Internet

Cara Cek IMEI Samsung Aman dan Praktis

Ikuti cara cek IMEI Samsung ini, mudah kok.

Agung Pratnyawan

Samsung Galaxy M51. (Samsung Indonesia)
Samsung Galaxy M51. (Samsung Indonesia)

Hitekno.com - Ikuti berikut ini cara cek IMEI Samsung dengan mudah dan aman. Bisa dilakukan sendiri dan tidak perlu utak-atik dan bongkar smartphone Samsung kamu.

Samsung masih menjadi perangkat smartphone terpopuler di dunia. Popularitas Samsung menjadi incaran produsen palsu. Salah satu cara untuk mengetahui HP Samsung asli atau replika adalah dengan mengecek nomor IMEI.

International Mobile Equipment Identity atau disingkat IMEI merupakan kumpulan kode yang biasanya tediri dari 14 hingga 16 digit angka. Kode IMEI pada setiap smartphone berbeda-beda. Oleh karena itulah IMEI bisa dikatakan sebagai identitas dari sebuah smartphone.

Cara cek IMEI Samsung sendiri sangat mudah. Cara cek IMEI Samsung sudah disediakan beberapa pilihan yang bisa kamu gunakan, termasuk untuk pengguna pemula sekalipun. Kombinasi angka dan huruf pada format kode IMEI mengacu pada format standar yang dirilis sejak tahun 2004. Format ini berupa AA-BBBBBB-CCCCCC-D yang disebut juga dengan Type Allocation Code alias TAC.

Pada HP Samsung Galaxy, kode yang tercantum TAC 35-853704. Di bagian C adalah serial number yang disematkan perusahaan secara unik pada masing – masing smartphone. Kemudian, digit terakhir atau bagian D, adalah verifikasi IMEI info samsung.

Cara Cek IMEI Samsung

Samsung Galaxy A02s. (Samsung)
Samsung Galaxy A02s. (Samsung)

Cara cek IMEI Samsung untuk mengecek berapakah nomor atau kode IMEI Samsung, kamu bisa menggunakan 2 cara cek IMEI Samsung resmi. Berikut cara cek IMEI Samsung yang telah Hitekno.com rangkum dari laman resmi Samsung, Senin (21/6/2021).

1. Melalui Keypad

  • Pada keypad, tekan kode *#06#.
  • kemudian, tekan tombol call.
  • kode IMEI akan segera tampil di layar.

Cara cek IMEI Samsung resmi ini berlaku untuk semua jenis smartphone dengan berbagai tipe dan merek.

2. Melalui Setting

  • Pada menu aplikasi, klik Settings.
  • Cari About Phone.
  • Cari kode IMEI.

3. Cek Fisik

Cara cek IMEI Samsung fisik yang dimaksud disini adalah melihat pada dus HP kamu. Cara cek IMEI Samsung, kamu bisa cek pada bagian samping dus, biasanya akan tertera detail IMEI dan beberapa detail lainnya.

Pada HP yang baterainya bisa dilepas (bukan baterai tanam), bisa juga melihat pada bagian bawah baterai. Jadi, kamu hanya perlu membuka casing dan baterai saja untuk melihat nomor IMEI yang digunakan.

Sedangkan untuk HP dengan baterai tanam, kamu bisa melihat nomor IMEI pada bagian belakang HP. Hampir semua HP dengan baterai tanam menyertakan informasi IMEI pada casing belakang.

Setelah mengetahui kode IMEI Samsung, kamu bisa mengunjungi website www.imei.info. Pada situs ini kamu bisa mengetahui berbagai info yang lebih rinci mengenai kode IMEI ponsel. Termasuk model, perusahaan pembuat hingga tahun dirilis. Cara cek IMEI Samsung juga bisa memberikan beberapa manfaat.

Apabila HP Samsung hilang atau dicuri, kamu bisa segera melaporkan kode IMEI tersebut ke provider untuk dilakukan pemblokiran agar sang pencuri tak bisa menggunakan smartphone. Selain itu, kamu juga bisa menyerahkan kode IMEI ke kepolisian untuk identifikasi dan menindaklanjuti kasus pencurian berdasarkan pelacakan terhadap kode IMEI.

Selamat mencoba cara cek IMEI Samsung di atas, semoga berguna. 

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait