Internet

Solusi Perbaikan Gizi Masyarakat, M-Tani Kembangkan Beras Fortifikasi

Sego Wangi Plus merupakan beras yang diperkaya berbagai macam vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B kompleks, zat besi, dan zinc.

Dinar Surya Oktarini

M-Tani kembangkan beras fortifikasi. (M-Tani)
M-Tani kembangkan beras fortifikasi. (M-Tani)

Hitekno.com - PT Moelti Pertanian Indonesia (M-Tani) sebagai perusahaan agribisnis berbasis riset dan teknologi terus melakukan
berbagai inovasi guna menstabilkan harga pangan dan mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia. Salah satu inovasi yang dihadirkan oleh M-Tani adalah dengan mengembangkan beras fortifikasi Sego Wangi Plus, yaitu beras yang diperkaya berbagai macam vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B kompleks, zat besi, dan zinc.

Kurangnya pemerataan nutrisi di Indonesia berpengaruh langsung terhadap produktivitas masyarakat yang kemudian akan berdampak kepada pertumbuhan ekonomi nasional. Dibutuhkan inovasi yang dapat menjadi solusi perbaikan dan pemerataan nutrisi di masyarakat, salah satunya melalui peningkatan nilai gizi beras dengan cara fortifikasi

“Pengembangan beras fortifikasi Sego Wangi Plus merupakan bentuk upaya M-Tani untuk mendukung kebijakan Pemerintah Republik Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan gizi dan pangan masyarakat berdasarkan amanat Undang-Undang No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dan Undang-Undang No.18 tahun 2012 tentang Pangan. Hal ini diharapkan menjadi solusi baru dalam upaya penanggulangan permasalahan gizi nasional sekaligus menurunkan kasus stunting di Indonesia,” papar Fidya Wahyuni, Public Relation M-Tani Group. Sego Wangi Plus merupakan produk beras fortifikasi M-Tani yang berasal dari beras premium dan diperkaya dengan zat gizi mikro yang baik untuk seluruh masyarakat Indonesia. Zat gizi tersebut baik untuk dikonsumsi, khususnya bagi ibu hamil dan anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

“Beras Fortifikasi Sego Wangi Plus merupakan beras yang diperkaya dengan zat gizi mikro seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin B12, asam folat, zat besi, dan zinc. Beras ini dapat menjadi solusi praktis pemerataan dan peningkatan status gizi masyarakat Indonesia,” jelas Fidya.

Akreditasi M-Tani. (Dok Istimewa)
Akreditasi M-Tani. (Dok Istimewa)

Inovasi pangan dari M-Tani dilakukan dengan membangun komunikasi dan kolaborasi bersama lembaga pemerintah dan pihak swasta baik dalam dan luar negeri untuk meningkatkan daya saing industri pertanian melalui pengembangan produk baru yang menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia. Salah satu pihak swasta yang berkolaborasi dengan M-Tani adalah DSM Indonesia yang merupakan produsen produk pangan berbasis nutrisi dalam mengembangkan beras fortifikasi.

Sego Wangi Plus hadir dalam dua macam varian, yaitu Sego Wangi ukuran kemasan 2,5 kg dan ukuran kemasan 5 kg Beras fortifikasi dari M-Tani ini sudah tersedia di marketplace Tokopedia dan Blibli serta akan hadir di beberapa modern market di Jakarta. Soft launching produk beras Sego Wangi Plus M-Tani akan dilakukan pada hari Senin, 28 Juni 2021, Pukul 10.00 WIB yang dikemas dalam acara talk show bertema “Beras Fortifikasi, Solusi Baru Perbaikan Gizi Masyarakat” dengan menghadirkan berbagai pihak terkait dari perwakilan pemerintah, dokter gizi klinis, dan praktisi beras fortifikasi. Acara ini akan disiarkan melalui Live Streaming di kanal Instagram @mtaniofficial dan @sahabat_umkm dan juga di kanal Youtube M-Tani.

M-Tani berharap keluarga Indonesia dapat menjadi konsumen setia beras fortifikasi Sego Wangi Plus dan menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan gizi mikro harian masyarakat Indonesia. “Perwujudan keluarga yang bergizi baik akan menghasilkan generasi baru Indonesia yang lebih baik untuk mendukung Indonesia yang lebih maju,” pungkas Fidya.