5 Upaya Tokopedia Dukung Talenta Digital Indonesia

Memperingati hari Pendidikan Nasional 2021, tokopedia dukung talenta digital Indonesia.

Dinar Surya Oktarini
Minggu, 02 Mei 2021 | 18:15 WIB
Upaya Tokopedia Dukung Talenta Digital Indonesia. (Tokopedia)

Upaya Tokopedia Dukung Talenta Digital Indonesia. (Tokopedia)

Hitekno.com - Perkembangan industri teknologi yang semakin pesat berbanding lurus dengan kebutuhan talenta digital yang semakin tinggi. Hal ini mendorong Tokopedia terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengasah talenta digital.

“Contohnya melalui Tokopedia Academy, wadah untuk mengasah talenta digital Indonesia demi mendorong terciptanya lebih banyak inovasi yang bisa mempermudah kehidupan masyarakat, dan secara umum memajukan industri teknologi dalam negeri,” ungkap Tokopedia Academy Lead, Siti Fauziah.

Menyambut Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2021 mendatang, Tokopedia membagikan lima program di bawah naungan Tokopedia Academy yang mendukung perkembangan talenta digital Indonesia. 

Baca Juga: 5 Platform untuk Beli Diamonds Mobile Legends, Simak Rekomendasinya!

Tokopedia Goes to Campus 

Program ini memungkinkan mahasiswa mengikuti sharing session bersama para ahli teknologi Tokopedia untuk mengasah keterampilan sebelum berkarir di perusahaan teknologi.

“Selama Februari-April 2021, tercatat ribuan peserta dari ratusan universitas di Indonesia maupun luar negeri mengikuti program ini,” kata Siti.

Baca Juga: Apple Tengah Uji Coba Siri untuk Mengenali Suara Penipu

START Summit 

Upaya Tokopedia Dukung Talenta Digital Indonesia. (Tokopedia)
Upaya Tokopedia Dukung Talenta Digital Indonesia. (Tokopedia)

Konferensi teknologi tahunan Tokopedia ini menjadi wadah bagi para pegiat teknologi untuk saling bertukar wawasan dan pengalaman guna membentuk ekosistem yang kolaboratif. “Pertama kali diadakan pada Februari 2020 lalu, START Summit diikuti oleh lebih dari 2.000 peserta dan ditonton lebih dari 50.000 penonton di Tokopedia Play,” tambah Siti.

Di sisi lain, ada START Summit Extension yang merupakan kelanjutan dari START Summit yang diadakan setiap bulan. Ada juga acara tahunan START Women in yang mewadahi para talenta digital perempuan demi menginspirasi lebih banyak perempuan untuk berkarir di bidang teknologi.

Baca Juga: Peduli Pendidikan, Realme Bagikan Realme C20 Lewat SOS Childrens Villages

Product Design Academy
Para talenta digital, terutama di bidang Product Design, dapat meningkatkan keterampilan teknis dalam merancang produk secara lebih komprehensif melalui program 9 bulan ini. Selain mendapatkan kurikulum pembelajaran dari mentor, peserta juga bisa terlibat dalam pengembangan produk dengan berbagai tim di Tokopedia.

Tokopedia DevCamp

Upaya Tokopedia Dukung Talenta Digital Indonesia. (Tokopedia)
Upaya Tokopedia Dukung Talenta Digital Indonesia. (Tokopedia)


DevCamp adalah program pelatihan Tokopedia berupa hackathon intensif selama 6 hari untuk meningkatkan kemampuan talenta digital, khususnya mahasiswa tingkat akhir sampai fresh graduate, dalam mengembangkan produk digital.

Baca Juga: Bantu Akselerasi Ekonomi Syariah, Tokopedia Luncurkan Fitur Wakaf Uang

Kolaborasi dengan Universitas
Tokopedia melalui Tokopedia Academy telah bekerja sama dengan berbagai instansi pendidikan. Salah satunya Universitas Indonesia untuk meluncurkan Tokopedia-UI AI Center of Excellence, pusat pengembangan AI pertama di Indonesia.

Selain itu, Tokopedia juga berkolaborasi dengan Unika Atma Jaya untuk pembuatan dan penerapan modul mata kuliah e-commerce.

“Ketersediaan, kesiapan dan kematangan talenta digital menjadi beberapa kunci mewujudkan ekosistem industri teknologi yang mampu berdaya saing global. Tokopedia akan berkolaborasi lebih gencar dengan para mitra strategis demi memajukan industri teknologi tanah air,” tutup Siti.

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak