Internet

Cara Mengatur Margin Skripsi di Microsoft Word, Mudah Tak Ribet!

Cukup mudah cara mengatur Margin skripsi di Microsoft Word.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca)
Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca)

Hitekno.com - Mudah sekali cara mengatur margin skripsi di Microsoft Word dengan beberapa langkah berikut ini semua masalah terselesaikan dengan cepat, ikuti caranya berikut ini.

Jika kamu mahasiswa tingkat akhir yang sudah disibukkan dengan skripsi maka hal yang perlu dipahami adalah mengetahui format dan aturan-aturan dalam penulisan skripsi / makalah.

Karena penulisan hasil karya ilmiah atau skripsi tidaklah asal-asalan, namun ada ketentuan yang wajib kamu ikuti seperti aturan lebar batas atas bawah dan juga batas kanan kiri yang biasa disebut dengan margin.

Cara Mengatur Margin Skripsi

Umumnya kertas yang digunakan untuk cetak skripsi adalah kertas ukuran A4, sebelum mencetak maka yang butuh diatur dahulu adalah jarak dari tepi kertas agar sesuai dengan aturan penulisan skripsi di Microsoft words.

Umumnya aturan margin untuk skripsi adalah 4433 yang artinya setiap jarak tepi atas, bawah, kanan dan kiri dibuat dengan jarak dalam satuan cm (centimeter).

Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Buka Microsoft Word
  2. Selanjutnya pilih pada bagian menu bar di atas, selanjutnya pilih pada bagian Page Layout
  3. Pilih layout halaman landscape atau potrait
  4. Langkah berikutnya klik menu “Margin” disi atas sebelah kiri
  5. Jika pada bagian margin tidak tersedia ukuran 4433 maka kamu bisa pilih “Custom Margin”
  6. Selanjutnya isikan margin sesuai ketentuan format skripsi yaitu 4 4 3 3 dalam satuan cm
  7. Pengaturan : Top : 4 cm, Left : 4 cm, Bottom : 3 cm, Right : 3 cm
  8. Selanjutnya klik “Oke”
  9. Selesai


Mudah bukan, cara mengatur margin skripsi di Microsoft Word?

Ilustrasi dokumen doc Microsoft Word. (Microsoft Word)
Ilustrasi dokumen doc Microsoft Word. (Microsoft Word)

 

Jika kamu sudah mengerti tentang pengaturan margin ini, maka kamu juga dapat membuat beberapa berbagai macam ukuran kertas dan jarak yang kamu inginkan.

Misal untuk mengatur jarak margin untuk pembuatan undangan, label, banner dan apa saja yang secara format tidak standar, kini kamu bisa melakukan semuanya dengan sangat mudah.

Daftar Istilah Menu Margin.

Margin Top

Margin top artinya untuk pengaturan jarak text dengan tepian kertas bagian atas, jadi margin top akan mempengaruhi jarak besar kecil jarak dibagian atas.

Margin Bottom

Margin Bottom akan berbeda halnya dengan bagian top, karena margin bottom akan mengatur jarak sisi text dalam tulisan dengan tepian kertas di bagian bawah.

Margin Left & Right

Untuk margin left dan right ini akan mengatur jarak kertas bagian sisi tepian terluar dengan text yang ada disebelah kiri atau kanan.

Sebaiknya kamu perhatikan untuk margin sebelah kiri (left) harus memiliki jarak 4 cm, hal ini dikarenakan margin sebelah kiri nantinya akan dijilid sehingga membutuhkan jarak yang lebih dari pada sebelah kanan.

Nah itu tadi adalah panduan singkat tentang cara mengatur Margin Skripsi di Microsoft Word bagi kamu yang sedang menyelesaikan tugas akhir, semoga cara ini bermanfaat buat kamu dan skripsimu cepat selesai.  (Kontributor HiTekno.com: Jeffry francisco).

Berita Terkait