Internet

Cara Membuat Google Classroom, Lancar Sekolah Online dengan Mudah

Mudah dalam membuat Google Classroom.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Google Classroom. (Google)
Google Classroom. (Google)

Hitekno.com - Google Classroom menjadi salah satu pilihan platform yang digunakan untuk sekolah online. Layanan ini juga populer karena memang memudahkan dalam mengadakan kegiatan belajar mengajar dari rumah saja.

Sejak awal pandemi, sekolah online telah diberlakukan untuk melakukan kegiatan belajar dan mengajar. Beragam platform telah dipakai, namun satu yang cukup populer adalah Google Classroom.

Selain menggunakan Zoom, guru dan pihak sekolah bisa memanfaatkan layanan Google yaitu Google Classroom. Dengan layanan ini, guru dapat membuat berbagai kelas menyesuaikan tiap mata pelajaran yang ada.

Sangat praktis untuk digunakan, berikut beberapa cara membuat Google Classroom dengan mudah untuk kelas sekolah online. Pastikan kamu memiliki akun Google pribadi atau khusus untuk proses belajar mengajar.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke laman https://classroom.google.com/. Usai masuk ke laman pertama Google Classroom, kamu bisa memilih ikon plus (+) untuk membuat kelas atau bergabung dengan kelas yang sudah ada.

Cara membuat kelas di Google Classroom. (Google)
Cara membuat Google Classroom. (Google)

Untuk membuat kelas, kamu bisa memilih pilihan 'Create Class'. Selanjutnya, kamu perlu mengisi beberapa informasi yang dibutuhkan seperti nama kelas, ruangan, dan lain-lain.

Jika semua informasi yang diminta sudah kamu isi dan dianggap sesuai, langsung pilih pilihan 'Create' yang kemudian langsung mengarahkan kamu ke kelas yang sudah kamu buat ini.

Langkah selanjutnya adalah dengan membuat kode kelas yang dapat digunakan untuk mengundang siswa ke kelas yang telah kamu buat. Jangan lupa untuk membagikan kode tersebut ke siswa ya.

Cara membuat kelas di Google Classroom. (Google)
Cara membuat Google Classroom. (Google)

Cara bergabung ke kelas melalui Google Classroom

Agar proses belajar mengajar dapat dimulai, siswa perlu untuk masuk ke Google Classroom melalui link yang telah dibagikan. Yang perlu siswa lakukan untuk bergabung ke kelas adalah dengan memilih pilihan 'Join Class' kemudian memilih ikon plus (+).

Setelah memilih 'Join Class' di Google Classroom, siswa nantinya perlu mengisi kode yang menjadi kunci untuk masuk ke kelas yang sudah dibuat. Jika kodenya benar, maka siswa akan langsung masuk ke kelas untuk menjalankan sekolah online.

Itu tadi cara membuat Google Classroom untuk mengikuti sekolah online. Cukup praktis dan super canggih, jangan lupa untuk mengikuti tiap cara di atas ya.

Selain Zoom, Google Classroom jadi pilihan menarik karena memang dioptimalkan untuk mengelar kegiatan belajar dan mengajar atau sekolah online.

Berita Terkait