Internet

6 Aplikasi Silaturahmi Virtual, Lepas Rindu yang Tak Bisa Mudik

Meski tak bisa mudik, tetap jadi silaturahmi dengan keluarga.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi video call. (Pixabay/ mohamed Hassan)
Ilustrasi video call. (Pixabay/ mohamed Hassan)

Hitekno.com - Tidak bisa mudik bukan berarti menghalangi kita untuk silaturahmi, karena kini banyak aplikasi yang bisa digunakan. Kita bisa memanfaatkan aplikasi silaturahmi virtual untuk tetap meramaikan momen lebaran 2021.

Beragam aplikasi silaturahmi telah tersedia, yang mulai dari sekadar chatting hingga panggilan telepon bahkan video call. Dan terkini paling ramai layanan video call grup.

Berikut ini ada enam aplikasi silaturahmi yang bisa kamu gunakan meramaikan momen lebaran 2021 meski tidak bisa mudik:

  1. Whatsapp
  2. Google Meet
  3. Zoom Cloud Meetings
  4. FaceTime
  5. Skype
  6. Line Group Call

 

Hanya dalam hitungan hari seluruh umat Muslim akan merayakan hari Raya Idul Fitri, peringatan Idul Fitri akan dirayakan pada tanggal 1 Syawal 1442 H atau yang bertepatan dengan tanggal 13 Mei 2021.

Momen Lebaran pastinya selalu menjadi sebuah momen yang paling dinanti-nanti oleh seluruh pemeluk agama Islam di Indonesia, hal ini dikarenakan momen lebaran selalu dirayakan dengan agenda mudik atau pulang ke kampung halaman masing-masing.

Tidak terasa sudah tahun kedua bagi kita semua semenjak pemerintah mengeluarkan kebijakan larangan mudik guna menekan persebaran virus Covid, pembatasan yang mengharuskan menjaga jarak antara satu sama lain tentunya terasa begitu berat bagi sebagian dari kita.

Beruntungnya berkat kemajuan teknologi yang kita rasakan seperti saat ini membuat kita tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga, meskipun hanya secara virtual.

Berikut adalah ulasan yang akan membahas kumpulan aplikasi untuk silaturahmi virtual yang bisa anda gunakan untuk mengobati rindu saat momen Lebaran.

Kumpulan Aplikasi Silaturahmi Virtual

1. Whatsapp

Panggilan video via WhatsApp dekstop. (Blog WhatsApp)
video call via WhatsApp dekstop. (Blog WhatsApp)

Jenis aplikasi yang pertama adalah Whatsapp, tentunya anda sudah tidak asing lagi mendengar aplikasi yang satu ini. Aplikasi yang saat ini menjadi sebuah aplikasi primer dalam kehidupan anda ini bisa digunakan sebagai aplikasi silaturahmi virtual.

Salah satu fitur yang ada pada Whatsapp dapat anda gunakan sebagai medium untuk melakukan silaturahmi virtual, anda bisa mengundang sampai dengan 50 orang untuk bisa bergabung dengan room yang sudah anda buat.

2. Google Meet

Logo Google Meet. (Google)
Logo Google Meet. (Google)

Jenis aplikasi yang kedua adalah Goole Meet, aplikasi ini merupakan salah satu produk andalan yang dimiliki oleh Google.

Cara pemakaian aplikasi inipun terbilang sangat mudah, anda hanya diharuskan untuk melakukan registrasi akun Gmail. Salah satu kelebihan Google Meet adalah dapat mengundang sampai dengan 100 orang dalam waktu yang tidak terbatas.

3. Zoom Cloud Meetings

Ilustrasi aplikasi Zoom. (Unsplash/Chris Montgomery)
Ilustrasi aplikasi Zoom. (Unsplash/Chris Montgomery)

Zoom adalah salah satu produk yang cukup diminati saat era pandemi beberapa waktu lalu, larangan untuk bertemu secara fisik membuat Zoom begitu ramai digunakan orang.

Zoom memiliki fitur untuk bisa melakukan video call sampai dengan 100 orang, namun perlu anda perhatikan bahwa panggilan video yang diikuti oleh lebih dari 3 peserta hanya memiliki waktu maksimal 40 menit

4. FaceTime

Ilustrasi video call. (Pixabay)
Ilustrasi video call. (Pixabay)

Selanjutnya adalah FaceTime, bagi pengguna produk Apple tentunya sudah tidak asing dengan aplikasi ini.

Hal ini dikarenakan aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan yang memang sudah disediakan ketika anda memakai produk Apple. Aplikasi FaceTime merupakan aplikasi panggilan video untuk produk ekosistem Apple seperti iPhone, iPad, dan iPod Touch

5. Skype

Aplikasi Skype di laptop. (Skype)
Aplikasi Skype di laptop. (Skype)

Mungkin diantara beberapa jenis platform yang disebutkan Skype menjadi yang paling dahulu digunakan sebagai aplikasi video call. Skype dapat menghubungkan anda dengan 25 orang dalam satu panggilan video

6. Line Group Call

Aplikasi Line. (Line)
Aplikasi Line. (Line)

Aplikasi untuk silaturahmi yang keenam adalah Line Group Call, mungkin dari di kalangan remaja line bukanlah nama baru dalam dunia aplikasi chatting.

Salah satu hal yang paling ikonik yang dimiliki oleh line adalah dengan adanya fitur stiker yang begitu menarik. Untuk menggunakan line group call anda cukup mendaftarkan nomor maupun email pribadi anda untuk membuat akun line

Itulah kumpulan aplikasi silaturahmi virtual, anda tertarik dengan salah satunya? Semoga dengan adanya informasi ini dapat memberikan wawasan sekaligus referensi bagi anda yang belum berkesempatan untuk melakukan mudik.

Manfaatkan beberapa aplikasi silaturahmi virtual di atas, tetap menjalin silaturahmi meski tidak bisa mudik. Momen lebaran 2021 tetap terasa bermakna. (Suara.com/ Dhea Alif Fatikha).

Berita Terkait