Internet

Google Doodle Hari Ini Bahas Vaksin Covid-19

Dengan cara unik, Google Doodle mengingatkan masyarakat soal vaksin Covid-19.

Agung Pratnyawan

Google Doodle hari ini 22 Juni 2021. (Google)
Google Doodle hari ini 22 Juni 2021. (Google)

Hitekno.com - Google Doodle hari ini, Selasa (22/6/2021) menampilkan pembahasan soal Vaksin Covid-19. Melalui tampilan dan animasi interaktif, mengingatkan masyarakat soal pandemi yang melanda.

Halaman utama situs pencarian ternama ini selalu memberikan tampilan unik setiap melakukan peringat tertentu. Termasuk hari ini, dengan Google Doodle soal Vaksin Covid.

Google membagikan siapa saja yang layak untuk mendapatkan vaksin sesuai dengan pedoman NHS (National Health Service).

"Vaksin Covid-19 sedang diluncurkan. Lihat pedoman NHS untuk kelayakan," tulis Google.

Menurut laman resmi NHS, tidak semua orang bisa mendapatkan vaksin Covid-19.

Hal yang perlu diperhatikan adalah penerima vaksin harus orang berusia 18 tahun ke atas, memiliki risiko tinggi terpapar Covid-19.

Selain itu, orang yang bekerja sebagai petugas medis dan tinggal di panti jompo, serta orang menjadi pengasuh utama seseorang yang berisiko tinggi terkena Covid-19.

Google Doodle hari ini 22 Juni 2021. (Google)
Google Doodle hari ini 22 Juni 2021. (Google)

Doodle ini sebelumnya pernah muncul pada awal Juni untuk mengingatkan masyarakat tetap menggunakan masker penutup wajah dan mendapatkan vaksin.

Doodle tersebut menampilkan kata "Google" yang memiliki kaki dan lengan. Masing-masing huruf berdiri berdekatan sambil memakai masker.

Huruf G hingga G pada kata Google memiliki ikon plester pada lengannya. Masing-masing huruf terlihat ceria sambil mengangkat lengan dan memamerkan plester tersebut.

Sementara itu, huruf E terakhir didesain seperti perawat medis. Karena huruf L belum memiliki plester pada lengannya, animasi tersebut memperlihatkan huruf E yang memberikan botol cairan kepada huruf L.

Pada saat itu, plester pada huruf L muncul. Hal ini mengindikasikan bahwa huruf L telah mendapatkan vaksin yang disuntikkan oleh petugas medis.

Jika mengklik doodle tersebut dari halaman awal pencarian, kamu akan melihat halaman berisi hasil pencarian menampilkan peta negara dari mana pengguna berasal dan jumlah kasus virus Corona yang terkonfirmasi, jumlah kematian, dan jumlah kasus yang sembuh.

Halaman tautan tersebut pun menampilkan total kasus secara global. Juga melakukan pencarian dengan kata kunci Vaksin Covid.

Halaman itu pun menampilkan situs-situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Pusat pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), UNICEF, hingga situs tepercaya di Indonesia yang memuat artikel tentang virus Corona.

Dengan adanya Covid-19, Google telah menyoroti pandemi tersebut menjadi topik utama doodle sejak 2020.

Dengan Google Doodle ini, memberikan informasi terkait pandemi Covid-19 dan Vaksi Covid-19. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait