Internet

Fitur Portrait Bikin Pengguna Oppo Memotret Foto Lebih Kece

Tak hanya fiturportraituntuk foto, OPPO juga mengembangkannya untuk video, yakniAI Color Portrait.

Dinar Surya Oktarini

Fitur potrait Oppo. (Oppo)
Fitur potrait Oppo. (Oppo)

Hitekno.com - Kehadiran smartphone saat ini tidak hanya sebagai alat untuk merekam berbagai kenangan namun juga dapat mewakili cara unik dalam bercerita. Dengan berbekal ponsel cerdas, siapa pun dapat dengan bebas membuat foto atau video yang bagus dan tidak kalah dibandingkan kamera profesional.

Apalagi kini rata-rata perangkat smartphone modern telah dilengkapi dengan teknologi dan fitur-fitur mumpuni, salah satunya Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatan pada kamera. Fitur pada kamera smartphone yang masih menjadi daya tarik pengguna saat ini adalah portrait (efek bokeh). Alasannya, fitur ini dapat memberikan tampilan visual pada foto yang menyerupai jepretan kamera profesional yang lebih menonjolkan subjek daripada background foto.

Teknik potret ini biasanya dilakukan oleh para fotografer dengan menggunakan kamera DSLR. Namun dengan kemajuan teknologi, para konten kreator dapat menghasilkan foto dengan efek bokeh hanya mengandalkan kamera ponsel. Seperti halnya OPPO yang terus mengembangkan fitur portrait pada lini seri Reno untuk memenuhi kebutuhan pengguna, terutama anak muda, yang giat membuat konten digital menarik.   

Tak hanya fitur portrait untuk foto, OPPO juga mengembangkannya untuk video, yakni AI Color Portrait. Fitur ini mulai diperkenalkan pada OPPO Reno4 series yang membuat latar belakang gambar menjadi hitam-putih, sedangkan subjek orang tampil sesuai dengan warna aslinya.

Fitur potrait Oppo. (Oppo)
Fitur potrait Oppo. (Oppo)

Selain itu, ada pula fitur AI Monochrome Video yang secara prinsip dasar sama dengan fitur AI Color Portrait. Bedanya, fitur ini dapat menghadirkan warna tertentu seperti merah, hijau atau biru untuk subjek foto. Selain itu, OPPO juga menyematkan fitur Night Flare Portrait untuk menghasilkan efek lampu yang artistik pada bagian latar belakang subjek foto. Efek ini akan lebih jelas terlihat hasilnya ketika pengambilan foto dilakukan saat kondisi mulai gelap dan pada lokasi yang sarat dengan lampu warna-warni.

Berlanjut di seri OPPO Reno5, hadir fitur AI Mixed Portrait yang menghasilkan efek video eksposur ganda untuk pertama kalinya di smartphone sehingga tampilan video terlihat semakin artistik. OPPO akan terus mengembangkan fitur-fitur menarik yang disesuaikan dengan tren dan gaya hidup anak muda. OPPO akan kembali menghadirkan seri Reno terbaru yakni OPPO Reno6, yang akan membawa fitur portrait menarik lainnya.

Dilihat dari kanal resmi OPPO Indonesia di YouTube, fitur Bokeh Flare Portrait kemungkinan akan menjadi andalan dari OPPO Reno6. Fitur ini serupa dengan Night Flare Portrait yang ada di seri OPPO Reno4 namun telah ditingkatkan kemampuannya untuk kebutuhan videografi. Belum ada informasi terkait fitur unggulan lainnya, namun patut disimak bagaimana nantinya fitur-fitur menarik akan muncul bersama dengan kehadiran perangkat OPPO Reno6. Tunggu saja!

Berita Terkait