Profil John McAfee, Konglomerat Eksentrik dan Mantan Bos Antivirus

John McAfee dan segudang kontroversinya.

Agung Pratnyawan
Kamis, 24 Juni 2021 | 10:57 WIB
John McAfee. (Twitter/ officialmcafee)

John McAfee. (Twitter/ officialmcafee)

Hitekno.com - John McAfee, seorang programer dan pengusaha yang tengah menjadi sorotan. Pria berkebangsaan Inggris dan Amerika Serikat ini adalah pendiri dari McAfee Associates, perusahaan antivirus ternama.

Pemilik nama lengkap John David McAfee ini mendirikan perusahaan McAfee sebagai penyedia software antivirus pada 1987 silam di Santa Clara, California, Amerika Serikat.

McAfee juga menjadi software antivirus komersial pertama yang sukses di pasaran dengan berbagai produk keamanan. Dan terus berkembang dari masa ke masa.

Baca Juga: Konglomerat dan Bos Antivirus, John McAfee Tewas Gantung Diri di Penjara

Beberapa produk andalan perusahaan ini adalah McAfee VirusScan, McAfee SpamKiller, IntruShield, Entercept, dan Foundstone. Nama perusahaan ini terus melejit dibidang software komputer.

Seperti dalam halaman profile John McAfee di Wikipedia, pria kelahiran 18 September 1945 ini menjalankan perusahaanya sampai 1994. Ia memutuskan resign dari perusahaan yang didirikannya.

Meski ditinggal pendirinya, perushaaan antivirus ini terus berjalan. Bahkan dibeli Intel pada 2011 kemarin, dan hingga kini beroperasi terus menggunakan nama McAfee.

Baca Juga: Heboh Kalung Antivirus Kementan, Netizen Buat Kreasi Kalung Nyeleneh

Menurut laporan, kekayaan John McAfee berada di puncak pada tahun 2007. Saat itu ia memiliki kekayaan sampai 100 juta dolar AS, hingga investasinya anjlok pada krisis keuangna 2008.

John McAfee. (Twitter/ officialmcafee)
John McAfee. (Twitter/ officialmcafee)

Ia pun telah melakukan beragam investasi dan mendirikan sejumlah perusahaan selepas keluar dari McAfee. Seperti Tribal Voice, pengembang aplikasi pesan instan atau chatting.

Pada Februari 2010, ia mendirikan perusahaan bernama QuorumEx berpusat di Belize. Perusahaan ini bergerak dalam pengembangan antibiotik herbal.

Baca Juga: Antivirus Ini Bisa Tahu Jejak Digital Pengguna Hingga ke Situs Porno

Lalu pada 2013 ia mendirikan Future Tense Central, perusahaan pengembang sistem keamanan jaringan komputer dengan produk yang diberi nama D-Centra.

Pada 2016, John McAfee bergabung dengan MGT Capital Investments sebagai CEO. Lalu ia merubah nama perusahaan tersebut menjadi John McAfee Global ologies, dan berupaya merebut nama McAfee dari Intel.

Pria ini juga mengubah halian perusahaan dari yang sebelumnya di game sosial menjadi keamanan siber. Ia juga mengklaim kalau telah sukses menemukan celah keamanan Android yang bisa dipakai untuk membaca pesan WhatsApp terenkripsi.

Baca Juga: Aplikasi Antivirus Terbaik yang Wajib Ada di Android Kamu

Gizmodo yang melakukan investigasi pada klaim tersebut malah mendapati reporternya dikirimi malware oleh John McAfee. Hal ini yang diklaimnya untuk bisa membuat peretasan tersebut berhasil.

Tak berhenti di situ, ia juga membawa MGT berpaling ke mining Bitcoin dan aset kripto lainnya. Dari sini, ia banyak mendalamisoal cryptocurrency.

Yang tidak banyak orang tahu, John McAfee ternyata juga pernah maju dalam pemilihan calon presiden yang akan diusung Partai Libertarian AS pada 2016. dan 2020.

Pada 5 Oktober 2020, ia ditangkap pihak berwenang Spanyol atas permintaan Departemen Kehakiman AS dengan tuduhan penggelapan pajak. Ia disebutkan telah mendapatkan jutaan dolar AS pada 2014 sampai 2018.

Pengadilan negeri Paman Sam juga menuntut pria ini telah melakukan kecurangan dalam promosi investasi cryptocurrency. Ia diduga telah dibayar 23 juta dolar AS dalam bentuk aset digital untuk mempromosikan cryptocurrency.

John McAfee juga dikenal dengan beragai kontroversinya. Termasuk dirinya yang membuat video parody cara uninstall McAfee di YouTube pribadinya.

Ia juga kerap mengunggah berbagai tindakan di luar dugaan melalui akun media sosial. Seperti menggunakan pakaian dalam wanita sebagai masker.

Pada 23 Juni 2021, pengadilan Spanyol mengesahkan ekstradisi atas permintaan AS. Namun beberapa jam setelahnya, John McAfee memilih menghabisi nyawanya sendiri di tahanan.

Itulah profile John McAfee, pengusaha eksentrik pendiri perushaan antivirus hingga sederet kontroversi dan keramaian soal cryptocurrency.

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak