Internet

Gempa Jogja Bermagnitudo 5,1, Netizen Ramai Cuitkan Ini di Twitter

Deretan pembahasan gempa langsung trending di Twitter.

Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi gempa. (pixabay/Tumisu)
Ilustrasi gempa. (pixabay/Tumisu)

Hitekno.com - Gempa Jogja yang baru saja terjadi pada Senin (28/06/2021) pagi langsung menghebohkan netizen sehingga kata kunci "Gempa" trending di Twitter. BMKG awalnya mengumumkan bahwa gempa memiliki kekuatan magnitudo 5,3 yang berpusat di 55 km barat daya Gunungkidul.

Dikutip dari Suara.com, analisis BMKG lebih lanjut menunjukkan bahwa gempa Jogja yang berpusat di Gunungkidul tersebut berkekuatan Magnitudo 5,1.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi selatan Yogyakarta ini berkekuatan M=5,3 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi Mw= 5,1," tulis Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono lewat kicauan di Twitter-nya.

Akun resmi BMKG Yogyakarta mengumumkan bahwa gempa kali ini dirasakan di sejumlah wilayah. Gempa Jogja pada Senin (28/06/2021) pukul 05.15 WIB berlokasi di 8.49 LS, 110.59 BT, 55 km barat daya Gunungkidul, dengan kedalaman 48 km.

Getaran dirasakan pada sejumlah wilayah termasuk Bantul, Gunungkidul (III-IV MMI), Purworejo, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Nganjuk (III MMI), Sleman, Yogya (II-III MMI), Klaten, Cilacap, Kebumen, Malang, dan Solo (II MMI).

Gempa Jogja 28 Juni 2021. (Twitter/ @bmkgjogja)
Gempa Jogja 28 Juni 2021. (Twitter/ @bmkgjogja)

Pantauan dari laman Trends24.in, kata kunci "Gempa" langsung trending di Twitter. Lebih dari 40 ribu cuitan dari netizen mengantarkan "Gempa" memuncaki trending topik Twitter wilayah Indonesia.

Tak hanya itu, beberapa kata kunci yang dicuitkan oleh netizen termasuk Kerasa, Banter, Gunungkidul, Kenceng, dan Lindu. Lima besar trending topik Twitter didominasi dengan perbincangan gempa yang baru saja terjadi di Yogyakarta.

"Mau salat terus ada gempa is another level of tobat," kata @n*ir*_h*n.

"Bro jam 5 pagi tiba-tiba ada gempa, sampai malas banget buat bangun dari tempat tidur (emoticon menangis)," balas @d*z*li*gvn_.

Netizen ramai mencuitkan soal gempa. (Trends24.in)
Netizen ramai mencuitkan soal gempa. (Trends24.in)

"Ya Tuhan, ini baru jam 5 pagi langsung ada gempa," cuit @ch*w*ic.

"Gempa ya (emoticon terkejut). Stay safe ya guys," tulis @h*r*ho*e18.

Hingga artikel ini dibuat, pembahasan "Gempa" masih trending topik di Twitter karena dicuitkan oleh puluhan ribu netizen.

Berita Terkait