Internet

Warga Rebut Alat Pemadan dari Petugas, Malah Geger Api Menyembur

Tak sabar berujung kegegeran.

Agung Pratnyawan

Warga rebut alat pemadam dari petugas damkar berakibat fatal (twitter.com/@ndagels)
Warga rebut alat pemadam dari petugas damkar berakibat fatal (twitter.com/@ndagels)

Hitekno.com - Viral di media sosial. video warga berkerumun merebut selang alat pemadam dari petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan api. Namun mereka malah dibuat kaget karena semburan api.

Dalam video viral tersebut, nampak warga yang tak sabar ingin memadamkan api berkerumun untuk menggunakan selang pemadam.

Video ini diunggah oleh akun Twitter @ndagels, Jumat (21/5/2021) tampak bebrapa warga merebut alat pemadam dari petugas damkar dan berinisiatif untuk menyemprotkan air ke lokasi kebakaran.

Sayangnya, beberapa saat setelah selang diarahkan ke titik kebakaran, api justru membesar dan menyembur ke arah kerumunan warga.

"Apa yang akan terjadi kalau ga sabaran dan ngrebut alat pemadam dari petugas pemadam kebakaran?" tulis akun tersebut seperti dikutip HiTekno.com dari BeritaHits.id, Jumat (21/5/2021).

Melihat kejadian tersebut, beberapa netizen lantas menuliskan beragam komentar. Beberapa dari mereka menyayangkan tindakan para warga.

Ada pula yang menyebut bahwa peristiwa api yang membesar itu disebut sebagai backdraft.

Warga rebut alat pemadam dari petugas damkar berakibat fatal (twitter.com/@ndagels)
Warga rebut alat pemadam dari petugas damkar berakibat fatal (twitter.com/@ndagels)

"Karena emang ada tekniknya buat madamin api, nggak main guyur aja.. Astaga," tulis netizen dengan akun mollynyan12.

"Namanya back draft, pejelasannya ada di sini," tulis netizen dengan akun Srengengenjedul sambil melampirkan tautan video Youtube.

"Mamam itu backdraft, tapi habis gitu korban pasti nyusahin juga karena harus manggil ambulan hadeuh nambah-nambah kerjaan aja," tulis netizen dengan akun marrythe13th.

"Bro dengan memberikan jalan dan nggak bikin keramaian di lokasi kebakaran juga udah membantu kok," tulis netizen lain dengan akun Ifaturrohman.

Melansir dari laman resmi Dinas Damkar Kabupaten Sukabumi, backdraft adalah situasi yang dapat terjadi ketika produk kebakaran-gas yang kekurangan oksigen, sehingga pembakaran melambat (karena kurangnya oksigen) tetapi bahan bakar gas mudah terbakar (terutama CO) dan asap (terutama hidro-karbon bebas radikal dan partikel) tetap berada pada suhu di atas titik-api gas bahan bakar.

Jika oksigen kembali diperkenalkan ke dalam api, misalnya dengan membuka pintu (atau jendela) ke ruangan tertutup, pembakaran akan dimulai kembali, sering mengakibatkan efek ‘ledakan’ sebagai gas yang dipanaskan oleh pembakaran dan berkembang pesat karena suhu yang meningkat pesat.

Video selengkapnya dapat dilihat DI SINI.

Itulah video viral di media sosial, warga berebut selang dari pemadam kebakaran malah geger semburan api. (BeritaHits.id/ Aprilo Ade Wismoyo).

Berita Terkait