Internet

Kisah Kakek Penjual Taoge Goreng, Jualan Sejak Zaman Presiden Soekarno

Lihat semangat kakek ini, membuat netizen tergerak.

Agung Pratnyawan

Kakek Penjual Taoge Goreng dari Zaman Presiden Soekarno. (TikTok/ yua_set )
Kakek Penjual Taoge Goreng dari Zaman Presiden Soekarno. (TikTok/ yua_set )

Hitekno.com - Viral kisah perjuangan seorang kakek penjual taoge goreng yang mencuri perhatian netizen. Pria berusia 90 tahun ini telah jualan sejak zaman presiden Soekarno.

Hebatnya, kakek penjual taoge goreng ini masih bertahan menjajakan dagangannya dari zaman presiden Soekarno hingga kini.

Kisah viral di media sosial tersebut dibagikan oleh pemilik akun TikTok @yua_set pada 14 Maret. Netizen tersebut bertemu dengan sang kakek yang berjualan di Permata Cibubur, Jakarta Timur.

Terekam seorang lelaki usia lanjut yang mengenakan baju batik berwarna hijau dan peci. Tangannya tampak cekatan membungkus taoge goreng yang dipesan netizen.

Menurut keterangannya, kakek tersebut memasak taoge goreng yang dijualnya dengan cara tradisional yang masih dipertahankannya selama puluhan tahun.

Penjual taoge goreng dari zaman Soekarno. [TikTok]
Penjual taoge goreng dari zaman Soekarno. [TikTok]

"Beliau jualan toge goreng dari jaman Ir. Soekarno, pas Permata Cibubur masih kebon karet. Umur beliau sudah 90 tahun, beliau sangat semangat ketika ada yang beli. Cara masaknya masih tradisional dari jaman baheula katanya," tulis pemilik akun dalam keterangan pada videonya.

Menariknya, dalam video terpisah kakek tersebut masih memiliki pendengaran yang baik dan mengobrol dengan pemilik akun.

Videonya pun viral di media sosial ini telah dilihat sebanyak lebih dari 4,4 juta penayangan dan disukai lebih dari 307,8 ribu orang.

Beberapa pengguna lain meminta pemilik akun agar membuka donasi dan menyumbangkan uang tersebut kepada sang kakek.

Netizen pun menyanggupi dan membuka donasi untuk kakek tersebut hingga 20 Maret.

Penjual taoge goreng dari zaman Soekarno. [TikTok]
Penjual taoge goreng dari zaman Soekarno. [TikTok]

Tak hanya itu, pemilik akun juga mengajak pengguna lain yang tinggal di sekitar lokasi untuk membantu kakek dengan cara membeli taoge gorengnya.

"Woy jualannya samping mana, rumah gue deket sana," tulis akun @vshnti.

"Orang-orang yang hidup di masa Bung Karno, percayalah dia di masa tua akan semangat karena kemerdekaan aja diperjuangin," komentar @bukacincay.

"Ya Allah bungkusnya juga tradisional banget. Sehat-sehat ya kek, semoga lancar rezekinya," ungkap @nathasvarga.

"Salut buat yang mau bantu donasi. Buat yang belum bisa keluar uang, bisa bantu bantu doa semoga kakeknya diberi kekuatan dan kesehatan," tambah @wototim.

Itulah video viral di media sosial, kisah perjuangan kakek penjual taoge goreng yang sudah menjajakan dagangannya sejak zaman presiden Soekarno. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait