Internet

Kampanye Hari BBI: Transaksi Produk Lokal di Tokopedia Melonjak 6x Lipat

Kampanye ini didukung oleh 72 platform e-commerce di Indonesia.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi Tokopedia. (Tokopedia)
Ilustrasi Tokopedia. (Tokopedia)

Hitekno.com - Kampanye Hari Bangga Buatan Indonesia (BBI), yang ditetapkan pemerintah pada 5-13 Mei 2021 lalu, ternyata meraih antusiasme sangat tinggi dari masyarakat. Kampanye ini didukung oleh 72 platform e-commerce di Indonesia, termasuk Tokopedia.

“Tokopedia, yang merupakan rumah bagi lebih dari 11 juta penjual, di mana hampir 100%nya UMKM lokal, mencatat adanya kenaikan penjualan di sejumlah kategori produk lokal selama kampanye BBI berlangsung,” ungkap External Communications Senior Lead, Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Ilustrasi Tokopedia. (Tokopedia)
Ilustrasi Tokopedia. (Tokopedia)

 

  1. Makanan dan Minuman - Kategori Makanan dan Minuman masih tetap menjadi kategori favorit masyarakat, dilihat dari peningkatan transaksi sebanyak lebih dari 2x lipat selama kampanye berlangsung dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya. “Kami mencatat paket dan parsel makanan, makanan ringan dan minuman sebagai produk favorit masyarakat di kategori ini selama kampanye hari BBI berjalan,” jelas Ekhel. Jagapati, toko produk-produk makanan sehat produksi petani dan UMKM lokal, turut mencatat kenaikan transaksi hampir 2x lipat selama kampanye berjalan.
  2. Ibu dan Bayi - Transaksi pada kategori Ibu dan Bayi juga mengalami peningkatan lebih dari 2x lipat. Di kategori ini, makanan dan susu bayi, produk perawatan bayi serta makanan dan susu ibu hamil menjadi produk paling diincar selama kampanye berjalan. 
  3. Kesehatan - “Produk kesehatan tentu masih menjadi kebutuhan penting masyarakat terutama selama pandemi. Kami mencatat adanya peningkatan hampir 3x lipat pada kategori Kesehatan saat Hari BBI 2021 berlangsung,” tambah Ekhel. Pada Kategori Kesehatan, perlengkapan kebersihan, masker dan obat-obatan menjadi 3 produk paling dicari selama kampanye berlangsung.
  4. Fashion - Ekhel menjelaskan, “Walaupun banyak masyarakat yang masih harus beraktivitas dari rumah, kategori Fashion tetap diminati, dilihat dari transaksi yang melejit hingga lebih dari 6x lipat selama kampanye, jika dibandingkan dengan periode yang sama sebelum kampanye.” Dakara Indonesia, salah satu pegiat usaha lokal yang menjual berbagai produk fashion bermotif etnik Indonesia, ikut mengalami kenaikan transaksi hingga lebih dari 2x lipat berkat partisipasinya dalam kampanye Hari BBI 2021.
  5. Elektronik Lokal - Antusiasme masyarakat akan produk elektronik buatan lokal pun meningkat berkat kampanye Hari BBI 2021. “Ada kenaikan hingga lebih dari 6x lipat pada kategori Elektronik Lokal selama kampanye,” kata Ekhel. Produk elektronik seperti audio, lampu dan elektronik kantor menjadi 3 produk terpopuler pada kategori ini.

“Tokopedia berharap akan lebih banyak lagi kolaborasi seperti Hari BBI 2021 yang bisa memberikan panggung lebih luas kepada UMKM lokal dalam memperkenalkan produknya ke lebih banyak masyarakat Indonesia sekaligus mendorong rasa #BanggaBuatanIndonesia,” tutup Ekhel.

Berita Terkait