhiko.

Representatives Director & Group CEO ICMG Hitoshi Funahashi, mengatakan program Co-Creation yang diinisiasi oleh ICMG bersama Pemerintah Prefektur Aichi karena melihat kondisi sosial masyarakat Jepang yang tingkat urbanisasinya sangat tinggi lantaran penduduk desa yang memilih pindah ke kota. Hal itu berdampak pada kawasan pedesaan yang semakin sepi sehingga menjadi persoalan pemerintah dalam hal pengembangan ekonomi dan keselamatan para warga lanjut usia.

"Kami ingin menjadikan kolaborasi dengan Qlue ini sebagai percontohan dalam implementasi solusi ekosistem smart city yang melibatkan partisipasi warga, aplikasi penghubung, teknologi computer vision, dan instrumennya. Ini dimulai dari Minamichita. Dengan solusi dari Qlue, pemerintah kota Minamichita bisa lebih menarik partisipasi warganya dalam pemerintahan, serta mendorong terciptanya tenaga kerja yang efektif dan biaya pengelolaan yang efisien," kata Hitoshi.

Pemanfaatan solusi yang digunakan dalam kolaborasi ini meliputi Aplikasi Qlue (QlueApp) sebagai aplikasi platform digital yang dapat digunakan oleh penduduk Minamichita untuk mengirimkan ide dan usulan terkait pembangunan kota. Selain itu, solusi QlueDashboard dan QlueWork akan diimplementasi untuk mewujudkan model manajemen infrastruktur yang efisien serta pengelolaan tenaga kerja secara efektif di lapangan.

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak