Internet

Kisah Pemudik Akali Petugas demi Surat Jalan, Picu Perdebatan Netizen

Demi bisa mudik, sampai melakukan hal ini?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi mobil. (Pixabay)
Ilustrasi mobil. (Pixabay)

Hitekno.com - Meski ada larangan mudik, banyak orang yang masih nekat untuk pulang ke kampung halaman. Seperti kisah pemudik satu ini yang sampai mengakali petugas demi mendapatkan surat jalan.

Viral di media sosial, video bagaimana pemudik ini mengklaim telah sukses mengakali petugas agar bisa mudik. Ia sengaja berbohong soal daerah tujuan mudik agar bisa mendapat surat jalan.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @mimi.julid, Kamis (6/5/2021) diceritakan bagaimana pemudik tersebut bisa melenggang bebas ke kampung halaman.

Sayangnya cara yang dilakukan itu dinilaikurang terpuji oleh netizen karena membohongi petugas.

Mula-mula, pemudik itu mengaku sengaja mengganti arah tujuan mudik. Ia seharusnya mudik ke Tasikmalaya, namun ia justru mengambil jalur menuju ke Lampung.

"Jadi ceritanya mau mudik dari Jakarta ke Tasikmalaya, sengaja gue arahin ke Lampung," tulisnya.

"Setibanya di Merak distop dong sama polisi, dan ditanya dari mana mau ke mana?" lanjutnya.

"Gue bilang aja dari Tasik mau ke Lampung." lanjutnya lagi.

Cerita pemudik kelabuhi petugas (instagram.com/@mimi.julid)
Cerita pemudik kelabuhi petugas (instagram.com/@mimi.julid)

Petugas pun melarang pemudik itu untuk melanjutkan perjalanan ke Lampung dan memintanya untuk putar balik. Pihak petugas lantas berjanji membuatkan surat jalan ke Tasikmalaya.

"Nanti kami buatkan surat pengantar untuk putar balik ke Tasik," tulis pemudik tersebut menirukan ucapan petugas.

"Dan akhirnya gaspol menuju kampung tercinta," tulis pemudik tersebut.

Melihat video tersebut, para netizen lantas memberikan beragam komentar. Beberapa dari mereka menilai tindakan itu tak layak untuk dicontoh.

Namun ada juga netizen yang menganggapnya sebagai ide bagus, hanya saja takut terciduk.

"Adaaaa aja akal-akalan warga +62 ini yesss. Buat mas atau mbaknya jangan lupa prokesnya yah pas sampai kampung. Tidak untuk dicontoh yah bund," tulis mimi.julid.

"Boleh juga idenya tapi takut keciduk," tulis netizen dengan akun fitriyhan.

"Bukannya dicek KTP ya? Dilihat domisilinya di mana. Kalau keluar dari domisili pasti dicegat lagi lah," tulis netizen lain dengan akun grosirspreiresleting.

"Saya cuma kasihan sama nakes. Boro-boro mudik, bisa pulang ke rumah aja udah syukur..." tulis netizen dengan akun neechnny.

Video selengkapnya dapat dilihat di sini.

Itulah video viral di media sosial, bagaimana pengakuan pemudik mengakali petugas demi dapat surat jalan saat larangan mudik berlaku. Namun cara mudik ini malah jadi perdebatan netizen. (BeritaHits.id/ Aprilo Ade Wismoyo).

Berita Terkait